5 Rekomendasi Lensa yang Cocok untuk Jurnalis | Blog Banten Kamera

5 Rekomendasi Lensa yang Cocok untuk Jurnalis

Bagi seorang jurnalis, foto merupakan hal yang penting. Foto dan berita merupakan satu kesatuan yang utuh. Tidak dapat dipisahkan, jika berita menjelaskan secara deskriptif lewat tulisan, foto menjelaskan informasi melalui visual. Keduanya saling mendukung satu sama lain.

Oleh karena itu selain mampu menangkap informasi dan menyampaikan kepada masyarakat lewat tulisan, jurnalis juga harus mampu memberikan informasi dan menyampaikannya lewat sebuah foto.

Untuk menunjang hasil foto jurnalistik yang maksimal, tentu seorang jurnalis membutuhkan peralatan yang memadai seperti kamera, lensa dan perlatan lainnya.

Meskipun begitu, jurnalis lebih banyak hanya menggunakan kamera dan lensa untuk mengambil foto. Dalam mengambil gambar, pasti jurnalis akan berada di tempat dan kondisi yang berbeda - beda setiap waktunya, sehingga seorang jurnalis akan membutuhkan jenis lensa yang berbeda pula untuk menangkap sebuah peristiwa yang akan ia siarkan.

Artikel ini akan menjelaskan 5 lensa yang cocok untuk digunakan oleh seorang jurnalis dalam menangkap foto jurnalistik, berikut penjelasannya :

Lensa Kit
Sumber foto : Google

Mengapa hanya membutuhkan lensa kit? seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi serta tempat liputan jurnalis berbeda - beda tiap waktunya. Meskipun begitu, lensa ini cocok untuk digunakan oleh seorang jurnalis yang berada dalam ruangan yang tidak terlalu luas. Selain itu lensa ini sangat direkomendasikan untuk jurnalis pemula yang masih dalam tahap pemula dalam menggunakan kamera.

Lensa Super Tele
Sumber foto : Google

Berita memiliki jenis yang bermacam - macam, namun lensa ini cocok digunakan untuk jenis berita olahraga. Seperti yang kalian ketahui bahwa kursi penonton dengan pemain sangat jauh jaraknya, sehingga jika ingin menangkap moment yang jelas dan detail, jurnalis sebaiknya menggunakan lensa super tele.

Lihat juga: Beberapa langkah untuk Menghasilkan Gambar Bulb.

Dengan begitu jurnalis akan mendapatkan gambar yang jelas meskipun diambil dari jarak yang cukup jauh. Jenis olahraga yang biasanya banyak menjadi bahan pemberitaan adalah sepakbola. Jarak lapangan yang sangat lebar dan jarak jurnalis yang cukup jauh dengan pemain membuat lensa ini sangat dibutuhkan oleh seorang jurnalis olahraga.

Lensa Wide
Sumber foto : Google

Lensa ini cocok untuk digunakan oleh seorang jurnalis yang yang menangkap peristiwa besar, seperti bencana alam atau perang. Biasanya jika terjadi bencana alam maka akan terjadi banyak kerusakan dimana - mana, sehingga lensa ini cocok digunakan jika seorang jurnalis ingin mendapatkan gambar yang menyeluruh atau lebar.

Sehingga pembaca atau pemirsa akan mendapatkan gambaran dan informasi yang jelas karena melihat gambar dengan cakupan yang cukup luas.

Lensa fix
Sumber foto : Google
Biasanya seorang jurnalis memotret tokoh atau seseorang yang akan menjadi bahan pemberitaan, oleh karena itu lensa fix cocok digunakan agar mendapatkan hasil foto yang jelas tanpa perlu terlalu berada di jarak yang dekat dengan seseorang yang difoto. Contohnya berita human interest.

Lensa Tele
Sumber foto : Google
Untuk memberitakan sebuah event atau acara yang cukup besar lensa ini cocok untuk menangkap peristiwa penting dalam acara tersebut. Seperti acara musik, festival tahunan, budaya dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan lensa ini, jurnalis tidak perlu berada terlalu dekat dengan panggung acara dan akan mendapatkan gambar yang cukup jelas meskipun dalam kondisi yang ramai dan dari jarak yang jauh. Karena jika jurnalis berada dalam jarak yang sangat dekat dengan panggung, hal tersebut bisa menghalangi pandangan dari penonton acara event tersebut.

Itulah jenis - jenis lensa yang cocok digunakan oleh seorang jurnalis, tentunya sesuai dengan fungsi dan kondisi masing - masing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terutama bagi kalian seorang jurnalis maupun pecinta fotografi jurnalistik.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: