Cara Merawat dan Menyimpan Kamera | Blog Banten Kamera

Cara Merawat dan Menyimpan Kamera

Kamera DSLR
Sumber foto : Google
Saat ini kamera merupakan alat yang semakin banyak digemari oleh masyarakat. Selain menjadi penunjang hobi fotografi, kamera banyak digunakan oleh berbagai kalangan lain yang biasanya digunakan untuk mengabadikan moment liburan. Bagi kalian yang ingin memiliki kamera, selain harus bisa memakainya dengan baik kalian juga harus bisa merawat dan menyimpannya dengan baik.

Merawat dan menyimpan kamera merupakan hal yang harus kalian pahami dan praktekkan agar kamera kalian tetap dalam keadaan baik dan tidak cepat rusak. Terlebih harga kamera yang tidak murah membuat kalian harus lebih memperhatikan perawatan dari alat yang satu ini.

Bagi yang masih belum mengetahui apa saja hal yang harus kalian untuk merawat kamera, artikel ini akan menjelaskan beberapa hal penting agar kamera kalian tetap dalam keadaan baik dan tidak cepat rusak, berikut penjelasannya :

Copot Baterai Kamera Ketika Tidak Dipakai
Baterai kamera
Sumber foto : Google

Baterai merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah kamera, tanpa baterai tentu kamera tidak dapat kalian gunakan. Seiring berjalannya waktu, kualitas dari baterai kamera akan menurun. Hal tersebut diakibatkan karena pemakaian yang berulang dalam jangka waktu yang lama, penurunan kualitas suatu alat memang wajar adanya, karena bagaimanapun baterai kamera merupakan benda elektronik yang lambat laun akan berkurang powernya.

Penurunan kualitas baterai biasanya terletak pada waktu penggunaan, ketika pertama kali membeli kamera, daya baterai penuh akan habis dalam waktu 4 jam namun ketika pemakaian sudah menginjak 2 atau 3 tahun dengan intensitas pengisian baterai yang sering tentu hal tersebut akan membuat kualitas dan daya tahan baterai menurun.

Namun jangan khawatir, agar baterai kamera kalian sedikit lebih tahan lama, sebaiknya lepas baterai dari kamera kalian ketika kamera tidak digunakan dalam waktu yang lama. Saat kamera kalian tidak dipakai dalam waktu 3 hingga 5 hari, hal tersebut bukanlah masalah. Namun ketika anda tidak menggunakan kamera berbulan – bulan lamanya, kalian sebaiknya melepas baterai kamera. Meskipun kamera dalam keadaan mati dan tidak dipakai, lambat laun daya dalam kamera akan berkurang.

Lihat juga : Rekomendasi Komunitas Fotografi Nasional

Rutin Membersihkan Kamera
Membersihkan kamera
Sumber foto : Google

Debu cepat menempel pada body atau lensa, sebaiknya kita harus membersihkan kamera secara berkala, agar kamera selalu dalam keadaan bersih. Kalian dapat membersihkan lensa menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan ke lap khusus, setelah itu kalian bisa membersihkan kamera.
Ketika membersihkan kamera, jangan lupa untuk membersihkan sela – sela kamera seperti dudukan lensa, LCD, Viewfinder dan lain sebagainya. Lakukan hal ini 2 atau 3 kali dalam sebulan.

Untuk memudahkan dalam membersihkan kamera, sebaiknya kalian menyediakan beberapa alat untuk membersihkan kamera. Alat - alat yang biasanya digunakan diantaranya, blower, kain micro fiber, lens pen dan lain sebagainya.

Simpan Kamera di Tempat Khusus
Drybox kamera
Sumber foto : Google

Ketika menyimpan kamera di rumah, sebaiknya kalian menggunakan drybox khusus untuk kamera dan lensa.  Drybox ini berfungsi untuk menjaga kamera agar tetap berada dalam suhu yang normal. Dengan menggunakan tempat ini, kamera dapat terlindungi dari jamur, bakteri dan kembapan berlebih. Kalau kalian tidak memiliki tempat ini, sebaiknya kalian menyimpan kamera di tempat yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Simpan Pada Suhu Ruangan
Kamera dan lensa rentan terhadap jamur, jika sudah terkena jamur lensa akan sulit dibersihkan dan jamur akan mudah datang lagi. Mengingat iklim tropis di Indonesia, tentu cuaca di beberapa daerah sangat panas dan lembab. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menyimpan kamera di dalam tas dan dimasukkan ke dalam lemari, karena hal terebut akan membuat kamera lembab dan cepat mendatangkan jamur.

Ketika berlibur, kamera pasti menjadi alat utama yang kalian bawa. Namun sebaiknya perhatikan ketika anda berlibur menggunakan mobil. Pada beberapa waktu, kalian akan meninggalkan kamera di dalam mobil dengan pintu mobil terkunci dan tertutup rapat.

Hal tersebut membuat kamera anda menjadi panas dan lembab karena tidak ada udara yang masuk maupun keluar, bahkan menyimpan kamera di dalam mobil membuat kamera anda terpapar sinar matahari secara langsung. Tentu hal tersebut tidak baik untuk jangka waktu yang lama. Kamera yang disimpan dalam suhu yang terlalu panas selain membuat jamur cepat datang juga mengakibatkan kamera menjadi cepat rusak.

Jauhkan dari Air
Barang elektronik apapun tidak seharusnya berada didekat air, apalagi sampai menetes atau mengenai bagian dari barang elektroniknya. Termasuk kamera yang sebaiknya anda jauhkan dari air, jika terkena air sebaiknya langsung anda bersihkan atau lap.

Kalau kalian menyukai pantai dan sering membawa kamera kalian untuk berlibur ke pantai, kalian harus waspada terhadap air laut. Selain air dapat membuat kamera lembab dan berjamur, air laut akan mudah membuat kamera kalian berkarat di beberapa bagian. Sebaiknya setelah berlibur ke pantai dengan membawa kamera, langsung anda bersihkan setelah sampai di rumah.

Jika ingin kamera kalian tetap awet, sebaiknya perhatikan beberapa hal diatas. Dengan begitu kalian dapat meminimalisir kerusakan pada kamera kalian, serta kerugian yang akan kalian tanggung dapat terhindarkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat merawat kamera dengan baik

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: