Cara Menghilangkan Jamur pada Lensa atau Kamera | Blog Banten Kamera

Cara Menghilangkan Jamur pada Lensa atau Kamera

Cara Menghilangkan Jamur pada Lensa atau Kamera

Cara Menghilangkan Jamur Lensa Kamera - Jamur pada kamera merupakan salah satu hal paling menyebalkan yang umumnya sering muncul pada lensa serta kamera kamu. Karena tentu saja kehadiran jamur yang ada pada lensa atau kamera kamu dapat mengganggu hasil foto kamu nantinya.

Munculnya jamur pada lensa atau kamera kamu ini, bisa ditandai jika terdapat bintik-bintik berwarna putih pada hasil foto kamu nantinya atau kamu juga bisa langsung melihatnya secara langsung dari luar lensa.

Kemunculan jamur ini, tentunya harus segera dilakukan pembersihan atau penghilangan dengan baik, mengingat jamur dapat berkembang yang kemudian bisa menumpuk pada lensa atau kamera kamu. Semakin lama kamu membersihkannya, maka akan semakin sulit juga jamur ini dibersihkan.

Jamur yang sudah menumpuk dapat mengalami pengerasan sehingga melakukan pembersihannya pun perlu memiliki kehati-hatian yang tinggi agar tidak merusak lensa atau kamera kamu. Oleh karena itu, sekali lagi kami ingatkan untuk segera melakukan pembersihan terhadap jamur pada kamera atau lensa kamu agar tidak mempersulit kamu.

Jamur pada kamera atau lensa kamera kamu, tentunya dapat muncul karena disebabkan oleh beberapa hal. Berikut adalah penyebab lensa serta kamera dapat berjamur.

Air
Kebanyakan dari kamu saat liburan datang, pastinya akan langsung mempersiapkan kamera kamu untuk mengabadikan momen baik saat disana, bukan?

Namun, perlu kamu ingat, bila kamu membawa kamera beserta lensa kamu ke pantai, kolam renang, air terjun, maupun tempat yang mendekati air lainnya, ada baiknya untuk kamu bisa memberikan perlindungan maksimal pada kamera serta lensa kamu, karena air merupakan salah satu penyebab utama jamur bisa muncul.

Tangan Berkeringat
Selain dari air yang bersumber dari luar, tangan kamu yang mudah berkeringat pun tentunya bisa menjadi penyebab kamera atau lensa kamu berjamur.

Jadi, pastikan saja sebelum kamu menggunakan kamera atau hanya memegang kamera atau lensa, tangan kamu sudah dalam keadaan kering terlebih dahulu.

Tidak Menyimpan Kamera dengan Baik
Tidak menyimpan kamera dengan baik juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa kamera serta lensa kamu berjamur.

Kamera beserta perlengkapan lainnya, sebaiknya disimpan di dalam drybox atau bila kamu tidak memilikinya, kamu bisa menyimpannya saja di tempat yang kering dan aman agar terhindari dari jamur maupun kerusakan lainnya.

Setelah kamu mengetahui penyebabnya, ada baiknya untuk kamu setelah ini segera melakukan pembersihan terhadap jamur pada lensa kamu dengan tahap-tahap berikut ini.
  1. Buka Bagian Plastik Depan Lensa
    Bagian plastik yang dimaksud disini, merupakan bagian plastik yang bertuliskan nama serta keterangan lainnya pada lensa kamera kamu. Untuk dapat membukanya pun kamu perlu menggunakan alat khusus yang kamu yakini tidak akan merusak atau menggores layar kaca lensa kamu.
     
  2. Lepas Lensa Kamera yang Berjamur
    Setelah berhasil membukanya, kamu bisa segera melepas lensa kamera kamu dengan hati-hati. Di tahap ini, kamu diharapkan untuk bisa menggunakan sarung tangan supaya dapat melindungi lensa kamera kamu dari goresan.
     
  3. Bersihkan Jamur dengan Kain Microfiber
    Bila lensa kamera kamu sudah terlepas dari badan lensa, maka kamu bisa langsung membersihkan atau menghilangkan jamur yang ada dengan kain microfiber yang lembut. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes cairan khusus pembersih lensa kamera ke kainnya, untuk diaplikasikan pada lensa.
      
  4. Pasang Kembali Lensa Kamera
    Setelah selesai menghilangkan jamurnya, bersegeralah untuk memasangkan lensa kamu kembali ke badan lensanya. Kemudian jika sudah selesai, kamu bisa memeriksa apakah jamur masih nampak di lensa kamu atau tidak, dengan menyorotkan lampu dari arah bawah lensa.
Bila memang jamur masih nampak pada lensa kamera kamu, maka bisa jadi, jamur berada di dalam lensa. Jamur yang berada di dalam lensa sebenarnya akan jauh lebih menyulitkan untuk dibersihkan, apalagi jika sudah menumpuk dan berkerak.

Tak jauh berbeda juga dengan jamur yang tumbuh pada sensor kamera kamu. Sensor kamera merupakan salah satu hal terpenting juga paling sensitif yang ada pada kamera kamu. Membersihkan jamur tanpa adanya pengalaman, dapat berakibat buruk bagi kamera kamu.

Untuk itu, bagi kamu yang ragu untuk membersihkan sendiri kamera atau lensa kamera kamu dari jamur, Banten Kamera akan siap membantu kamu dalam melakukan perawatan seperti berikut ini. Banten Kamera akan memberikan pelayanan terbaik dengan hasil yang lebih baik hanya untuk kamu!

Soal harga, kamu tidak perlu khawatir. Pembersihan atau penghilangan terhadap jamur pada lensa atau sensor kamera kamu hanya akan kami hargai mulai dari 200-300 ribu saja, Pembaca.

Lihat juga: Menghilangkan Jamur Di LCD Kamera
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: