5 Penyebab Kamera Bisa Mati Total

Penyebab Kamera Mati Total
Foto: NikonRumors
Penyebab Kamera Mati Total - Mengetahui penyebab-penyebab kamera bisa mati total pastinya bisa kamu pelajari terlebih dahulu sebelum nantinya ternyata kamera bisa mati total.

Karena dengan mengetahui apa-apa saja penyebab kamera bisa mati tentu hal ini bisa dihindari dengan mengetahui penyebabnya.

Karena kamera sama seperti perangkat elektronik lainnya mempunyai masa pakainya tersendiri. Dan untuk masalah kamera mati total ada bebeerapa faktor yang biasanya sering terjadi dan ini hampir untuk semua jenis kamera baik dslr dan mirrorless.

Penyebab Kamera Bisa Mati

Baterai Sudah Tidak Normal atau Palsu
Masalah pertama yaitu ada pada baterai, sebenarnya ini masalah yang ringan tetapi jika dibiarkan terus menerus akan membuat kamera menjadi rusak dan mati total.

Awal baterai yang tidak normal yaitu baterai tiba-tiba kondisinya kosong dan membuat baterai menjadi mati mendadak, dan ketika di on atau nyalakan tidak ada tegangan masuk lagi.

Di beberapa kasus banyak membuat pengguna kamera panik dengan masalah ini, padahal masalahnya ada pada baterai tadi, jadi pastikan kondisi baterai yang sedang kamu pakai dalam kondisi yang baik.

Kena Air atau Cairan
Kita tahu bahwa air merupakan musuhnya barang-barang elektronik, baik seperti kamera, hp, laptop, dan lainnya.

Meski sudah banyak sekarang perangkat dengan fitur anti air tetapi tetap saja harus berhati-hati menggunakannya, karena berbeda ketika perangkat tersebut menggunakan alat khusus untuk menghindari air masuk.

Dan ketika kamera kamu terkena air dan masuk ke dalam kamera bisa jadi kamera kamu langsung mati, apa lagi terkena air laut, hampir 90% kamera terkena air laut sudah tidak bisa diselamatkan lagi.

Hal ini dikarenakan air laut menjadi korosi yang menyebabkan komponen pada kamera tidak bisa berjalan dengan lancar lagi karena dipenuhi dengan karat.

Kesalahan saat Update Firmware
Sebenarnya update firmware dianjurkan jika cara updatenya yang benar dan file yang digunakan sesuai dengan spesifikasi.

Jadi sebelum update pastikan terlebih dahulu kamera kamu dalam kondisi baterai di atas 80% dan file firmwarenya sesuai dengan tipe kamera. Karena ada beberapa kamera bisa langsung mati total ketika sedang update kameranya kehabisan daya baterai.

Menggunakan Memori yang Tidak Disarankan
Jenis-jenis memori pada kamera cukup beragam, ada jenis sd card, micro sd dengan bantuan adapter, dan memori dengan kecepatan yang berbeda-beda kelasnya.

Seperti saat membuat video maka tidak disarankan menggunakan memori dengan kelas di bawah 4, karena untuk membuat video kamera membutuhkan kecepatan membaca memori di atas 10, maka Banten Kamera sarankan gunakan memori di atas kelas 10.

Selain itu hindari juga penggunakan memori adapter, dengan adanya memori adapter kamera dipaksa untuk membaca 2 kali tahap hingga sampai ke kamera dan memori, jadi hindari penggunaan adapter.

Karena Banten Kamera pernah menerima kamera mati total disebabkan memoria adapter.

Kamera Terjatuh
Dan yang trakhir ini sudah menjadi masalah umum, karena ketika kamera terjatuh hentakan yang ada pada dalam kamera bisa saja tergoyang, lepas, patah ataupun pecah.

Jadi kita tahu bahwa ketika perangkat eletkronik terjatuh maka akan tahu akibatnya dan yang parah yaitu mati, begitu pula terhadap kamera.

Dari beberapa penyebab kamera mati total di atas pastikan kamu bisa menghindarinya, sehingga kamera yang kamu sayangi tidak terkena masalah mati total.

Tapi sebaik-baiknya kamu menjaga dan merawat kamera, pasti akan ada masa pakainya tersendiri. Ada jamur pada lensa? Cara Menghilangkan Jamur pada Lensa atau Kamera
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: