Mengenal Picture Style di Kamera DSLR | Blog Banten Kamera

Mengenal Picture Style di Kamera DSLR

Picture style
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti
Setiap orang pasti menginginkan hasil foto yang bagus, pencahayaan yang cukup, ketajaman yang pas, tonal warna yang bagus dan lain sebagainya. Hal tersebut menjdi salah satu penentu hasil foto menjadi menarik dan enak dilihat oleh mata. Berbeda jika hasil gambar menjadi kurang fokus atau kurang cahaya, maka dapat membuat foto tersebut tidak enak atau tidak menarik untuk dilihat.

Pada dasarnya banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghasilkan foto yang bagus, meskipun kalian adalah fotografer pemula atau seseorang yang hanya sekali - kali saja menggunakan kamera. Pada era digital, memotret dan menghasilkan foto yang bagus menjadi hal yang tidak terlalu sulit. Hal tersebut karena didukung oleh beberapa fitur yang memang sudah disediakan oleh kamera.

Termasuk fitur efek yang dengan mudah dapat kalian gunakan hanya dengan memilih dan mengaturnya saja. Efek dalam kamera biasanya disebut dengan picture style, namun picture style nama efek untuk kamera canon, sedangkan nikon menggunakan nama yang sedikit berbeda yaitu picture control. Meskipun begitu keduanya sama - sama efek yang disediakan oleh kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex).

Ketika menggunakan picture style sebenarnya kita mengubah beberapa komponen didalamnya, diantaranya sharpness, contrast, saturation dan color tone. Masing - masing memiliki fungsi yang berbeda, serta tingkatan dari masing - masing komponen dapat kalian atur tergantung dari tingkat kebutuhan kalian.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis - jenis picture style pada kamera, akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai 4 komponen didalamnya, yaitu :

Sharpness
Jangan khawatir bagi kalian yang merasa bahwa hasil dari foto yang diambil oleh kamera kurang tajam, kalian dapat mnegatur tingkat ketajaman dengan mudah di picture style kamera yang kalian gunakan.

Contrast
Butuh sedikit sisi gelap pada hasil foto kalian? jangan khawatir, kamera DSLR juga menyediakan contrast yang dapat kalian atur sesuka hati berdasarkan keinginan dan kebutuhan kalian.

Saturation
Jika kalian menyukai hasil foto dengan warna - warna yang lebih pekat dari biasanya, kalian dapat memanfaatkan saturation yang ada pada kamera DSLR kalian, dengan begitu kalian dapat mengubah sesuai dengan keinginan kalian.

Color tone
Masih dengan warna, color tone berfungsi untuk menggeser warna agar lebih akurat.

Pada kamera canon DSLR 1100D terdapat 6 pilihan picture style yang telah disediakan oleh kamera, atau bisa disebut dengan picture style bawaan, diantaranya yaitu :

Standard 
Ini merupakan salah satu jenis picture style yang menghasilkan gambar biasa. Namun kalian dapat mengatur beberapa komponen yang telah disebutkan diatas. Seperti sharpness, contrast, saturation dan color tonenya.

Lihat juga : 5 Rekomendasi Lensa yang Cocok untuk Jurnalis

Portrait
Picture style ini lebih bagus digunakan untuk memotret manusia dari dekat atau haya memotret bagian wajah saja

Landscape
Landscape
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Seperti namanya, jika kalian ingin memotret pemandangan sebaiknya gunakan picture style ini

Neutral
picture style ini menghasilkan foto asli tanpa olah, sehingga ketika menginginkan gambar yang lebih bagus kita dapat mengolah hasil foto kembali

Faithful
yang satu ini merupakan picture style yang akan menghasilkan warna yang bagus karena mempertahankan warna asli dari objek

Monochrom
Monokrom
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Terakhir adalah monochrom yang menghasilkan foto tanpa warna apapun selain hitam dan putih.

Namun bagi kalian yang masih merasa kurang dengan picture style yang telah disediakan oleh canon, kalian dapat mengisi efek pada kamera kalian. Kamera DSLR telah menyediakan 3 tempat picture style yang keseluruhannya dapat diisi sesuai dengan picture style yang kalian inginkan.

Untuk pengisian kalian dapat mengisinya sendiri atau mendatangi tempat yang menyediakan jasa isi efek pada kamera DSLR.

Itulah penjelasan dan beberapa macam picture style yang terdapat pada kamera DSLR. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba menggunakan picture style pilihan kalian.

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: