Membuat Studio Foto Sendiri Dirumah | Blog Banten Kamera

Membuat Studio Foto Sendiri Dirumah

studio foto
Sumber foto : Google
Foto merupakan salah satu hal saat ini banyak disukai oleh masyarakat, baik swafoto ataupun
foto di studio. Foto saat ini menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh orang untuk menjadi salah satu pelengkap ketika berkumpul bersama teman, mengadakan sebuah acara atau mengabadikan kebersamaan bersama teman dekat.

Studio foto saat ini menjadi bisnis yang semakin maju, terlihat dari semakin banyak bertebarannya hasil foto studio di sosial media seperti instagram, facebook, path dan lain sebagainya. Beberapa studio foto memberikan tarif yang cukup terjangkau, namun beberapa juga memasang tarif yang sangat tinggi.

Bagi kalian yang sering menggunakan jasa studio foto untuk berbagai keperluan, misalnya foto formal, foto produk dan lain sebagainya tentu merasa keberatan dengan beberapa studio yang memasang tarif tinggi.

Namun kalian tidak perlu khawatir, bagi kalian yang memang rutin menggunakan jasa studio foto, untuk meminimalisir pengeluaran untuk hal ini, kalian bisa menanggulanginya dengan membuat sendiri studio foto di rumah. Hal ini tentu dapat menekan biaya pengeluaran yang biasanya kalian keluarkan dengan jumlah yang besar dan berkelanjutan.

Untuk membuat sendiri studio foto di rumah, kalian memerlukan beberapa persiapan agar studio foto buatan kalian mampu menghasilkan foto yang tidak kalah menarik dengan studio foto berbayar. Beberapa hal yang harus kalian persiapkan diantaranya :

Menyiapkan Ruangan Kosong 
ruangan studio
Sumber foto : Google

Jika kalian memiliki ruangan lebih yang mungkin tidak digunakan, kalian dapat memanfaatkannya untuk menjadi tempat studio foto. Jika kalian tidak memiliki ruangan kosong, kalin dapat memanfaatkan beberapa ruangan didalam rumah kalian seperti ruang tamu, atau bahkan kamar kalian sendiri.

Kalian dapat memanfaatka satu sisi dinding saja, artinya tidak perlu menggunakan seluruh ruangan penuh untuk dijadikan studio foto. Tentu dengan mengubah seluruh ruangan menjadi studio foto akan menyulitka kalian ketika sudah selesai menggunakannya, tentu akan membutuhkan waktu yang lama untuk membereskan ruangan yang telah kalian gunakan.

Sebenarnya jika kalian mempunyai ruangan kosong atau menyediakan secara khusus ruangan kosong di rumah kalian untuk studio foto akan lebih memudahkan kalian, karena kalian tidak perlu memasang atau mengatur studio foto ketika akan digunakan dan tidak perlu membongkar studio foto jika sudah selesai digunakan.

Dengan memasang dan membongkar studio foto di rumah tentu lebih banyak menghabiskan waktu dan tenaga yang lebih besar dari pada kalian menyediakan ruangan khusus studio foto.

Karena jika sewaktu - waktu kalian akan menggunakannya kembali, kalian hanya tinggal mendatangi ruangan tersebut dan langsung memakainya saja.

Background Foto
black screen
Sumber foto : Google

Mengenai background foto, sebenarnya tergantung dengan kebutuhan kalian. Seperti apa hasil foto yang kalian inginkan atau apa yang akan kalian foto. Jika kalian memotret hanya untuk sebuah produk, tentu background berwarna saja sudah cukup.

Warna yang dapat kalian pilih yaitu warna hitam atau putih, kalian hanya perlu membeli beberapa meter kain dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk pilihan kain, sebaiknya gunakan kain yang dapat menyerap cahaya, hal ini akan mempengaruhi hasil foto kalian.

Jika kain yang kalian gunakan untuk menjadi background kurang bagus, maka hasil foto kalian juga akan kurang maksimal karena kain tersebut tidak mampu menyerap cahaya dengan baik. Selain itu, pastikan kain yang kalian gunakan jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis juga.

Namun jika kalian membutuhkan background foto yang unik dan berkonsep layaknya studio foto saat ini, tentu kalian tidak membutuhkan white screen atau black screen, kalian dapat menggunakan dinding secara langsung dengan menambahkan beberapa propperti yang mampu membuat hasil foto kalian menjadi lebih unik dan menarik.

Namun biasanya studio foto seperti ini digunakan untuk memotret objek manusia, atau kalian juga dapat memanfaatkannya untuk foto produk yang dipakai oleh orang seperti pakaian, jam tangan dan lain sebagainya. Biasanya beberapa iklan menggunakan model dengan background foto yang warna - warna lengkap dengan beberapa propertinya.

Lihat juga : Fotografi sebagai hobi atau profesi?

Peralatan Fotografi
peralatan studio foto
Sumber foto : Google

Peralatan apa saja yang digunakan untuk foto studio? Kalian dapat menyiapka beberapa peralatan fotografi seperti kamera, lighting, light stand, tripod dan payung. Beberapa peralatan tersebut adalah beberapa yang sering dan menjadi dasar pada studio foto. Kamera tentu menjadi salah satu alat terpenting, tanpa kamera kalian tidak akan bisa menghasilkan sebuah foto.

Untuk pilihan kamera yang kalian gunakan sebenarnya tidak ada batasan, bisa menggunakan kamera DSLR, mirrorless bahkan kamera HP yang kalian miliki. Meskipun studio foto komersial kebanyakan menggunakan kamera DSLR sebagai kamera untuk mengambil foto, namun hal tersebut bukanlah suatu hal yang mutlak yang dapat kalian ikuti.
peralatan studio foto
Sumber foto : Google

Jika kalian memiliki budget yang terbatas dan tidak memungkinkan untuk membeli kamera DSLR atau mirrorles, kalian bisa menggunakan kamera HP, tetapi jika menggunakan HP tentu hasil yang akan kalian dapat menjadi kurang maksimal.

Kecuali HP yang kalian gunakan merupakan HP yang memiliki kamera setara dengan DSLR atau memang dirancang untuk kegiatan fotografi.

Mengenai lighting atau pencahayaan, jika kalian menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, kalian dapat menggunakan flash internal atau flash eksternal ditambah dengan payung. Menggunakan flash dapat membantu menambah pencahayaan pada foto serta mengurangi noise pada hasil gambar kalian.

Untuk penggunaan payung, memang sebaiknya kalian lakukan, hal tersebut bertujuan untuk membuat hasil gambar memiliki cahaya yang lebih halus dibandingkan jika tidak menggunakan payung.

Namun jika kalian menggunakan HP kamera untuk memotret, kalian tetap disarankan menggunakan flash dari HP lain ditambah gunakanlah tisu untuk menutupi flash kamera kalian agar menghasilkan gambar dengan cahaya yang halus juga.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan dan persiapkan untuk membuat studio foto sendiri di rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian tentang studio foto buatan di rumah. Selamat mencoba!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: