Tips Foto Produk dengan Sendiri di Rumah | Blog Banten Kamera

Tips Foto Produk dengan Sendiri di Rumah

Mirrorless Canon M3
Sumber : Banten Kamera
Ketika ingin menjual atau menyewakan sebuah produk, tentu kalian akan memotret produk tersebut untuk dijadikan contoh dan sebagai bahan promosi. Dalam hal ini, promosi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seseorang yang ingin menjual dan menyewakan produknya dengan tujuan agar produknya dapat menarik pelanggan dan meningkatkan daya beli dan daya sewa.

Memoto sebuah produk dapat dilakukan dimana saja, baik di studio ditambah menggunakan jasa fotografer ataupun hanya di rumah dengan memanfaatkan peralatan yang kalian miliki. Bagi kalian yang masih baru dalam hal menjual atau menyewakan sebuah produk, memoto produk kalian di rumah hanya dengan memanfaatkan beberapa peralatan sederhana saja bukanlah suatu hal yang buruk.

Tentu hal tersebut juga dapat kalian lakukan untuk memangkas biaya pengeluaran kalian, serta hal tersebut juga akan melatih kalian untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif.Berbeda jika kalian selalu mengandalkan studio foto yang bagus dan menyewa jasa fotografer yang tentu akan meningkatkan pengeluaran kalian.

Memotret produk di rumah dapat kalian coba dan buktikan bahwa dengan memanfaatkan peralatan sederhana tetap dapat menghasilkan foto produk yang menarik dan memiliki kualitas yang bagus. Namun hal tersebut tentunya memerlukan pemanfaatan peralatan secara maksimal ketika melakukan pemotretan. Untuk itu artikel ini mencoba membantu kalian dengan memberikan beberapa tips foto produk dengan sendiri di rumah, berikut penjelasannya :

Menyiapkan Produk
Hal yang pertama yang perlu kalian lakukan adalah memastikan produk kalian siap untuk difoto. Hal tersebut perlu kalian pastikan dengan cara melihat apakah produk kalian dalam keadaan bersih dan lengkap atau tidak. Misalnya jika kalian ingin menjual kamera second/bekas, pastikan kalian membersihkannya terlebih dahulu. Selain itu, periksa apakah ada kekurangan secara fisik pada kamera kalian.

Membersihkan sebuah produk bekas merupakan salah satu strategi agar hasil foto kalian juga bagus dan bersih. Dengan produk yang bersih tentu hasil foto yang didapat lebih enak dilihat serta mampu menarik banyak orang. Berbeda jika kalian tidak memperhatikan kebersihan produk yang kalian jual, tentu hal tersebut tidak enak dilihat serta menghasilkan foto yang kurang menarik.

Kamera
Kamera DSLR
Sumber foto : Google

Alat satu ini menjadi alat yang sangat penting ketika akan memoto sebuah produk, tentu tanpa alat ini kalian tidak akan bisa menghasilkan sebuah foto. Untuk menentukan sebuah kamera apa yang kalian gunakan, kami rekomendasikan sebaiknya gunakan kamera yang mampu menghasilkan gambar yang bagus. Sebaiknya kalian menggunakan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau kamera mirrorless untuk memotret sebuah produk.

Dua jenis kamera tersebut biasaya memiliki resolusi gambar yang baik, namun untuk menghasilkan foto yang bagus juga perlu kalian imbangi dengan latihan serta mempelajari teori fotografi dasarnya terlebih dahulu.

Selanjutnya pastikan kamera kalian dalam keadaan normal dan tanpa kendala. Dengan begitu foto produk kalian akan berjalan dengan lancar dan mampu menghasilkan foto yang bagus dan menarik.

Gunakan Tripod
tripod
Sumber foto : Google

Dalam memoto sebuah produk, tripod menjadi salah satu peralatan yang bisa membantu kalian menghasilkan foto yang bagus dan stabil. Biasanya jika kalian tidak menggunakan tripod, kemungkinan buruk yang dapat terjadi yaitu hasil foto kalian kurang fokus karena kamera terguncang karena hanya mnegandalkan tangan saja. Untuk itu persiapkan tripod untuk hasil foto yang tajam dan maksimal.

Jika kalian memang tidak memiliki tripod, kalian bisa memanfaatkan benda di sekitar kalian seperti meja atau kursi sebagai tumpuan ketika kamera memotret. Dengan begitu, hasil gambar yang didapatkan akan lebih bagus dan stabil dibanding dengan hanya menggunakan tangan saja.

Memasang Background
Background merupakan hal yang penting ketika ingin memotret sebuah produk, dengan menggunakan background hasil foto produk kalian dapat terlihat dengan jelas dan bersih. Berbeda jika kalian hanya memotret tanpa background, hal tersebut dapat menghasilkan foto yang kurang menarik jika hanya memotret sebuah produk.

Dengan menggunakan background juga, seseorang yang melihat foto produk kalian dapat langsung fokus ke produk. Untuk pemilihan background kalian dapat memilih menggunakan beberapa warna, seperti hitam, putih atau warna lainnya. Hal tersebut dapat kalian sesuaikan dengan warna dari produk kalian.

Untuk bahan background, kalian dapat memanfaatkan benda yang kalian miliki, seperti kain, kertas karton atau atau hal lainnya yang dapat kalian manfaatkan dalam menggantikan fungsi background studio. Tentunya dengan menggunakan kain atau kertas karton yang kalian miliki membuat kalian tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan yang besar.

Lihat juga : 5 Penyebab Kamera Kalian Mati Total

Menyiapkan Lighting
flash eksternal
Sumber foto : Google

Cahaya merupakan unsur penting dalam foto, tanpa cahaya tentu kalian tidak akan mendapatkan hasil foto yang bagus. Untuk itu, biasanya ketika kalian memotret di dalam ruangan, cahaya yang ada terbatas dan terkadang kurang baik. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kalian bisa menggunakan cahaya bantuan dari flash eksternal.

Hal tersebut dapat kalian lakukan untuk meningkatkan pencahayaan pada hasil foto kalian, selain itu dengan menggunakan flash eksternal kalian bisa mengurangi noise pada foro produk kalian. Untuk menghasilkan foto produk yang bersih dan tajam, hindari penggunaan ISO yang terlalu tinggi karena akan menimbulkan banyak noise. Tentu hal tersebut dapat menurunkan kualitas foto dan foto jadi kurang menarik untuk dilihat.

Memotret banyak foto dan dari beberapa angle
Terakhir adalah pastikan kalian memotret produk kalian berkali - kali, hal tersebut dapat kalian lakukan untuk mengantisipasi kegagalan dalam pengambilan foto. Jika kalian mengambil banyak foto, setidaknya kalian memiliki banyak pilihan ketika foto pertama kalian kurang bagus.

Berbeda jika kalian hanya puas dengan memotret satu kali saja, tentu hal tersebut akan menyulitkan kalian jika hasil foto kalian kurang bagus.

Untuk memotret sebuah produk, sebaiknya gunakan beberapa angle. Hal ini dapat kalian lakukan untuk mengambil detail gambar secara keseluruhan. Tentu hanya dengan satu angle saja kalian tidak mampu memberikan detail gambar secara menyeluruh, untuk itu kalian harus memotret dari banyak angle, misalnya dari depan, samping, atas, bawah da belakang.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan ketika akan memotret produk di rumah, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: