Tips Membeli Kamera Bekas agar Tidak Salah Pilih | Blog Banten Kamera

Tips Membeli Kamera Bekas agar Tidak Salah Pilih

Tips Membeli Kamera Bekas - Membeli barang bekas perlu pertimbangan yang pasti agar tidak salah dalam pemilihan, karena jika salah pilih maka akan ada penyesalan nantinya.

Barang bekas yang akan kita beli pastinya sudah dijelaskan penjualnya dengan sebaik mungkin, hanya saja biasanya ada beberapa poin yang disembunyikan, kareana hal tersebut bisa mengurangi harga jualnya.

Tapi itu hanya beberapa oknum jual beli saja, karena masih banyak orang yang jual barang bekas dengan kondisi yang sesuai dengan apa yang diucapkannya.

Begitu pula dengan kamera bekas, ketika kamu memutuskan akan membeli kamera bekas maka ada baiknya cek kondisi kamera sebaik mungkin, baik dari fisik, software, dan fitur-fitur yang ada pada kamera tersebut.

Jika kamu masih belum terlalu paham dengan kamera, maka sebaiknya ajak teman kamu untuk mengenali kamera yang akan dibeli tersebut.

Dengan mengajak teman yang lebih paham tentang kamera pastinya tidak perlu kuatir lagi kalau seandainya dibohongi oleh penjual, karena membeli kamera bekas perlu ketelitian yang tepat.

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan jika kamu ingin membeli barang bekas nantinya.

Cek Kondisi Fisik Kamera
#1 Cek Kondisi Fisik
Pada bagian pertama yang perlu dilihat yaitu bagian-bagian fisik yang ada pada kamera tersebut, lihat semua kondisi karet, apakah masih pada rapat atau sudah longgar, dan lihat juga adakah bekas jatuh retak atau lecet.

Ketika penjualnya bilang memang begitu, bandingkan dengan foto baru kamera tersebut.

Ingat jangan sampai terlewatkan setiap fisiknya, ketika ada kekurangan pada fisiknya bisa kamu jadikan hal untuk tawar menawar.

Layar Kamera
#2 Layar, Baterai
Setelah dari fisik maka selanjutnya cek juga bagian layar kamera, lihat sudut-sudut layarnya pastikan tidak ada bayangan hitam atau bintik-bintik pada layar.

Dan baterai juga dicoba charger langsung saat transaksi.

Tombol Kamera
#3 Tombol
Kemudian selanjutnya tekan semua tombol-tombol yang ada pada kamera, pastinya semuanya respon atau berfungsi, jika ada respon dari tombol tersebut, bisa dipastikan ada masalah pada kameranya.

Baik tombol yang ada di body kamera dan lensa kamera, semuanya harus dicoba secara teliti.

Rekam Video DSLR
#4 Tes Rekam Video
Pada tahap trakhir yaitu coba kamu rekam video, dan pastikan sudah menggunakan kartu memori dan audionya aktif.

Coba sekitar 1 menitan video, dan lihat hasil videonya jika terasa suara audio ada dan hasil video tidak ada bintik-bintik, artinya kondisi sensor yang ada pada kamera berjalan dengan normal.

Itulah beberapa tahap yang perlu kamu lakukan ketika akan transaksi membeli kamera bekas, memang perlu ketelitian yang pasti karena jika tidak teliti, sudah dipastikan akan ada penyesalan di akhir.

Dan trakhir jangan sampai terburu-buru ketika akan membeli kamera, dan jangan juga mendengar 100% ucapan dari penjualnya, sebelum kamu mencoba secara langsung kameranya. Lihat juga sebagai pemula sebaiknya beli kamera bekas atau baru?


Foto:
Prokamera
Dpreview
Digitaltrends
Youtube
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: