Cara Mengatur atau Setting Kamera agar Hasil Bagus | Blog Banten Kamera

Cara Mengatur atau Setting Kamera agar Hasil Bagus

kamera dslr
Sumber foto : Google
Setiap orang menginginkan hasil foto yang bagus, hasil foto yang bagus tentu dapat meningkatkan nilai estetika dari foto yang diambil serta membuat hasil foto menjadi lebih enak dilihat. Menggunakan kamera DSLR bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, kalian  akan mendapatkan hasil foto yang bagus dengan menggunakan beberapa cara yang telah ditetapkan.

Jika kalian melihat menggunakan kamer DSLR merupakan kamera yang sulit digunakan, kenyataannya tidak seperti itu. Menggunakan kamera DSLR tidak sesulit seperti yang kalian kira, untuk menghasilkan gambar yang bagus tentu kalian harus banyak berlatih disamping menggunakan pengaturan kamera yang tepat.

Berlatih memotret dapat dilakukan dimana saja dan dengan siapa saja, yang terpenting kalian dapat berlatih secara rutin serta meminta bantuan kepada teman atau orang lain untuk dapat melihat hasil foto kalian. Biasanya hal tersebut mampu membuat kalian menjadi lebih cepat paham dan lebih cepat mampu untuk menghasilkan foto yang bagus dan menarik. Selain itu, pengaturan kamera juga penting.

Ini menjadi salah satu hal utama untuk membuat kualitas foto kalian menjadi bagus. Berikut beberapa pengaturan kamera yang harus kalian lakukan untuk membuat hasil foto kalian menjadi lebih bagus :

Mengatur Kualitas Gambar 
Mengatur kualitas gambar menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan, meskipun terlihat sepele namun ini menjadi hal yang sangat membantu kalian untuk dapat menghasilkan kualitas foto yang bagus. Untuk hasil terbaik, aturlah kamera kalian pada kualitas gambar L (Large). Pada kamera DSLR, umumnya terdapat 3 pilihan kualitas gambar. Mulai dari kualitas gambar yang terendah yaitu S (small), kualitas menengah atau M (medium) dan yang paling bagus atau tinggi adalah L (Large).

Untuk penggunaan kualitas gambar yang paling tinggi atau L (Large), kalian harus menyiapkan memori kamera yang lebih besar. Hal ini sebaiknya kalian lakukan untuk menghasilkan foto yang lebih banyak atau menghasilkan video yang lebih panjang.

Kualitas gambar L (Large) akan menghabiskan memori lebih besar, jika biasanya kualitas foto S (small) hanya memiliki ukuran foto 2MB, maka untuk foto dengan kualitas foto L (Large) akan memiliki ukuran sebesar 7MB.

Semakin banyak foto atau video yang kalian ambil, maka sebaiknya gunakanlah memori yang semakin besar, misalnya kalian dapat menggunakan memori 32GB.

Gunakan ISO terendah
ISO kamera
Sumber foto : Google

ISO juga memiliki peran penting untuk membuat hasil foto kalian menjadi bagus, bagaimana sebaiknya mengatur ISO? Jika kalian ingin menghasilkan foto yang bagus, sebaiknya jangan menggunakan ISO dengan angka yang tinggi. Dengan menggunakan ISO yang tinggi dampak yang akan ditimbulkan yaitu munculnya noise atau bintik - bintik pada hasil foto kalian.

Timbulnya noise pada hasil foto tentu akan membuat hasil foto kalian menjadi kurang bagus dan tidak enak dilihat. Untuk mengurangi munculnya noise pada hasil foto maka sebaiknya kalian menggunakan ISO terendah yaitu angka 100. Jika kalian mendapati hasil foto kalian kurang pencahayaan atau under exposure, sebaiknya kalian mengatur unsur lainnya seperti shutter speed dan aperture pada kamera kalian.

Gunakan Tipod
tripod kamera
Sumber foto : Google

Tripod merupakan salah satu alat fotografi yang membantu kalian untuk meminimalisir guncangan ketika memotret gambar maupun ketika merekam video. Ketika kalian menggunakan kamera untuk waktu yang lama biasanya tangan menjadi kelelahan serta membuat tangan menjadi bergetar. Untuk sebab itu, ketik kalian akan memotret untuk waktu yang lama, sebaiknya gunakanlah tripod untuk menghindari guncangan yang membuat hasil foto kalian menjadi blur.

Penggunaan tripod juga sangat mebantu fotografer ketika akan menggunakan shutter yang rendah, bahkan hal ini diharuskan untuk membuat fotografer mendapatkan hasil foto yang tajam dan bagus meskipun menggunakan shutter yang rendah. Berbeda jika kalian tidak menggunakan tripod ketika menggunakanshutter speed yang rendah, hasil foto yang kalian dapatkan akan menjadi blur dan kurang tajam.

Perhatikan Light Meter
light meter
Sumber foto : Google

Light meter atau pengukur cahaya memiliki fungsi untuk mengukur cahaya yang masuk pada kamera. Ketika kalian menggunakan mode manual, jangan lupa untuk memperhatikan light meter sebelum memencet tombol shutter. Hal ini perlu kalian lakukan untuk mengantisipasi hasil foto kalian terlalu gelap atau terlalu terang.

Pengaturan light meter yang baik yaitu titik eksposure berada tepat ditengah, artinya pencahayaan pada objek kalian dalam keadaan normal atau cukup. Namun jika titik eksposure berada di angka 1 diatas titik tengah, maka kemungkinan cahaya pada foto kalian akan mengalami over ekposure atau hasil foto kalian terlalu terang. Terakhir jika titik eksposure berada berada di bawah titik tengah, maka hasil foto kalian bisa dipastikan under exposure atau dalam keadaan cahaya yang kurang/gelap.

Itulah beberapa cara untuk mengatur settingan kamera untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah informasi untuk kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: