Fungsi HDMI Out Pada Kamera

Fungsi HDMI Out Pada Kamera
Sumber foto: EOSHD

Saat kamu berkeinginan untuk menjadi seorang fotografer yang baik, kamu perlu tahu beberapa hal seputar kamera yang akan kamu gunakan. Entah itu bagian-bagian pada kameranya, hingga fungsinya sendiri yang sering kali bila kamu terlambat mengetahuinya, dapat membuat kamu merasa menyesal tidak mencari tahu sejak awal.

   Lihat juga: Bagian - Bagian pada Kamera Beserta Fungsinya

Sama halnya dengan kehadiran HDMI Out pada kamera kamu.

Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya apa itu HDMI Out yang ada pada kamera kamu atau apa sebenarnya fungsinya?

HDMI Out adalah sebuah port atau bahasa mudahnya tempat 'colokan' yang dapat menghubungkan antara kamera kamu dengan perangkat lainnya menggunakan sebuah kabel HDMI. Fungsinya sendiri, bila kamu memasukkan kabel pada port HDMI ke perangkat lain semisal TV kamu, maka kamu bisa mendapatkan live view di layar TV kamu berupa gambar ataupun video yang akan/telah kamu ambil melalui kamera.
Menggunakan HDMI Out untuk laptop
Sumber foto: DPReview

Intinya sih, saat kamu menggunakan fitur ini, hasil tangkapan lensa kamera kamu yang biasanya akan muncul pada LCD kamera kamu, maka kali ini akan muncul di layar TV. Kamu juga bisa tetap melihat-lihat hasil foto serta video kamu di TV. Jadi kamu dan teman-teman kamu tidak perlu berebut untuk melihat hasil foto kalian di LCD kamera yang kurang besar.

Selain pada layar TV, kamu juga bisa menghubungkan kamera kamu dengan komputer, laptop, atau perangkat lainnya yang menyediakan fitur HDMI.

Cara menggunakan fitur HDMI? Sangat mudah. Kamu hanya perlu mengikuti tahap singkat berikut.

1. Siapkan Kabel HDMI
Kabel HDMI
Sumber foto: eBay

Kamu hanya perlu memiliki kabel HDMI yang dapat kamu masukkan pada port HDMI di kamera kamu serta perangkat lain yang akan kamu gunakan. 

Namun, perlu kamu ingat bahwa port HDMI pada kamera, umumnya perlu menggunakan mini HDMI. Kabel HDMI biasa, memiliki ukuran yang terlalu besar dan tidak akan cocok dengan kamera kamu. Jadi, untuk dapat menggunakannya, kamu perlu membeli sebuah adapter mini HDMI agar dapat masuk dengan tepat pada port HDMI kamera kamu. 

2. Matikan fitur Wi-Fi pada Kamera

Dalam beberapa kasus, fitur HDMI ini tidak dapat digunakan hanya karena munculnya peringatan 'no signal' yang umumnya terjadi pada TV.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu mematikan fitur Wi-Fi pada kamera kamu agar dapat tersambung dengan TV kamu. Dan bila masih belum kunjung terhubungkan juga dengan layar TV kamu, pergi ke tampilan menu pada kamera kamu, kemudian cari opsi clear settings kemudian pilih clear all camera settings serta clear all custom func.
Clear settings pada DSLR
Sumber foto: Youtube/iLuvTrading

Hal yang perlu kamu ingat, opsi ini akan menghapus semua pengaturan yang telah kamu atur sedemikian rupa pada kamera kamu. Jadi, kamera kamu akan kembali ke pengaturan awal saat pertama kali kamu membelinya.

3. Pasang Kabel pada Kamera serta Perangkat Lainnya

Hal selanjutnya, kamu hanya perlu memasangkan kabel pada kamera kamu serta perangkat lainnya yang ingin kamu hubungkan dengan kamera kamu.

Ada baiknya saat kamu akan memasangkan kabel HDMI, kamera dan perangkat tujuan kamu dalam keadaan mati terlebih dahulu. Atau bila sudah terlanjur kamu colokkan, kamu bisa mematikan kemudian menyalakannya kembali.

Kini kamera kamu telah terhubung dengan perangkat kamu yang lain!
Menggunakan HDMI untuk ponsel
Sumber foto: DIY Photography

Saat menggunakan fitur ini, kamu pun masih tetap dapat memotret ataupun merekam sebuah video. Bedanya saja, hasilnya akan langsung keluar di layar TV, komputer, atau ponsel kamu. Jadi, kamu tetap bisa seru-seruan bersama teman serta keluarga kamu.

Itulah fungsi dari HDMI Out pada kamera kamu, Pembaca! Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan kamu dalam dunia fotografi, ya! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: