Daftar kamera DSLR 2 Jutaan | Blog Banten Kamera

Daftar kamera DSLR 2 Jutaan

Kamera DSLR
Sumber foto : Google
Saat ini foto menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Semakin banyak orang yang menginginkan kegiatannya selalu diabadikan dalam sebuah foto. Foto menjadi salah satu hal yang dapat dikenang ketika suatu momen sudah terjadi. Saat ini dunia fotografi juga semakin banyak diminati oleh banyak orang. Mulai anak sekolah, mahasiswa hingga masyarakat umum tertarik dengan dunia fotografi.

Bagi kalian yang masih dalam tahap pemula dalam dunia fotografi, biasanya bersemangat dalam mempelajari hal - hal tentang fotografi, baik tekniknya maupun alat - alatnya. Untuk memudahkan kalian dalam mempelajari hal tersebut, biasanya kalian berusaha untuk memiliki kamera yang dapat digunakan untuk berlatih fotografi.

Kamera DSLR memiliki harga yang lumayan tinggi, namun tidak semua dari kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) berharga tinggi yang membuat kalian tidak dapat memilikinya. Kamera DSLR memiliki beberapa kategori berdasarkan level fotografer serta harganya. Biasanya kamera DSLR terbagi dalam 3 kategori, yaitu kamera DSLR kategori dasar, menengah dan pro.

Biasanya semakin tinggi level kamera, maka akan semakin mahal harganya. Harga yang termurah dimulai dari kamera DSLR level dasar hingga yang tertinggi yaitu pada kamera DSLR level pro. Bagi kalian yang masih pemula dalam hal fotografi, sebaiknya memilih untuk menggunakan kamera dengan level dasar.

Kamera DSLR dengan level dasar memiliki fitur yang juga mendasar dan tidak terlalu banyak, sehingga kalian juga akan merasa mudah dalam mempelajari fotografi.

Jika kalian masih seorang pemula dan berniat membeli kamera serta memiliki budget yang minim, jangan khawatir kalian akan kesulitan memiliki kamera, saat ini terdapat banyak pilihan kamera dengan harga yang terjangkau. Berikut beberapa daftar kamera DSLR dengan harga 2 jutaan yang dapat kalian pilih :

Canon DSLR 1100D
Kamera DSLR 1100D
Sumber foto : Google

Kamera satu ini merupakan kamera DSLR keluaran lama yaitu sekitar 7 tahun lalu, 1100D rilis pada tanggal 7 Februari 2011. Kamera ini menjadi penerus dari kamera sebelumnya yaitu 1000D. Meskipun memiliki harga yang sangat murah, namun 1100D menyuguhkan spesifikasi yang baik dengan menyediakan mode video 720 HD serta resolusi kamera 12.2MP.

Kamera satu ini memiliki layar 2.7 inci dengan resolusi 230.000 dot ketika tidak menggunakan view finder serta ISO mencapai 6400 dengan noise minim. Kamera ini dilengkapi dengan lensa kit EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 II. Harga jual pada tahun ini dengan kondisi bekas berkisar pada harga 2.700.000 di toko online.
Lihat juga : Tips dan Trik Menjadi Videografer
Nikon D3000
Kamera DSLR D3000
Sumber foto : Google

Kamera ini merupakan kamera keluaran lama, lebih lama dari canon 1100D. Nikon D3000 rilis pada tahun 2009, yaitu sekitar 9 tahun lalu. Kamera ini memiliki resolusi kamera 10.2MP dengan layar sebesar 3 inci dengan resolusi LCD hingga 230.000 dot. Kamera ini menyuguhkan ISO terendah yaitu 100 dan tertinggi yaitu 1600.

Dengan layar sebesar 3 inci, ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki nikon. Kalian sebagai pengguna akan lebih jelas dan puas ketika menggunakan layar. Selain itu kamera ini telah dibekali oleh flash built in yang mampu membantu pencahayaan ketika kalian akan memotret pada kondisi cahaya yang minim.

Bobot dari kamera D3000 juga tidak terlalu berat yaitu sebesar 800 gram saja. Hal tersebut juga menguntungkan kalian yang mudah lelah jika membawa kamera yang terlalu berat. Sehingga dengan menggunakan kamera ini, kalian lebih merasa mudah untuk membawa kamera ini untuk waktu yang lama. Harga jual pada tahun ini dengan kondisi bekas berkisar pada harga 2.450.000 di toko online.

Nikon D3100
Kamera DSLR D3100
Sumber foto : Google

Kamera ini merupakan pembaharu atau penerus dari kamera diatas yaitu D3000. Untuk waktu rilis, D3100 hanya memiliki jeda waktu 1 tahun dari D3000. Kamera ini rilis pada bulan Agustus 2010. Kamera ini memiliki resolusi yang lebih besar juga dari kamera pendahulunya yaitu 14.2MP.

Selain itu, kamera ini memiliki fitur HD, bagi kalian videografer yang memiliki kamera ini, tentu kalian akan bisa mendapatkan hasil video yang bagus. ISO pada kamera ini yaitu terendah pada angka 100 dan tertinggi yaitu 3200.

Kamera ini memiliki bobot yang tidak terlalu berat, bahkan lebih ringan dari kamera pendahulunya yaitu 600 gram. Harga jual pada tahun ini dengan kondisi bekas berkisar pada harga 2.700.000.

Nikon D40x
Kamera D40x
Sumber foto : Google

Kamera ini merupakan kamera dengan keluaran terlama dari pada beberapa kamera diatas, kamera ini telah rilis selama 12 tahun hingga saat ini. Tepatnya Nikon D40x rilis pada November 2006. Kamera ini memiliki body yang sangat kecil dengan LCD sebesar 2.5 inci saja.

Bagi para pemula, tentu kamera ini bisa menjadi piliha kamera yang tepat untuk digunakan latihan memotret. Kamera ini hanya memiliki resolusi kamera sebesar 6MP dengan ISO mencapai 3200. Selain itu kelemahan kamera ini yaitu tidak memiliki autofokus yang membuat kalian ketika memakainya harus selalu menggunakan mode manual saja.

Namun hal ini bukanlah sebuah masalah jika kalian seorang pemula yang sedang mempelajari tentang dasar dari sebuah kamera. Hal ini melatih kalian untuk lebih mahir ketika menggunakan mode manual pada kamera DSLR. Harga jual pada tahun ini dengan kondisi bekas berkisar pada harga 2.000.000.

Itulah beberapa kamera DSLR dengan harga 2 jutaan yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian, pastikan kalian memilih kamera dengan spesifikasi yang cukup baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah informasi fotografi untuk kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: