Panduan Dasar Penggunaan Kamera DSLR 1300D

Kamera 1300D
Sumber foto : Google
Hasil foto yang bagus menjadi dambaan setiap orang, selain sedap dipandang tentu akan membuat kalian yang memiliki foto tersebut memiliki rasa percaya diri yang tinggi jika akan memperlihatkan hasil foto yang kalian ambil kepada orang lain, salah satunya ketika kalian akan mengunggah hasil foto ke media sosial.

Ketika hasil foto kalian bagus dan menarik untuk dilihat, tentu kalian pun akan dengan senang hati ketika mengunggahnya. Hal tersebut juga bisa menjadi pemacu semangat serta motivasi bagi diri kalian sendiri untuk memotret serta menghasilkan foto yang lebih baik lagi.

Ketika memotret sebuah objek dan menghasilkan sebuah foto, faktor utama dalam menghasilkan foto yang bagus yaitu diri kalian sendiri. Meskipun kamera memiliki peran yang penting namun kamera bukanlah menjadi satu - satunya penyebab hasil foto kalian menjadi bagus dan menarik.

Oleh sebab itu, kunci utama untuk menghasilkan foto yang bagus yaitu diri kalian sendiri, seperti misalnya bagaimana cara kalian dalam memahami beberapa teknik fotografi, memahami dasar - dasar fotografi hingga penguasaan terhadap kamera yang kalian gunakan. Ketika kalian bisa menggunakan kamera dengan baik, maka akan mudah bagi kalian untuk mempelajari hal lainnya, sehingga akan mudah juga bagi kalian untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Setiap orang memiliki perbedaan untuk menentukan kamera yang akan digunakan, hal tersebut tergantung dari tingkatan fotografi. Bagi kalian para pemula, biasanya kamera yang digunakan juga kamera level dasar, hal tersebut tentu untuk mengimbangi pengetahuan kalian serta untuk memudahkan kalian untuk memahami serta mempelajari kamera yang digunakan.

Salah satu jenis kamera level dasar untuk merek canon yaitu seri 1300D, di Amerika kamera ini memiliki nama yang lain yaitu T6. Untuk waktu perilisan, 1300D baru memiliki usia 2 tahun sejak tanggal perilisan pada tahun 2016 lalu.

Bagi kalian yang sudah memiliki kamera DSLR ini atau bagi kalian yang belum memiliki kamera ini namun ingin mengetahui seperti apa cara yang benar untuk menggunakan kamera ini, berikut akan dijelaskan mengenai panduan peggunaan kamera 1300D :

Memasang dan Melepas Baterai serta Memori Kamera
Baterai kamera
Sumber foto : Google

Hal pertama yang kalian lakukan untuk memotret yaitu memasang baterai kamera dan kartu memori, tanpa baterai tentu kamera kalian tidak akan bisa menyala. Begitupun ketika kalian tidak memasang kartu memori, kamera kalian tidak mampu untuk memotret. Keduanya sangat penting kalian pahami, baik ketika akan memasang ataupun melepas baterai dan kartu memori.

Untuk memasang baterai kamera DSLR 1300D, buka terlebih dahulu tempat penyimpanan baterai dengan menggeser tuas penutup. Setelah tempat penyimpanan baterai terbuka, maka kalian dapat langsung memasang baterai kamera.

Untuk memasang baterai kamera, pastikan kalian memasang baterai pas dengan kontak elektrik, agar tidak salah kalian melihat terlebih dahulu dimana posisi kontak elektrik yang berada di dalam tempat penyimpanan sebelum memasukkan baterai kamera.

Jika kalian salah dalam memasukkan baterai kamera, maka baterai tidak dapat masuk dan tersimpan dengan pas. Setelah baterai masuk dan pas dengan kontak elektrik, kalian dapat mendorongnya hingga bunyi klik dan baterai terpasang dengan kencang. Selanjutnya yaitu memasang kartu memori, untuk memasang kartu memori dengan benar, pastikan kalian melihat simbol kecil di area tempat penyimpanan memori.

Hal ini perlu kalian lakukan untuk memudahkan dalam memasang kartu memori dan sesuai. Setelah baterai dan kartu memori terpasang dengan baik, kalian dapat langsung menutup tempat penyimpanan dengan menggeser kembali tuas penyimpanan baterai dan kartu memori.

Menghubungkan dan menggunakan WiFi
wifi camera connect
Sumber foto : Google

Kamera 1300D sudah memiliki fitur WiFi yang membuat kalian tidak memerlukan media lain seperti laptop, komputer atau kabel USB. Hal ini tentu sangat membantu bagi kalian yang akan bepergian jauh atau bepergian ke suatu tempat yang tidak memungkinkan untuk selalu membawa - bawa laptop
. Jangan khawatir, tidak membawa laptop pun kalian akan tetap dapat memindahkan berkas baik foto maupun video dari kamera 1300D ke handphone kalian.

Caranya dengan memanfaatkan fitur WiFi yang tersedia pada kamera 1300D, cara menghubungkan WiFi nya pun sangat mudah. Hal pertama yang perlu kalian yaitu mendownload aplikasi untuk menghubungkan wifi kamera dengan handphone kalian, nama aplikasi yang digunakan yaitu camera connect. Kalian dapat dengan mudah mengunduhnya melalui playstore.

Jika aplikasi sudah terpasang, kalian dapat langsung menghubungkan dengan bantuan WiFi pada handphone dan kamera 1300D kalian. Jika keduanya sudah terhubung, maka kalian dapat langsung mengunduh hasil foto atau video pada kamera kalian. Aplikasi camera connect tidak hanya berfungsi untuk memindah foto dan video kalian, namun aplikasi ini berfungsi untuk memotret foto atau melakukan video dari jauh jauh.

Artinya kalian tidak perlu lagi menekan tombol shutter pada kamera 1300D kalian, sebagai penggantinya kalian dapat menekan tombol pada aplikasi camera connect yang terpasang pada handphone kalian.
Lihat juga : 5 type mirrorless terpopuler di tahun 2018

Melepas Lensa Kamera
lensa KIT DSLR
Sumber foto : Google

Kamera DSLR 1300D tentu seperti kamera DSLR lain yang lensa kameranya dapat diganti atau dilepas dari kamera. Penggantian lensa, biasanya dilakukan ketika kalian akan mengambil foto dengan jenis atau jarak yang berbeda dengan penggunaan lensa KIT. Biasanya hal ini dilakukan ketika membutuhkan lensa yang dapat menangkap foto yang lebih lebar seperti landscape atau objek yang sangat jauh.

Tentu kalian sebaiknya mengganti lensa KIT kalian dengan jenis lensa lainnya agar hasil foto kalian menjadi lebih bagus dan maksimal. Untuk mengganti lensa padakamera DSLR 1300D, tidak ada perbedaan dengan merek DSLR canon seri yang lain. Hal yang pertama yang perlu kalian perhatikan yaitu pastikan tutup lensa sudah terpasang, karena ketika sudah terlepas kalian tidak akan kesulitan ketika menyimpan lensa tersebut.

Selanjutnya carilah tombol kuncian lensa, untuk kamera canon 1300D letak tombol kuncian lensa berada di samping kiri body kamera dan berada tidak jauh dari dudukan lensa. Ketika kalian sudah menemunkannya, kalian dapat menekan tombol kuncian lensa sambil memutar lensa ke arah kiri atau berlawanan dengan jarum jam. Posisikan jari tangan kalian yang akan memutar lensa di area paling bawah lensa, yaitu area yang paling dekat dengan dudukan lensa.

Jangan tempatkan jari tangan yang akan memutar lensa di area zoom, hal tersebut akan menyulitkan kalian ketika akan memutar lensa. Putarlah lensa dengan hati - hati dan pasti, maka lensa kamera dapat terlepas dengan baik. Setelah lensa terlepas, jangan lupa untuk menutup body kamera tempat lensa ditempatkan jika kalian tidak akan memasang lensa lainnya.

Namun jika kalian akan mengganti lensa KIT dengan lensa lainnya, pastikan kalian agar memasang dengan cepat lensa kamera yang lain agar dudukan atau penghubung lensa kamera dan body kamera tidak terbuka terlalu lama. Ketika body kamera terbuka terlalu lama, maka akan menyebabkan debu masuk ke dalam body kamera yang akhirnya dapat mengotori sensor kamera.

Pahami dan Gunakan Mode yang Sesuai
mode kamera
Sumber foto : Google

Seperti kamera DSLR level dasar yang lain, kamera canon 1300D memiliki beberapa mode kamera yang berfungsi untuk memudahkan kalian ketika akan memotret. Mode kamera yang dapat kalian pilih diantaranya yaitu mode Manual (M), Av, Tv, P, A+, Flash, CA, Portrait, Landscape, Sport, Food, Night, dan Video.

Masing - masing memiliki fungsi yang berbeda, misalnya kalian ingin menggunakan flash internal ketika memotret, maka kalian dapat menggunakan mode flash, atau jika kalian merupakan pemula, sebaiknya kalian menggunakan mode A+ (full auto). Dengan menggunakan mode full auto, maka akan memudahkan kalian karena kalian tidak harus mengatur segiti exposure yang harus digunakan serta tidak perlu untuk mengatur fokus. Tugas kalian hanya membidik objek dan menekan tombol shutter saja.

Untuk memindahkan penggunaan mode yang satu dengan yang lainnya pun sangat mudah, kalian hanya perlu memutar mode yang akan kalian gunakan dan luruskan dengan garus yang telah di sediakan pada body kamera.

Itulah beberapa panduan dasar yang sebaiknya kalian pahami dan pelajari agar kalian dapat menggunakan kamera DSLR 1300D yang kalian miliki dengan baik. Dengan begitu, maka kalian akan dapat memotret gambar atau merekam video dengan baik dan menghasilan foto dan video dengan baik juga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menembah informasi untuk kalian para pengguna kamera DSLR 1300D.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: