Apa itu Lens Hood? Apa Fungsi dan Kapan Harus Menggunakannya? | Blog Banten Kamera

Apa itu Lens Hood? Apa Fungsi dan Kapan Harus Menggunakannya?

Apa itu Lens Hood? Apa Fungsi dan Kapan Harus Menggunakannya?
Sumber foto: No Film School

Bagi seorang fotografer, memiliki pengetahuan yang sangat tinggi terhadap kamera merupakan suatu kewajiban. Untuk menjadi seorang fotografer, kamu perlu tahu apa dan untuk apa komponen pada kamera ini digunakan.

   Lihat juga: Berbagai Macam Istilah dalam Dunia Fotografi yang Harus Kalian Ketahui

Terkadang, ketidaktahuan kamu terhadap salah satu komponen saja bisa membuat kamu kewalahan nantinya saat sedang melakukan kegiatan memotret. Karena setiap komponen utama hingga komponen pendukung, memang sengaja dibuat untuk membantu pekerjaan kamu dalam dunia fotografi menjadi lebih mudah.

Namun, apalah artinya kehadiran komponen itu bila kamu sama sekali tak tahu apa kegunaannya. Untuk itu, kamu akan sangat dituntut untuk mempelajari segala hal yang ada pada dunia fotografi. Itu jika kamu memang benar-benar memiliki keinginan besar untuk menjadi seorang fotografer.

Kali ini, kami akan berbagi ilmu pengetahuan kepada kamu para pemula seputar dunia fotografi.

Bila kamu sudah sering menggunakan sebuah kamera, kamu tentunya pernah melihat atau setidaknya mendengar apa itu Lens Hood, bukan? Lalu apa kamu pernah bertanya-tanya, apa itu sebenarnya dan untuk apa kegunaannya?
Lens Hood
Sumber foto: YouTube

Lens Hood
sendiri memiliki arti dalam bahasa 'tudung lensa'. Kira-kira fungsi apa yang langsung muncul dalam pikiran kamu, saat mendengar kata tudung? Untuk menutupi? Untuk melindungi?

Yap, karena memang itulah fungsi yang dimiliki oleh Lens Hood. Lens Hood sendiri sebenarnya memiliki dua fungsi. Fungsi pertama, lens hood digunakan sebagai pelindung lensa kamu saat kamu memotret pada kondisi pencahayaan yang terlalu tinggi hingga dapat menimbulkan efek flare yang bisa muncul disaat kamu tidak menginginkannya.
Efek flare pada foto
Sumber foto: YouTube

Biasanya sih, kebanyakan fotografer menggunakan Lens Hood ini saat intensitas cahaya matahari sedang tinggi sehingga membuat lensa kamera mereka menangkap cahaya secara berlebihan. Intinya, Lens Hood digunakan sebagai pelindung cahaya matahari atau sumber cahaya lainnya yang berlebihan.

Kemudian untuk fungsi terakhir, mungkin kebanyakan orang masih belum begitu menyadarinya, ya? Kegunaan lain dari lens hood ini adalah sebagai pelindung lensa kamu dari segala bentuk benturan atau goresan yang dapat terjadi selama proses pemotretan kamu.

Kamu juga bisa menghindar dari segala ketidaksengajaan kamu akan menyentuh lensa kamera yang dapat meninggalkan bekas sidik jari kamu di layarnya. Jadi, sebenarnya Lens Hood ini juga cukup efektif digunakan, bukan hanya saat kamu sedang berada di tempat outdoor, bahkan indoor atau saat malam sekalipun kamu masih tetap bisa menggunakannya.

Sebenarnya, kamu juga bisa menggunakan UV filter untuk mengatasi beberapa hal di atas. Hanya saja terkadang, UV filter sekali pun dapat tergores dan kamu juga bisa meninggalkan sidik jari kamu pada filternya, baik kamu menyadarinya maupun tidak.
Bentuk Lens Hood
Sumber foto: Google

Lens Hood saat ini telah hadir dari berbagai bentuk. Desainnya yang berbeda-beda ini, tentu saja bukan didasarkan atas nilai estetikanya, tapi lebih ke kesesuaian fungsi lensa kamera yang kamu gunakan. Karena lensa yang berbeda juga perlu menggunakan Lens Hood yang berbeda.

Seperti misalnya, lensa wide, lebih cocok menggunakan Lens Hood yang memiliki banyak lekukan seperti yang di bawah ini.
Lens Hood
Sumber foto: Google

Lensa wide memiliki jarak pandang yang lebar, jadi bentuk kurva yang pendek memang sengaja didesain seperti itu agar kap-nya ini tidak tertangkap lensa saat kamu akan memotret nantinya.

   Lihat juga: Macam-macam Lensa Kamera DSLR

Lain lagi dengan Lens Hood yang berbentuk bulat sederhana seperti di bawah ini. Tidak adanya kurva atau lekukan-lekukan seperti Lens Hood yang sebelumnya, membuat Lens Hood yang satu ini memang dikhususkan untuk lensa dengan ukuran focal length yang besar. Jadi, bentuk kap-nya yang panjang sama sekali tak akan mengganggu aktivitas memotret kamu nantinya.
Lens Hood
Sumber foto: Google

Lens Hood dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu mulai dari 30 ribuan ke atas saja. Bahkan di beberapa toko kamera, kamu bisa mendapatkannya secara gratis saat membeli satu buah kamera.

Sebenarnya, bukan menjadi masalah yang besar saat kamu tidak ingin atau tidak mau repot-repot membeli dan menggunakan Lens Hood. Dalam mengatasi cahaya matahari, kamu juga bisa menggunakan tangan kamu untuk menghalangi cahaya matahari atau mungkin sebuah papan atau payung barang kali untuk menutupi lensa kamera kamu.

Terutama memang pada saat kamu berniat mendapatkan hasil foto dengan efek flare untuk menambahkan poin plus pada nilai estetika foto kamu.

Tapi bila kamu memang berniat menggunakannya, sama sekali tak ada salahnya untuk kamu membeli satu, karena Lens Hood ini akan sangat berguna untuk membantu proses pemotretan atau rekaman video kamu.

Jadi, itulah pengetahuan singkat tentang Lens Hood untuk kamu para fotografer pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kamu, ya, Pembaca! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: