Cara Cek Shutter Count pada Kamera Canon DSLR | Blog Banten Kamera

Cara Cek Shutter Count pada Kamera Canon DSLR

Sumber foto : Google
Bagi kalian pengguna kamera canon DSLR (Digital Single Lense Reflex) namun masih bingung dalam mengecek shutter count, artikel kali ini akan menjelaskan bagaiamana cara mudah untuk dapat mengecek shutter count kamera anda. mengecek shutter count biasanya digunakan ketika kita ingin menjual atau membeli kamera bekas. apa itu shutter count?

Shutter count (penghitung rana) adalah berapa banyak foto yang telah diambil oleh kamera tersebut, dengan kata lain kita dapat mengetahui umur dari kamera tersebut. cara mengecek shutter count sangatlah mudah, kita hanya perlu membaca artikel atau menonton video tutorialnya.

Meskipun kamera DSLR tidak memakai film dalam mengambil gambar, namun sewaktu - waktu kamera DSLR kita bisa mati karena kehabisan shutter. oleh sebab itu, kita perlu memperhatikan shutter count jika sering menggunakan kamera DSLR, agar suatu saat tidak menimbulkan kendala yang berarti ketika kita sedang mengabadikan momen penting.

Bagi kalian yang sedang mencari kamera bekas pakai, selain mengecek fisik kamera sebaiknya kalian mengecek shutter count kamera yang akan kalian beli, karena jika kalian lupa mengecek tentunya akan menimbulkan masalah dan merugikan kalian. Selain itu, bagi fotografer yang aktif hunting foto setiap hari atau setiap minggu, selalu cek shutter count kalian untuk meminimalisir adanya kendala saat pemakaian. segera mengganti shutter count anda jika memang sudah rusak atau melebihi kapasitas foto.

Bagaimana cara cek shutter count?
Tentunya berbeda merek dan jenis akan berbeda maksimal penggunaan shutternya. Namun artikel ini akan memberikan 2 contoh maksimal shutter dari 2 type kamera yang berbeda. untuk mengecek shutter kita dapat menggunakan website online, jangan lupa menyiapkan PC atau handphone serta foto terakhir yang telah kita ambil oleh kamera yang akan kita periksa shutter countnya.


Mengecek jumlah shutter count dapat dilakukan secara offline maupun online, jika kita ingin mengecek shutter secara offline maka kita harus menginstall aplikasi. namun jika ingin mengecek secara online tentu kita hanya perlu mengupload foto terakhir dari kamera kita ke website pengecekkan.

Lihat juga: Kamera DSLR Sering Buat Video, Apakah Aman?.

Jika ingin mengecek shutter secara online, ada beberapa laman online yang menyediakan pengecekan shutter count, diantaranya :

1. www.camerashuttercount.com
2. www.myshuttercount.com

Untuk mengecek shutter offline kita harus menginstall aplikasi EOS info
lalu install aplikasi tersebut, kemudian kita baru dapat menggunakan untuk mengecek shutter count-nya.

Langkah - langkah mengecek shutter secara offline adalah sebagai berikut :
1. Colokkan kamera DSLR anda ke laptop/komputer
2. buka aplikasi yang telah diunduh
3. lalu klik success pada windows
4. klik ok, maka kita akan mendapatkan hasilnya.

Itulah beberapa cara agar kita dapat mengecek shutter count kamera kita, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk mengecek shutter count anda untuk mencegah kehabisan shutter count saat pemakaian sedang berlangsung.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: