Apa itu Vignet pada Layar Kamera?

Vignet pada Layar Kamera
Sumber foto : Google
Barang elektronik yang sering dipakai namun tanpa perawatan yang cukup baik akibatnya membuat barang elektronik mengalami kerusakan. Jika kita mneginginkan barang elektronik kita memiliki umur yang panjang dan kualitas yang tidak terlalu menurun tajam, maka sebaiknya memperhatikan hal - hal yang bisa membuat barang elektronik kalian cepat rusak.

Kamera merupakan salah satu barang elektronik yang rentan akan kerusakan, banyak faktor yang membuat kamera menjadi cepat rusak. Dari mulai penyimpanan yang salah, terpapar sinar matahari untuk waktu yang lama, atau bahkan terkena air. Kamera memiliki beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda - beda, diantaranya LCD (Liquid Crystal Display), Lensa, Mode, Tempat penyimpanan dan lain sebagainya.

Salah satu yang rentan rusak dan menurun kualitasnya adalah LCD, pada beberapa kamera LCD bisa mengalami vignet. Apa itu vignet atau vignette? Vignet atau vignette adalah muncul sisi gelap pada LCD yang terletak pada pojok kanan kiri atas dan pojok kanan kiri bawah. Vignet tidak akan kelihatan ketika layar kamera anda hitam atau mati, tetapi vignet akan sangat kelihatan ketika layar hidup berwarna putih. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :

Membiarkan Baterai Kamera Terpasang dalam Waktu yang Lama
Sumber foto : Google

Membiarkan baterai terpasang untuk waktu yang lama, namun kamera tidak dipakai, selain membuat daya baterai menurun yaitu menjadi salah satu penyebab LCD menjadi vignet. Oleh sebab itu, sebaiknya copot baterai kamera kalian ketika kamera tidak dipakai untuk waktu yang lama

Jumlah Shutter count diatas 50 ribu
Bagi kalian yang sangat menyukai dunia fotografi, tentu kalian akan banyak menggunakan kamera untuk memotret. Apalagi jika kamera digunakan setiap hari atau setiap minggu, maka shutter count akan habis dan menyebabkan layar menjadi vignet. Untuk mengurangi resiko vignet, bagi kalian yang sangat khawatir dengan LCD vignet, maka kalian bisa mengurangi pemakaian kamera.

Namun jika kalian seseorang yang sangat menyukai dunia fotografi, serta tidak bisa mengurangi jumlah pemakaian shutter count, hal ini tentu tidak dapat menjadi pegangan bagi kalian. Namun jika kalian tetap menggunakan kamera untuk intensitas waktu yang sering, harus siap dengan segala resiko yang mungkin bisa terjadi pada kamera kalian.

Usia Kamera Tua
Usia kamera menjadi salah satu penyebab layar kamera anda menjadi vignet. Hal ini sangat perlu diwaspadai untuk kalian yang membeli kamera second, sebaiknya kalian teliti jika ingin membeli kamera second. Seperti mengecek shutter count dan usia kamera. Karena jika kalian membeli kamera usia tua, yaitu diatas 4 tahun ditambah shutter count sudah mencapai puluhan ribu, maka hal tersebut bisa menjadi pemicu layar kamera lebih cepat vignet.

Bagi kalian yang membeli kamera baru dan kalian seseorang yang perfect tidak ingin kamera menjadi vignet, kalian dapat menjual kamera kalian ketika sudah menginjak usia 3 tahun dan shutter count diatas 30 ribu. Dengan begitu kalian dapat mencari kamera yang baru, namun dengan kerugian harga yang lumayan banyak. Usia kamera yang tua dan shutter count yang cukup banyak tentu akan sangat mengurangi nilai jual kamera kalian.

Hal yang perlu kalian ketahui, vignet merupakan kerusakan LCD yang tidak terlalu parah. Layar yang vignet pada beberapa kondisi tidak berpengaruh terhadap hasil foto, namun jika kamera kalian mengalami vignet dan mempengaruhi hasil foto, sebaiknya mengganti LCD kamera dengan LCD yang baru.

Mengapa harus diganti? Sampai saat ini vignet pada layar belum bisa diperbaiki, jadi cara satu - satunya adalah kalian harus mengganti LCD kamera. Harga LCD biasanya berbeda - beda, tergantung dari type kamera dan LCD nya, kisaran harga yang harus kalian bayar untuk mengganti LCD adalah 300 hingga 500 ribu rupiah.

LCD yang tidak resmi
Sumber foto : Google

Pada beberapa kondisi, LCD kalian dapat mengalami kerusakan seperti LCD pecah, dengan begitu kalian akan menggantinya dengan yang baru. Hal yang perlu kalian waspadai ketika mengganti LCD adalah ketika memilig LCD. Jika kalian menggunakan LCD yang tidak resmi, tentu hal tersebut dapat membuat LCD kalian kembali rusak. Sebaiknya kalian berhati - hati dalam memilih, LCD tidak resmi menjadi salah satu penyebab vignet pada LCD.

Sampai saat ini, ada beberapa kamera yang sering mengalami vignet, yang lebih banyak terkena vignet adalah kamera canon dengan 4 digit dan 3 digit. kamera tersebut diantaranya canon 1000D, 1100D, 550D, dan 650D. Selain itu, pada kamera nikon vignet sering terjadi pada type D3100, D3200 dan D5100.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab layar LCD kamera kalian menjadi vignet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi bahan masukan ketika kalian ingin membeli kamera atau menggunakan kamera secara aktif dan terus menerus.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: