Cara Merawat Baterai Kamera agar Lebih Tahan Lama | Blog Banten Kamera

Cara Merawat Baterai Kamera agar Lebih Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Kamera agar Lebih Tahan Lama
Sumber foto: ePHOTOzine

Bila kamu senang berada dalam dunia fotografi maupun videografi, memiliki kamera merupakan sebuah keharusan. Baik itu kamera smartphone, DSLR, mirrorless, atau kamera-kamera digital yang lainnya, setidaknya kamu mesti memiliki satu untuk digunakan.

Dalam memilikinya pun banyak yang perlu kamu lakukan. Bukan hanya tahu cara menggunakannya saja, kamu perlu tahu cara merawatnya, kamu juga perlu tahu cara menggunakannya dengan baik, serta hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan saat menggunakannya pun menjadi salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan.

Saat melakukan perawatannya sendiri, kamu harus tahu bahwa setiap komponen perlu kamu rawat dengan baik. Mulai dari yang mudah kamu lihat, hingga yang tersulit untuk kamu jangkau jangan sampai luput dari pengawasan kamu.

   Lihat juga: Cara Merawat Lensa Kamera dengan Baik

Baterai, merupakan salah satu hal penting yang perlu kamu rawat serta jaga dengan baik. Lagipula apalah arti kamera tanpa baterai. Tidak merawat baterai dengan baik, sama saja seakan kamu sedang membuang-buang waktu kebersamaan dengan kamera kamu.

Kamu tentu tidak mau bila kamera kamu menjadi lebih cepat mati hanya karena terus kehabisan daya baterai, bukan?

Untuk itu, kali ini kamu perlu merasa bahagia karena kami lagi-lagi akan membagikan sebuah tips kepada kamu dalam cara merawat baterai kamera dengan benar agar lebih tahan lama. Lihat tips berikut ini:

Jangan Charge Baterai Terlalu Lama
Charger baterai kamera
Sumber foto: Youtube

Kehabisan daya pada baterai adalah hal yang umum dapat terjadi. Apalagi saat kamu memang sedang melakukan shooting sebuah video yang memerlukan waktu hingga sepanjang hari menggunakan kamera kamu. Membawa serta sebuah baterai cadangan akan sangat disarankan saat kamu akan menggunakan kamera dalam waktu yang cukup lama.

Namun, hal yang perlu kamu perhatikan baik-baik disini adalah saat kamu tengah mengisi daya baterai kamu, sebaiknya saat baterai kamu telah terisi penuh atau mencapai 100%, segera lepas baterai dari charger.

Untuk menghindari over-charge pada baterai, ada baiknya bagi kamu menghitung waktu yang diperlukan untuk mengisi penuh satu buah baterai. Umumnya, sebuah baterai dapat terisi penuh mulai dari 2 hingga 4 jam, tergantung dari jenis dan besar daya pada baterai kamera kamu.

Segera Charge Saat Daya Tersisa Minimal 20%
Low camera battery
Sumber foto: Google

Saat kamu tengah menggunakan kamera, perhatian kamu mungkin hanya akan terpusat pada memotret atau mengambil sebuah video. Padahal kamu juga perlu banget memperhatikan banyak daya yang tersisa pada baterai kamera kamu.

Sebenarnya tidak perlu diperhatikan terlalu sering sampai waktu kamu memotret atau shooting video menjadi terkuras hanya dengan memeriksa sisa baterai. Mungkin saat kamu melihat bahwa sisa baterai kamu hanya tinggal 20-30%, segera lepas baterai kamu (setelah mematikan kamera) kemudian charge hingga penuh.

Hal ini dapat menghindari daya baterai kamera yang mudah habis atau mudah 'haus' saat akan kamu gunakan nantinya. Ingatlah untuk tidak langsung melepas baterai kamera kamu dari charger saat dayanya belum terisi secara penuh.

Selalu Gunakan Charger Baterai yang Asli
Charger baterai Canon
Sumber foto: B&H

Menggunakan charger baterai yang asli adalah sebuah keharusan. Bila charger yang kamu dapatkan saat membeli kamera kamu hilang atau telah mengalami kerusakan, pastikan kamu kembali membeli atau menggunakan charger baterai kamera yang asli.

Kamu perlu tahu bahwa bila kamu menggunakan chargeran buatan pihak ketiga, bisa jadi kamu akan membuat daya baterai kamera kamu menjadi lebih cepat habis atau lebih parahnya lagi mengalami kerusakan. Intinya, kamu jangan mudah tergiur dengan harganya yang murah dan yang 'katanya' kualitas sama dengan yang asli.

Charger buatan pihak ketiga memiliki desain yang berbeda dari produk aslinya. Desain yang berbeda ini tentunya dapat membuat baterai kamu menjadi mudah rusak dan bila sudah mengalami kerusakan kamu tentu perlu menggantinya dengan yang baru.

Lepas Baterai saat Tidak Digunakan

Saat kamu tidak menggunakan kamera kamu dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya lepaslah baterai kamu dari slot baterai kamera kamu.

Kamu mungkin saja tidak menyadarinya, namun, baterai yang terus terpasang pada kamera, walaupun dalam keadaan mati, dapat mengurangi daya pada baterai kamu secara perlahan. Selain itu, baterai juga dapat mengalami kebocoran hingga membuat baterai serta kamera kamu tidak dapat berfungsi secara normal kembali.

Jadi, saat kamu tidak menggunakan kamera kamu dalam waktu lebih dari seminggu, lepas saja baterainya dari kamera kemudian simpan di tempat yang benar.
Penutup baterai kamera

Jangan lupa untuk selalu menggunakan penutup pada kontak baterai kamu, karena salah satu bagian paling penting pada baterai ini akan dapat dengan mudah kamu temukan kotoran ataupun debu bila tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Dan jika sudah kotor, kamu perlu membersihkannya dengan kain halus secara lembut dan perlahan.

Ingatlah untuk tidak membersihkan kontak ini dengan pembersih apapun yang berwujud cairan.

Bila kamu tidak menggunakan baterai hingga lebih dari 3 bulan, sangat direkomendasikan untuk sesekali kamu gunakan dan mengambil beberapa foto sebelum di simpan kembali. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebocoran pada baterai karena lama tidak digunakan.

Jauhkan Kontak Baterai dari Benda Berbahan Logam
Jauhkan baterai dari bahan logam
Sumber foto: Youtube

Selain menghindari kotoran atau debu, dengan menggunakan penutup pada kontak baterai kamu juga bisa menghindari benda berbahan logam untuk mendekati bagian berwarna emas ini.

Kenapa kita perlu menjauhkan kontak baterai pada benda logam?

Benda logam yang menempel pada kontak baterai dapat menyebabkan baterai kamu mengalami overheat atau suhu baterai yang akan mengalami peningkatan. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bila terjadi, karena baterai yang mengalami overheat dapat meledak kapan saja serta dapat melukai diri kamu.

Hindari Suhu yang Terlalu Dingin atau Panas
Menggunakan Kamera di Salju
Sumber foto: Adorama

Suhu ruangan atau suhu lingkungan yang terlalu dingin, dapat membuat daya pada baterai kamu semakin lama akan semakin habis secara perlahan walaupun tidak kamu gunakan. Untuk menghindari baterai kamu mengalami penurunan daya pada suhu yang dingin, kamu perlu menyimpan baterai kamu di tempat yang hangat saat tidak digunakan.

Lain lagi dengan suhu yang terlalu panas atau terik. Membawa serta baterai pada suhu yang terlalu panas dapat membuat baterai kamera kamu menjadi mudah meledak. Normalnya, suhu ruangan yang baik untuk baterai adalah 20-30℃. Baterai kamera hanya akan bertahan pada suhu berkisar 10-40℃. Lebih dari itu, bisa jadi akan berakibat buruk untuk baterai kamu.

Nah, itulah tips atau cara dalam merawat baterai kamera kamu agar dapat bertahan lebih lama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk mempraktekannya, ya, Pembaca! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: