Berapa Lama Ngecas Baterai Kamera DSLR?

Berapa Lama Ngecas Baterai Kamera DSLR?

Berapa Lama Ngecas Baterai Kamera DSLR. Bagi seorang fotografer ataupun kamu yang sekedar memiliki hobi memotret ataupun merekam, kamera tentunya bisa menjadi salah satu hal terpenting untuk dimiliki dalam hidup kamu. Lagipula, memang bagaimana jadinya, bila para fotografer tidak dapat menggunakan kamera untuk memenuhi kebutuhan profesinya.

Namun, seperti yang kamu ketahui, kamera merupakan sebuah alat elektronik yang dapat hidup bila memiliki sumber energi tersendiri. Dan dalam hal ini, sumber energi suatu kamera merupakan sebuah atau bahkan beberapa buah baterai supaya dapat mempermudah kamu untuk membawanya saat pergi jalan-jalan nantinya.

Jadi, jika kamu dapat menelaahnya dengan baik, kamu tentu dapat berkesimpulan bahwa baterai merupakan salah satu komponen terpenting yang ada pada kamera yang tentunya perlu diberi perawatan lebih, supaya umur kamera kamu pun dapat berlangsung lama.

Lalu, apakah pernah terpikirkan oleh kamu, berapa lama waktu ideal yang diperlukan untuk mengisi daya suatu baterai kamera?

Memang, pertanyaan tersebut merupakan sebuah pertanyaan sederhana, yang terkadang sering kali diabaikan. Namun, apa kamu tahu, bahwa terlalu lama kamu mengisi sebuah baterai baik itu kamera maupun alat elektronik lainnya yang dapat di charge, maka akan berakibat buruk pada baterai bahkan terkadang hingga ke kamera.

Oleh karena itu, tentunya mengetahui lama waktu yang baik untuk men-charge sebuah baterai kamera pastilah akan sangat penting untuk kamu.

Jadi, berapa lama waktu ideal yang diperlukan untuk men-charge sebuah baterai kamera?

Idealnya, waktu yang diperlukan adalah sekitar 1,5 - 2 jam untuk mengisi penuh daya sebuah baterai Lithium ion. Umumnya, mungkin 2 jam bila kamu mengisi daya kamera saat daya yang tersisa berada di bawah 20%.

Mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi daya suatu baterai kamera, tentunya juga akan sangat bermanfaat untuk kamu ketahui bila charger baterai kamera kamu mengalami kerusakan pada lampu LED mininya berupa tidak bisa menyala saat baterai sudah full.

Hanya saja, perlu kamu tahu, selain dengan mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi daya baterai kamera, ada beberapa hal lainnya yang perlu kamu lakukan untuk bisa merawat baterai supaya dapat terjaga dari segala kerusakan.

Berikut adalah cara menjaga baterai kamera tetap aman dengan baik.

Patuhi Aturan Baterai Lithium-ion yang Berlaku
Aturan paling umum untuk baterai lithium ion yang kamu gunakan pada kamera kamu adalah jangan mengisi daya baterai atau ngecas pada saat sisa daya berada pada tingkat 80% ke atas, dan bersegeralah mengisi daya baterai pada saat sisa daya hanya 20% saja.

Jangan menunggu sampai tersisa di bawah 20%, karena hal itu tentunya dapat membuat baterai kamera kamu menjadi jauh lebih mudah kehabisan daya baterai dibanding sebelumnya.

Jangan Takut untuk Mengisi Daya Baterai Meski Belum Begitu Habis
Masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya, dalam hal pengisian daya baterai. Untuk yang satu ini, tentunya seperti yang dapat kamu pahami, dalam hal pengisian daya atau ngecas suatu baterai, kamu tidak perlu menunggu sampai daya baterai kamu habis. Karena seperti yang telah kami katakan sebelumnya, hal ini justru akan berdampak buruk pada baterai kamera kamu.

Namun, juga perlu kamu ingat, jangan melakukan pengisian pada saat masih tersisa daya sebanyak 80% ke atas, ya, Pembaca!

Jangan Meninggalkan Baterai di Cas Terlalu Lama
Umumnya, hal ini terjadi saat kamu akan pergi tidur dan keesokan harinya kamu akan menggunakan kamera kamu untuk di bawa pergi jalan-jalan sehingga kamu meninggalkan baterai kamu di cas semalaman.

Sebenarnya, hal yang satu ini bukanlah hal yang baik untuk dilakukan terhadap baterai kamera maupun baterai alat elektronik kamu yang lainnya. Karena hal ini tentunya akan berdampak buruk sekali pada komponen-komponen yang ada di dalam baterai kamera kamu.

Jadi, Pembaca, apa kamu sudah cukup paham akan waktu ideal yang diperlukan untuk mengisi daya baterai serta cara menjaga baterai kamera tetap aman? Bila sudah, jangan lupa untuk segera dipraktekkan dengan baik pada baterai kamera kamu sendiri, ya!

Dan bagi kamu yang tengah memiliki kamera, lensa atau hal lainnya yang berhubungan langsung dengan kamera yang mengalami kerusakan, jangan sungkan untuk segera menghubungi Banten Kamera. Karena Banten Kamera akan memberikan solusi terbaik kepada kamu untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada kamera serta lensa kamera kamu.

Lihat juga: Cara Merawat Baterai Kamera agar Lebih Tahan Lama
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: