Alasan Lensa Ring Merah berharga Selangit | Blog Banten Kamera

Alasan Lensa Ring Merah berharga Selangit

Bagi para pecinta fotografi, lensa menjadi salah satu barang penting untuk menunjang kegiatan fotografi. Saat ini berbagai macam lensa tersebar dipasaran, dari lensa yang berharga murah sampai lensa yang harganya selangit. Meskipun berharga selangit, banyak fotografer yang tetap untuk membeli lensa.

Artikel ini akan membahas mengenai lensa dengan ring merah, Mengapa harga lensa ring merah mahal? tentu hal tersebut sebanding dengan kualitas dan proses pembuatannya. Berikut adalah Uraian secara jelasnya:

Waktu Pembuatan
Lensa dengan ring merah dibuat dengan waktu yang panjang, karena waktu pembuatannya yang panjang, hal tersebut berdampak pada biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Jika perusahaan mengeluarkan lebih banyak biaya karena waktu yang relatif lama, maka biaya tersebut akan dibebankan kepada konsumen lensa ring merah.

Pembuatan lensa ring merah memakan waktu 72 jam untuk 1 unit lensa, berarti pembuatan sekitar 3 hari penuh tanpa jeda. Selain itu, ada beberapa lensa ring merah yang proses pembuatannya memakan waktu berbulan - bulan.

Proses yang Berlapis
Dalam membuat lensa ring merah prosesnya lebih banyak dari pembuatan lensa yang lain, proses yang berlapis tentunya berkaitan juga dengan waktu yang lama, sehingga ongkos produksi akan semakin meningkat

Pengecekan Qualitas (Quality Control)
Dalam melakukan cek kualitas, tentunya harus benar - benar dilakukan secara baik dan mendetail. Terlebih untuk barang - barang elektronik yang rentan akan kerusakan. pengecekan kualitas pada lensa ring merah membutuhkan waktu yang lama dan lebih mendetail, pengecekan lensa ini dilakukan hingga tingkat kesalahan hingga per mikrometer. Oleh sebab itu waktu dan tenaga yang dibutuhkan juga semakin besar dan lama.

Keahlian Khusus
Tentunya dalam membuat sesuatu kita harus mempunyai skill dan kemampuan yang oke, apalagi produk yang kita buat adalah produk ternama dan banyak diminati oleh masyarakat. Hasil yang baik dan sempurna diperlukan untuk membuat masyarakat percaya dengan apa yang perusahaan sediakan.

Lihat juga: Cara Merawat dan Menyimpan Kamera.

Membuat lensa ring merah memerlukan skill dan kemampuan yang lebih bagus, karena jika dilihat dari harganya yang fantastis tidak mungkin rasanya jika perusahaan penyedia tidak memperhatikan kemampuan karyawannya.

Tingkat Kesulitan 
Dalam membuat lensa ring merah, tingkat kesulitan untuk membuatnya sangatlah tinggi. dengan begitu lensa ini tentu memiliki harga yang selangit. Tingkat kesulitan juga membuat waktu untuk membuat jadi semakin lama, karena mengharuskan produsennya membuat tahap demi tahap sampai pada akhirnya jadilah unit lensa yang diinginkan. Berikut adalah daftar beberapa lensa ring merah saat ini:

Lensa Samyang 85mm T1.5 S UMC VDSLR Cine for Canon EOS

Lensa Samyang 85mm T1.5 S UMC VDSLR Cine for Canon EOS
Sumber foto : Google

Jenis Lensa EF ini memiliki berat sekitar 600gram, untuk saat ini lensa samyang 85mm dibandrol dengan harga 4jutaan.

Lensa Canon 1200mm
Lensa Canon 1200mm
Sumber foto: Google
Terlihat dari focal lengthnya bahwa lensa ini sangat fantastis harganya, Lensa canon 1200mm dibandrol dengan harga 100.000 USD.

Lensa Canon EF 70-200mm
Lensa Canon 1200mm
Sumber foto : Google

Lensa ini memiliki aperture f/4-22 serta memiliki diameter lensa 67mm. Lensa ini menyantuh harga 9 juta rupiah.

Lensa Canon EF 100mm f/2.8L IS USM Macro
Lensa Canon EF 100mm f/2.8L IS USM Macro
Sumber foto : Google

Lensa ini memiliki aperture f/2.8-32, meskipun terbuat dari plastik namun lensa ini jauh berbeda dengan lensa material plastik pada umumnya. Lensa ini biasa digunakan untuk memotret benda - benda kecil (makro). Harga dari lensa ini yaitu berada di atas 10 juta, beberapa toko menjual lensa ini dengan harga 12 Juta.

Itulah beberapa alasan mengapa lensa ring merah berharga mahal, serta contoh - contoh yang telah diuraikan diatas. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang lensa ring merah.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: