Apakah Ada Kamera Tembus Pandang? | Blog Banten Kamera

Apakah Ada Kamera Tembus Pandang?

Camera see through
Sumber foto : Google
Saat ini kamera memiliki berbagai macam jenis, dari yang mulai sederhana, menengah hingga kualitas tinggi untuk pengguna profesional. Beberapa kamera memiliki fungsi yang berbeda - beda, ada yang baik untuk digunakan untuk pemula, ada juga yang sebaiknya digunakan untuk profesional. Namun dari setiap jenis kamera memiliki fungsi dan tujuan penggunaan yang baik dan positif seperti untuk mengabadikan momen atau kegiatan.

Semakin berkembangnya zaman ke era modern maka semakin berkembang pula jenis serta kualitas dari sebuah kamera. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Selain teknologi informasi, kecanggihan sebuah kamera juga dibutuhkan untuk menunjang beberapa hal agar membantu untuk lebih memudahkan kegiatan tertentu.

Beberapa waktu belakangan tersiar kabar bahwa muncul sebuah kamera tembus pandang yang mampu menangkap foto dengan hasil yang berbeda dari kamera biasa. Jika kamera biasa hanya mampu menghasilkan gambar sama persis dengan apa yang tertangkap oleh lensa dan kamera, berbeda dengan kamera tembus pandang yang menghasilkan gambar menerawang dan menembus sebuah lapisan objek.

Menurut beberapa pengalaman, kamera khusus tembus pandang di Indonesia memang belum tersedia untuk saat ini. Kalaupun ada itu hanyalah sebuah aplikasi serta modifikasi yang dilakukan terhadap kamera yang membuat kamera menjadi tembus pandang. Untuk saat ini, pemasangan aplikasi tembus pandang disediakan untuk handphone serta modifikasi yang dilakukan juga terhadap handphone.
Camera see through
Sumber foto : Google

Meskipun begitu, tidak semua handphone dapat dipasang aplikasi tersebut. Bahkan lebih banyak handphone yang tidak support aplikasi tersebut ketika dicoba untuk dipasang, atau ketika bisa dipasang kamera tidak dapat terbuka dan aplikasi tidak dapat digunakan dengan sama sekali. Hal ini terjadi pada beberapa aplikasi tembus pandang yang tersedia di playstore.

Selain itu, kalian dapat memodifikasi kamera handphone untuk bisa menghasilkan gambar yang tembus pandang. Untuk menghasilkan kamera yang tembus pandang, kamera yang digunakan harus dilepas saringan infrarednya agar gelombang infrared menjadi lebih besar dan dominan. Beberapa forum di media daring memberikan opini tentang hal ini, namun hal ini juga belum sepenuhnya terbukti benar.

Lihat juga : Lebih baik membeli kamera DSLR atau mirrorless
Kamera tembus pandang sendiri merupaka kamera yang jika memang benar adanya akan membawa beberapa hal yang kurang baik jika digunakan oleh orang - orang yang memiliki niatan yang buruk. Meskipun begitu, mengenai kamera tembus pandang tidak hanya akan menimbulkan hal kurang baik saja, bagi sebagian orang atau perusahaan, memiliki kamera tembus pandang merupakan suatu kebutuhan untuk menunjang pekerjaan mereka bahkan memberikan manfaat yang besar.

Misalnya saat terjadi kebakaran di sebuah gedung atau rumah, pemadam kebakaran akan kesulitan untuk melihat apakah di dalam gedung atau rumah tersebut terdapat orang yang terjebak disana, kesulitan tersebut karena gedung tertutup kobaran api ataupun asap. Namun dengan menggunakan kecanggihan teknologi kamera tembus pandang, hal ini dapat ditanggulangi dengan baik.

Dengan menggunakan kamera tembus pandang, pemadam kebakaran akan mampu melihat siapa dan apa saja yang terdapat dibalik kobaran api atau asap. Sehingga akan meminimalisir jatuhnya korban serta penanganan atau penyelamatan akan lebih cepat dilakukan.

Informasi yang didapat dari forum detik.com saat ini memang sudah tersedia kamera tembus pandang yang diciptakan dan diproduksi oleh perusahaan di Amerika. Kamera ini biasanya digunakan untuk kegiatan perusahaan dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan yang selama ini menyulitkan serta membutuhkan waktu yang lama untuk penanganannya.

Bagi perusahaan yang berhubungan dengan listrik, gas ataupun konstruksi, yang biasanya menanam peralatan mereka di bawah tanah seperti gas atau menanam kabel dibalik dinding akan sangat membutuhkan kamera ini untuk memudahkan mereka memantau pekerjaan dan peralatan yang tertanam tanpa harus membongkar dinding atau menggali tanah.

Kamera tembus pandang yang di produksi oleh negara Amerika memang difungsikan untuk beberapa perusahaan guna memudahkan pekerjaan mereka, hanya dengan menggunakan kamera tembus pandang, perusahaan akan tahu mengenai masalah atau hal yang terjadi di balik kamera atau tanah.

Untuk mendapatkan kamera ini, tentu biaya yang harus dikeluarkan tidak seperti membeli kamera biasa. Harga yang ditawarkan yaitu cukup tinggi, yaitu diatas 300 juta rupiah. Dengan harga yang cukup tinggi, tentu kualitas yang ditawarkan juga cukup bagus serta memang dapat membantu meringankan pekerjaan.

Jika harga yang di tawarkan untuk kamera tembus pandang mencapai angka yang sangat tinggi, tentu tidak akan murah jika terdapat sebuah aplikasi handphone yang menawarkan fitur tembus pandang, terlebih aplikasi tersebut gratis dan dapat diunduh dengan mudah. Bagi kalian yang tergiur akan hal ini, berlaku bijaklah terhadap pemasangan aplikasi pada ponsel pintar kalian.

Itulah penjelasan mengenai aplikasi serta kamera tembus pandang yang ada saat ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah informasi untuk kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: