Perbedaan Kamera Smartphone dan DSLR | Blog Banten Kamera

Perbedaan Kamera Smartphone dan DSLR

camera smartphone
Sumber foto : Google
Kamera merupakan salah satu benda yang harus dimiliki oleh seseorang, mengapa begitu? karena zaman sekarang modern maka membuat hasil foto dan video menjadi sebuah kebutuhan yang penting untuk memenuhi berbagai kebutuhan, baik untuk memenuhi kebutuhan sosial media, ataupun dilakukan untuk memenuhi hobi atau kesukaan. Saat ini kegiatan foto dan video tidak hanya dilakukan dengan menggunakan kamera, namun ada alat lain yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan foto maupun merekam video.

Kalian bisa memanfaatkan smartphone untuk mengambil foto ataupun video, mengambil foto dan video dengan menggunakan smartphone memiliki beberapa keuntungan serta kemudahan yang akan dirasakan oleh pengguna. Saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki kamera dengan kualitas yang sangat bagus, bahkan hampir setara dengan kamera DSLR yang memang dapat menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang bagus.

Bahkan beberapa orang lebih memilih untuk memotret dan merekam video dengan menggunakan kamera smartphone saja, hal ini memang layak dipilih berdasarkan keuuntunga dan kelebihan yang dimiliki kamera smartphone. Apa saja keunggulan dalam menggunakan kamera smartphone? berikut beberapa keunggulan yang akan dirasakan ketika lebih memilih menggunakan kamera smartphone dari pada kamera DSLR:

Smartphone Lebih Ringan dan Praktis
iPhone X
Sumber foto : Google

Smartphone dan kamera DSLR memiliki perbandingan bobot yang sangat jauh, biasanya smartphone hanya memiliki bobot yang ringan yaitu sekitar 200 gram, berbeda dengan kamera DSLR yang memiliki bobot sekitar 600gram. Sehingga hal tersebut yang akan membuat seseorang merasa lebih enak untuk tetap menggunakan kamera smartphone dari pada menggunakan kamera DSLR. Selain memiliki bobot yang jauh lebih ringan, smartphone juga memiliki bentuk bodi yang kecil dan slim.

Sehingga ketika membawa smartphone, tidak perlu lagi untuk membawa tas handphone yang memiliki bentuk yang besar. Untuk membawa smartphone kalian hanya perlu menyimpannya di dalam saku, berbeda dengan kamera DSLR yang membutuhkan tas khusus yang cukup besar untuk menyimpan kamera ketika dibawa dari satu tepat ke tempat yang lain.

Selain beberapa keunggulan yang dimiliki smartphone diatas, ada beberapa perbedaan antara kamera DSLR dan kamera smartphone, tentunya perbedaan ini lebih menilai kepada kualitas kamera. Berikut beberapa perbedaan kamera DSLR dan kamera smarphone:

Beda Ukuran Sensor
sensor kamera
Sumber foto : Google

Untuk mengukur kualitas hasil foto dapat dilihat dari sensornya, sensor yang bagus akan menangkap gambar dan menghasilkan foto yang  bagus juga. Kamera smartphone lebih banyak memiliki sensor yang kecil, bahkan ukuran sangat jauh dengan kamera DSLR. Namun beberapa smartphone sudah memiliki sensor yang sedikit lebih tinggi.

Namun hal tersebut masih jarang untuk ditemukan pada kamera smartphone. Sehingga meskipun kamera memiliki megapiksel yang besar, tidak mampu menghasilkan gambar yang bagus karena ukuran sensornya yang kecil.

Berbeda dengan kamera DSLR yang sudah memiliki sensor yang cukup baik, sehingga mampu mneghasilkan foto dan video yang lebih bagus. Sensor dan megapiksel merupakan dua hal yang dapat membuat hasil foto memiliki kualitas yang bagus.

Sulit untuk Memotret Speed yang Cepat
shutter speed
Sumber foto : Google

Ketika memotret tentu menginginkan hasil foto yang berbeda serta ingin menghasilkan foto dengan genre yang berbeda pula, dengan begitu hasil foto tidak monoton dnegan menghasilkan foto dengan satu genre saja. salah satu genre yang sulit untuk diambil menggunakan kamera smartphone yaitu high speed maupun slowspeed seperti fotografi sport.

Berbeda dengan kamera DSLR yang dapat menangkap gambar dengan objek yang bergerak cepat, kamera smartphone belum dapat menangkap objek yang bergerak karena haya menggunakan speed yang lambat dan tidak dapat diubah sesuai dengan hasil gambar yang akan ditangkap. Foto dengan shutter yang cepat biasanya untuk mengambil foto dengan genre sport, genre sport membutuhkan shutter speed yang cepat, sehingga dapat mneghasilkan foto yang tetap bagus dan fkus.

Meskipun beberapa kamera memang sudah memiliki hasil yang bagus dan menyamai kamera DSLR, namun terdapa kelemahan yang membuat kamera smartphone memiliki kualitas yang jauh dengan kamera DSLR.

Pencahayaan Kamera
low light
Sumber foto : Google

Untuk kamera DSLR sudah tersedia jenis kamera DSLR yang mampu untuk menangkap foto atau merekam video low light, yaitu menangkap foto dengan cahaya yang minim namun tetap dapat mneghasilkan foto dan video yang bagus serta minim noise. Semkain banyak kamera yang mampu menangkap foto low light, karena semakin banyak juga orang yang suka untuk memotret dan merekam video di tempat yang minim cahaya seperti pada malam hari atau di dalm ruangan yang tertutup.

Dengan menggunakan kamera yang mampu menghasilkan gambar dan video low light, maka tidak perlu khawatir harus menaikkan ISO yang sngat tinggi, karena dengan menggunakan ISO yang rendah sudah mampu menghasilkan foto dengan hasil yang bagus meskipun memang cahayanya yang minim.

Untuk smartphone, kamera yang ada belum bisa mengambil gambar dengan low light, sehingga ketika dipaksa untuk mengambil gambar dengan cahaya yang minim tanpa bantuan flash, hasil foto memiliki banyak noise sehingga foto menjadi kurang menarik.
Lihat juga : 5 genre fotografi terpopuler
Manual Fokus
fokus lensa
Sumber foto : Google

Pada kamera DSLR, terdapat dua pilihan fokus pada lensa yaitu auto fokus ataupun manual fokus. Beberapa orang lebih suka menggunakan manual fokus, biasanya ini bayak dilakukan oleh seseorang yang sudah paham dengan baik bagaimana cara menggunakan kamera, meskipun belum masuk ke dalam tahap profesional, banyak fotografer pemula yang lebih sering menggunakan manual fokus.

Namun beberapa orang juga lebih sering menggunakan auto fokus, biasanya hal ini dilakukan ketika memotret objek yang membutuhkan waktu yang cepat dan spontan agar momen yang terjadi tertangkap dengan baik dan tepat.

Untuk kamera smartphone juga tersedia dalam 2 fokus, yaitu auto dan juga manual. Namun antara kamera DSLR dan kamera smartphone memiliki beberapa perbedaan pada fokusnya, untuk kamera DSLR sudah pasti memfokuskan sendiri ketika menggunakan pengaturan lensa yang menggunakan auto fokus, namun berbeda dengan kamera smartphone yang tidak dapat diatur secara pasti mengenai fokusnya.

Terkadang beberapa kamera smartphone mengatur fokusnya sendiri, namun terkadang juga fokusnya harus diatur kembali dengan cara diketuk di bagian layarnya ketika akan memotret gambar. Namun memang kebanyakan kamera smartphone lebih mengambil gambar dengan menggunakan autofokus sehingga tidak perlu diatur kembali.

Zoom
zoom ring
Sumber foto : Google

Baik kamera DSLR dan kamera handphone keduanya dapat mengambil gambar dengan zoom, namun yang berbeda antara keduanya adalah pada kualitas hasil gambarnya. Untuk kamera DSLR, meskipun menggunakan zoom yang maksimal sehingga dapat menghasilkan gambar yang hasil yang besar, hal ini tidak akan mempengaruhi dari hasil fotonya. Meskipun menggunakan zoom yang maksimal, dengan menggunakan kamera DSLR, foto yang dihasilkan tetap memiliki kualitas yang bagus.

Berbeda dengan menggunakan kamera smartphone yang semakin banyak di zoom maka semakin menurun kualitasnya, biasanya hal ini akan membuat hasil foto menjadi pecah dan blur. Sehingga ketika menggunakan kamera smartphone, hal yang perlu dilakukan untuk mengambil foto yang jauh yaitu dengan mendekati objeknya, berbeda dengan kamera DSLR yang hanya perlu memutar ring zoomnya saja. Dengan mendekat ke objek, kamera smartphone tetap mampu menghasilkan foto yang bagus.

Namun meskipun sebagian besar kamera pada smartphone memiliki kualitas yang kurang bagus, saat ini sudah terdapat kamera yang memiliki kualitas yang hampir setara dengan kamera DSLR, yaitu kamera yang mampu menghasilkan foto yang bagus dan jernih, beberapa diantaranya yaitu kamera yang terdapat dalam iPhone X, Samsung Galaxy 9+ dan juga Google pixel 2. Itulah beberapa perbedaan kamera smartphone dengan kamera DSLR, semoga bermanfaat dan menammbah informasi.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: