Cara Memasang Flash Eksternal pada Kamera | Blog Banten Kamera

Cara Memasang Flash Eksternal pada Kamera

Flash eksternal
Sumber foto : Google
Cahaya menjadi hal penting dalam fotografi, tanpa cahaya maka tidak tercipta sebuah karya foto. Fotografi merupakan melukis dengan cahaya, sehingga hal utama dalam fotografi adalah cahaya. Cahaya yang dibutuhkan untuk fotografi pada siang hari secara alami adalah matahari, namun ketika malam hari kita pasti membutuhkan cahaya bantuan agar foto yang dihasilkan bagus.

Untuk mendapatkan cahaya yang cukup pada malam hari, kita dapat menggunakan flash internal ataupun flash eksternal. Kalian dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Namun yang perlu dikatahui bahwa, flash internal memiliki daya jangkau dan kekuatan yang terbatas. Sebaiknya jika kalian ingin memotret pada malam hari dengan jarak yang sedikit jauh, maka sebaiknya kalian memilih untuk menggunakan flash eksternal, atau bisa disebut dengan speedlight.

Jika kalian tetap menggunakan flash internal, maka hasil yang diperoleh tidak akan maksimal dan kurang bagus. Terlebih pencahayaan pada saat itu sangat minim, sehingga membuat foto mengalami noise pada hasilnya. Untuk itu, sebaiknya menggunakan flash eksternal yang memiliki daya dan kekuatan yang lebih besar dari flash internal.

Bagi kalian yang belum pernah menggunakan flash eksternal, jangan khawatir karena artikel ini akan menjelaskan mengenai tahap - tahap pemasangan flash eksternal pada kamera kalian, berikut penjelasannya :

Pastikan Baterai Flash sudah Terpasang
Flash eksternal
Sumber foto : Google

Berbeda dengan flash internal yang menyatu dengan kamera sehingga hanya mengurangi daya baterai kamera, flash eksternal membutuhkan daya dari luar kamera. Sehingga untuk membuat flash menyala, kalian perlu untuk mengisi baterai pada flash eksternal. Baterai yang digunakan biasanya berjumlah 4 buah.

Kalian dapat menyiapkan beberapa baterai cadangan untuk membuat flash kamera terus dapat digunakan. Hal ini tentu akan memudahkan kalian ketika sedang mengabadaikan sebuah momen atau kegiatan pada malam hari. Jika sewaktu - waktu flash mati karena daya baterai yang habis, maka kalian dapat langsung menggantinya. Sehingga flash kamera selalu stand by untuk kalian gunakan hingga acara berakhir.

Pasang pada kamera
Kamera DSLR
Sumber foto : Google

Ketika baterai sudah terpasang, kalian dapat langsung memasangkan flash eksternal pada kamera. Kalian dapat memsang flash eksternal pada hot shoe, atau tempat yang telah disediakan oleh kamera yang digunakan untuk flash eksternal ataupun mic eksternal.

Cara memasangnya cukup mudah, kalian hanya perlu mengepaskan pengait flash eksternal dengan hot shoe yang terdapat pada kamera. Hot shoe kamera terletak tepat di bagian paling atas kamera, berdekatan dengan flash internal.

Jika pengait sudah pas, kalian hanya perlu mendorong flash eksternal ke bagian dalam hot shoe. Untuk lebih membuat flash eksternal kuat dan tidak goyang, maka kalian perlu untuk memutar .

Atur Settingan Flash
Sebelumnya kalian perlu untuk menyalakan flash eksternal, cukup mudah kalian hanya perlu menekan tombol on pada area depan flash eksternal. Setelah baterai kamera terpasang dengan baik dan kalian sudah menyalakan flash, kalian perlu mengatur seberapa besar cahaya yang akan flash eksternal keluarkan untuk menerangi objek foto kalian.

Pengaturan ini khusus dilakukan untuk jenis flash manual. Berbeda dengan jenis flash TTL (Through the light) atau dengan nama lain adalah flash otomatis. Flash TTL tidak perlu diatur tingkat kecerahan lampu yang akan keluarnya, flash TTL mampu membaca seberapa besar cahaya yang harus dikeluarkan untuk menerangi objek yang akan difoto.

Itulah tahap pemasangan flash eksternal pada kamera. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian dan semoga menambah informasi untuk memasang flash esternal. Selamat mencoba
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: