Pemula Sebaiknya Beli Kamera Bekas atau Baru? | Blog Banten Kamera

Pemula Sebaiknya Beli Kamera Bekas atau Baru?

kamera DSLR
Sumber foto : Google
Saat ini kamera merupakan alat yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, hampir semua orang
butuh kamera untuk mengabadikan momentnya. Foto menjadi salah satu hal wajib ketika pergi liburan, mendatangi sebuah acara atau berkumpul bersama teman - teman. Fotografi juga menjadi hal yang semakin banyak disenangi oleh masyarakat.

Selain itu, semakin banyak pemula yang masih dalam tahap awal dalam bidang fotografi. Bagi kalian yang menyukai bidang fotografi dan masih dalam tahap awal atau pemula, tentu kalian sangat membutuhkan kamera untuk belajar fotografi atau hanya sekedar foto - foto.

Namun biasanya kalian yang masih pemula dalam bidang ini, merasakan kebingungan untuk membeli kamera bekas atau baru sebagai kamera pertama kalian.

Sebagai pemula pasti banyak pertimbangan ketika membeli kamera, hal tersebut tentu banyak dirasakan oleh pemula dalam hal fotografi dan seseorang yang baru pertama dalam membeli kamera pertama kali.

Namun bagi kalian yang masih pemula dalam bidang fotografi dan masih baru pertama dalam membeli kamera, jangan khawatir ataupun bingung untuk memilih kamera bekas atau baru yang sebaiknya kalian beli pertama kali. Artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

Pilihan kamera bekas atau baru sebenarnya bukanlah suatu hal yang paling utama ketika kalian memilih kamera, hal tersebut tergantung dari masing - masing kalian. Apakah kalian seseorang yang teliti atau tidak, jika kalian seseorang yang sangat teliti terhadap suatu hal, tentu kalian dapat memilih kamera bekas untuk menjadi kamera kalian.
Lihat juga : Cara Memegang Kamera dengan Benar
Namun jika kalian seseorang yang kurang teliti dalam suatu hal, sebaiknya kalian memilih untuk membeli kamera baru untuk pilihan kamera kalian. Ketelitian kalian menjadi salah satu hal yang penting ketika memilih untuk membeli kamera, terlebih kamera yang akan kalian beli adalah kamera bekas.
camera dslr
Sumber foto : Google

Bagaimanapun kamera bekas memiliki kualitas dan performa yang menurun dari kamera baru, seperti shutter count kamera, sensor, lensa, fisik da lain sebagainya. hal tersebut karena kamera telah dipakai oleh beberapa orang atau bahkan kamera tersebut pernah mengalami kerusakan sebelumnya.

Jika kalian bukan merupakan tipe orang yang teliti dalam mengecek suatu hal, sebaiknya hindari untuk membeli kamera bekas. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi mendapatkan kamera yang rusak dari pihak penjual. Jika kalian terpaksa untuk membeli kamera bekas, sebaiknya kalian meminta tolong teman untuk membantu mengecek kondisi kamera tersebut sebelum dibeli.
Lihat juga : Daftar harga kamera 1 jutaan yang bagus
Dengan meminta bantuan teman, kalian dapat menghindari kerugian saat membeli kamera bekas. Seorang pemula terkadang belum paham betul mengenai kamera serta apa saja hal - hal yang harus dicek sebelum membeli kamera bekas, oleh sebab itu jika kalian ingin memutuskan membeli kamera dengan aman, belilah kamera baru untuk menghindari kerugian kerusakan atau jika ingin membeli kamera bekas, mintalah bantuan seorang teman.

Membeli kamera bekas bukanlah suatu hal yang buruk, jika dilihat dari kualitas tentu kamera baru menjadi hal yang utama dipilih, namun jika kalian memiliki budget yang terbatas atau mungkin kalian berniat untuk mencoba menggunakan kamera terlebih dahulu, tentu kamera bekas yang sebaiknya kalian pilih.
new camera
Sumber foto : Google

Namun jika kalian seorang pemula yang mempunyai niat untuk memiliki kamera dalam jangka waktu yang lama, kalian dapat memilih kamera yang baru. Hal ini menjadi pertimbangan karena kamera baru memiliki garansi yang dapat kalian gunakan jika sewaktu - waktu terjadi kerusakan pada kamera kalian, sehingga kalian tidak memerlukan biaya perbaikan ketika membetulkan kerusakan pada kamera kalian.

Berbeda jika kalian memilih kamera bekas yang rentan akan kerusakan, terlebih kalian adalah pemula yang tentu memiliki pengetahuan tentang kamera yang masih sangat terbatas. Sehingga membeli kamera bekas kurang disarankan jika kalian ingin menghindari kerusakan yang cepat atau pengeluaran biaya tambahan.

Itulah penjelasan mengenai mana yang sebaiknya kalian pilih untuk menjadi kamera pertama kalian, apakah kamera baru atau bekas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu untuk menentukan pilihan kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: