Cara yang Benar Mengambil Foto di Kamera DSLR | Blog Banten Kamera

Cara yang Benar Mengambil Foto di Kamera DSLR

Fotografi merupakan hal yang sangat mengasyikkan, selain mempunyai makna mendalam tentang mengabadikan moment yang indah dan penting, fotografi juga mengajarkan banyak hal seperti kesabaran dan ketelitian. Sampai saat ini fotografi masih menjadi hal yang banyak digandrungi oleh orang - orang dari berbagai kalangan.

Meski fotografi tidak melulu tentang DSLR (Digital Single Lens Reflex), namun DSLR masih menjadi primadona dalam dunia fotografi. tidak perlu khawatir bagi kalian yang masih baru dalam dunia fotografi, banyak cara dapat dilakukan agar kalian dapat cepat menguasai kamera DSLR yang tentunya untuk menghasilkan hasil foto yang indah dan menarik.

berikut adalah beberapa cara untuk mengambilkan gambar menggunakan kamera DSLR yang baik:

Memegang kamera dengan benar
Memegang kamera merupakan hal dasar jika ingin memotret, banyak manfaat dalam memegang kamera dengan benar, selain meminimalisir noise akibat goncangan, memegang kamera dengan benar juga akan melindungi kamera kita jika sewaktu - waktu kamera akan jatuh.

Memegang kamera yang benar yaitu dengan menggunakan kedua tangan, tangan kanan bertugas menekan tombol shutter dan tangan kiri menggenggam lensa sekaligus body kamera dengan posisi telapak tangan terbuka dibawah body kamera. selain itu, kita bisa menggunakan strap agar kamera tidak jatuh. Cara yang terbaik dalam menggunakan strap yaitu menggulungkan strap ke ke tangan kita sebanyak 2 atau 3 kali.

Menggunakan view finder
meskipun DSLR menggunakan LCD monitor untuk melihat gambar yang ditangkap lensa, namun sebaiknya kita menggunakan view finder untuk melihat sasaran gambar kita. mengapa sebaiknya manggunakan view finder? jika menggunakan view finder kamera tidak akan terlalu menguras baterai. Sehingga kita dapat hunting untuk waktu yang lebih lama.

Berbeda jika kita selalu menggunakan monitor kamera, baterai kamera kita akan cepat habis dan waktu foto - foto kita akan semakin singkat. Namun jika kesulitan melihat melalui view finder, kita sesekali dapat menggunakan monitor.

Mempelajari teknik fotografi
Bagi pengguna kamera, teknik fotografi juga seharusnya dipelajari agar mendapatkan jenis gambar yang beragam dan menarik. Bermacam - macam teknik fotografi, mulai dari slow speed, high speed dan lain sebagainya.

Lihat juga: Tips Menggunakan Flash Ekternal Kamera.

Hal penting sebelum mengaplikasikan teknik fotografi, kita juga harus mengenal segitiga exposure. mengapa begitu? karena jika ingin menggunakan segitiga exposure, maka kita juga harus mengenal segitiga exposure dengan baik agar hasil gambar yang kita ambil dapat maksimal.

Menjadi fotografer profesional bukanlah hal yang sulit jika kita sering melatih kemampuan diri. silahkan mempraktekkan hal - hal diatas agar skill fotografi makin baik. selamat mencoba!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: