Tips Dasar Fotografi yang Perlu Dipahami | Blog Banten Kamera

Tips Dasar Fotografi yang Perlu Dipahami

Canon 60D
Sumber foto : Google
Ketika memutuskan untuk membeli sebuah kamera dan ingin terjun ke dunia fotografi, kalian perlu untuk mempelajari hal – hal yang berhubungan dengan kamera ataupun kegiatan fotografi yang nantinya akan kalian tekuni. Selain mempelajari secara teori, juga kalian harus mengimbanginya dengan praktek secara langsung. Praktek secara langsung akan membuat seseorang lebih mudah menangkap pengetahuan dan informasi.

Dalam dunia fotografi ada tingkatan tertentu untuk seseorang yang berada didalamnya, mulai dari dasar, menengah dan tingkat mahir. Masing – masing memiliki materi, pengetahuan serta tingkat kesulitan yang berbeda. Untuk mempelajari hal baru, tentu kalian bisa memulainya dari tingkat dasar, tingkat ini tidak terlalu rumit dan cenderung lebih mudah untuk diingat dan dipelajari.

Lalu apa dan bagaimanakah tips dasar fotografi yang sebaiknya kalian pahami? Berikut beberapa tips serta penjelasan tentang fotografi yang perlu kalian pahami, diantaranya :

Memegang Kamera
Ini adalah hal pertama yang perlu kalian pelajari dan pahami. Mungkin memegang kamera merupakan hal sepele yang terkadang diabaikan begitu saja, namun hal ini sangat penting. Mengapa begitu? Karena jika kita memegang kamera dengan baik dan sesuai maka kita akan mudah dalam membidik objek sasaran.

Memegang kamera yang baik adalah dengan meletakkan tangan kanan pada grip kamera. Grip merupakan bagian menonjol yang terletak pada bagian kanan body kamera yang memang berfungsi untuk menjadi tempat genggaman tangan ketika memegang kamera. Dengan menggenggam grip kamera dengan baik, kita sedikit bisa mengurangi hand shake ketika mengambil gambar.

Memahami fungsi strap/tali kamera
Strap kamera
Sumber foto : Google

Strap merupakan aksesoris wajib pada kamera, untuk kalian yang akan membeli kamera tidak perlu khawatir, karena strap merupakan salah satu aksesoris bawaan alias kalian gratis bisa mendapatkan dari penjual. Oleh sebab itu, kalian perlu untuk memanfaatkan strap pada kamera kalian.

Untuk menggunakan strap kalian dapat menggunakannya dengan beberapa cara, cara yang pertama adalah kalian dapat menggulungnya di tangan kanan sebanyak tiga kali gulungan, mengapa begitu? Fungsi dari menggulung strap pada tangan yaitu untuk mengantisipasi jatuhnya kamera kalian. Dengan begitu kamera kalian tidak mudah jatuh kamera sudah strap sudah terkait dengan tangan.

Cara yang kedua adalah dengan mengalungkan kamera menggunakan strap pada leher kalian. Ketika kamera sedang tidak digunakan, atau ketika kalian sedang menunggu untuk membidik objek, kalian dapat mengalungkan kamera menggunakan strap. Hal ini berfungsi juga untuk mengantisipasi kamera kalian terjatuh, terbentur, lupa menyimpan.

Selain itu, ketika kalian mengalungkan kamera tentu akan membuat kalian lebih cepat menangkap gambar dibandingkan kalian menyimpan kamera di suatu tempat ketika sedang tidak digunakan. Terlebih moment atua kejadian yang kalian tunggu merupakan moment yang cepat dantidak terulang. Kalian akan merasa rugi jika melewatkan moment yang bagus bukan?

Mengenali Bagian – Bagian Pada Kamera
Setelah kalian dapat memegang kamera dengan baik, selanjutnya ke tahap pengenalan bagian – bagian kamera. Biasanya kamera memiliki lebih dari 30 bagian, diantaranya tombol, simbol maupun tempat penyimpanan. Masing – masing dari hal tersebut harus kalian pahami, dengan begitu kalian akan dengan mudah menggunakan kamera dan tidak mengalami kesulitan yang berarti.

Jika kalian merasa kesulitan untuk menemukan penjelasan mengenai bagian – bagian kamera, kalian dapat membacanya disini. Setelah itu kalian dapat memahami dan mempraktekkan apakah benar fungsi dari masing – masing bagian dalam kamera yang telah dijelaskan. Selanjutnya jika kalian merasa kesulitan karena terlalu banyak bagian – bagian kamera, maka kalian dapat mempelajarinya sedikit demi sedikit, tidak perlu sekaligus kalian pelajari dalam waktu yang sama.

Karena esensi dari mempelajari bagian – bagian kamera adalah memahami dan mampu menggunakan sesuai dengan sebagaimana fungsinya. Hal terpenting adalah kalian harus mengulangi dan mengingat – ingat bagian – bagian kamera yang telah kalian pelajari. Lambat laun kalian pasti akan terbiasa dan akhirnya mampu menggunakan dan menjelaskan di luar kepada, kalian bisa karena terbiasa.

Memahami Kelemahan Kamera
Setiap benda yang kita gunakan pasti memiliki kelemahannya masing – masing, terlebih benda tersebut merupakan benda elektronik yang mudah rusak dan menurun kualitasnya jika kita tidak mengatahui kelemahan tersebut. Namun jangan khawatir, kelemahan dasar pada kamera kalian dapat pelajari dan perhatikan dengan mudah.

Kelemahan kamera yang pertama yaitu terletak pada baterainya, baterai kamera kalian akan menjadi cepat habis akibat pemakaian yang kurang baik. Hal yang kurang baik tersebut adalah ketika kita terlalu sering menggunakan live view dibanding menggunakan viewfinder. Sebaiknya kalian menggunakan viewfinder jika ingin memotret.

Memahami Mode Kamera
Mode Kamera
Sumber foto : Google

Setiap kamera memiliki berbagai macam mode yang memiliki fungsi yang berbeda – beda, kamera DSLR canon contohnya, kamera ini terdapat sekitar 14 mode yang dapat kita gunakan. Mode tersebut diantaranya mode A-DEP (Otomatis DoF), M (Manual), A (Aperture & ISO manual), S (shutter speed dan ISO manual), P (ISO manual), A+ (Full otomatis), P (Portrait), Landscape (untuk pemandangan), Logo bunga (foto close up), gambar orang berlari (objek bergerak/sport), simbol bintang (foto malam hari), night landscape (pemandangan malam hari)

Itulah beberapa tips dasar fotografi, selain ini tentu masih banyak hal - hal dasar lain yang perlu kalian pahami untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mempelajari teknik dasar fotografi!

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: