Beberapa langkah untuk Menghasilkan Gambar Bulb | Blog Banten Kamera

Beberapa langkah untuk Menghasilkan Gambar Bulb

BULB
Sumber foto : Google
Fotografi memiliki berbagai macam teknik yang berfungsi untuk memperindah fotografi, bagi kalian yang suka memotret foto dengan menggunakan beberapa teknik fotografi, pasti tidak asing dengan teknik bulb. Apa itu teknik bulb? Bulb adalah pengaturan shutter speed dalam kamera yang dengan menggunakan waktu yang lebih lama.

Teknik bulb merupakan menggambar menggunakan cahaya, berbeda dengan pengertian fotografi yang berarti melukis dengan cahaya. Simpelnya bulb merupakan memotret cahaya diatas cahaya. Fotografi pada dasarnya melukis dengan cahaya, tanpa cahaya maka tidak ada gambar yang dapat ditangkap. Tetapi dengan teknik bulb kita biasanya membutuhkan cahaya lain yang digunakan untuk melukis atau menggambar.

Teknik ini biasanya menghasilkan foto yang unik dan didominasi oleh cahaya, hasil dari teknik bulb ini dapat berupa garis – garis cahaya, gambar manusia hingga tulisan. Tergantung seperti apa gambar bulb yang kalian inginkan. Untuk menghasilkan teknik bulb yang bagus dan keren, tentu kalian harus menerapkan beberapa langkah dan tips. Berikut adalah beberapa langkah – langkah untuk membuat teknik bulb :

Shutter speed rendah
Hal ini merupakan yang terpenting dan utama ketika kalian ingin menggunakan teknik bulb untuk mengambil foto. Shutter speed yang sebaiknya digunakan merupakan shutter yang terendah atau terlambat yang ada pada kamera kalian. Kamera DSLR pada umumnya memiliki shutter terendah yaitu bulb dan 30 detik. Untuk memotret jalanan, jika terlalu cepat shutter speed yang kalian gunakan maka cahaya yang tertangkap tidak begitu padat dan bagus.

Namun jika kalian menggunakan bulb untuk memotret cahaya lampu yang dilukis, namun dengan shutter yang kurang lama maka akan membuat kalian terburu – buru dalam melukis cahayanya, dengan begitu hasil yang didapatkan menjadi kurang maksimal dan kurang indah

Menggunakan Tripod
Tripod kamera
Sumber foto : Google
Alat satu ini memiliki peran yang snagat penting ketika kalian ingin menggunakan teknik bulb, bagaimana tidak? Dengan shutter speed yang sangat lambat tentu kalian tidak mungkin memegang kamera dalam waktu selama itu untuk menangkap gambar tanpa gerakan sedikitpun. Kalaupun anda nekat menggunakan teknik bulb tanpa menggunakan tripod, hasil yang anda dapatkan akan berbeda dengan foto yang menggunakan tripod

Alternatif lain ketika kalian ingin menggunakan teknik bulb tanpa tripod, kalian dapat memanfaatkan benda sekitar yang fungsinya untuk menyimpan kamera yang sedang menangkap gambar bulb. Biasanya yang digunakan adalah tembok, meja, pagar dan lain sebagainya. Namun kelemahan dari penggunaan benda sekitar sebagai pengganti tripod yaitu tidak dapat menangkap foto sesuai dengan yang kita inginkan.

Berbeda jika yang akan kalian foto adalah tulisan atau gambar yang dibuat dari cahaya senter, lampu maupun lilin, foto – foto hasil dari cahaya benda tersebut dapat kalian atur sehingga tetap mendapatkan hasil foto yang bagus meskipun tanpa tripod

Jalan Raya Ramai dan Lancar
Slow speed
Sumber foto : Google
Salah satu objek yang dijadikan objek foto bulb yaitu jalan raya, oleh karena itu sebelum memulai memotret kita perlu untuk menentukan jalan mana yang akan kita potret. Pilihlah jalan utama yang memang banyak dilalui kendaran dengan intensitas yang sering hingga banyak. Pastikan kedua sisi jalan memiliki intensitas kendaraan yang sama, sehingga tidak berat sebelah ketika dipotret.

Ide Menarik
Seorang fotografer memang dituntut untuk memiliki banyak ide yang menarik, dari sebuah ide yang menarik akan mendapatkan hasil foto yang indah dan unik. Terlebih jika kita memilih bulb yang melukis cahaya menggunakan alat bantu seperti senter, lilin atau lampu warna - warni. Tentu harus mempunyai ide yang unik dan menarik untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan berbeda dengan yang lain.

Manfaatkan Jembatan Penyeberangan
Untuk mengambil gambar bulb jalan raya, biasanya kita mengambil gambar dari atas jembatan penyeberangan, dengan menggunakan jembatan penyeberangan kita akan mendapatkan gambar yang lebih luas dibandingkan memotret bulb dari pinggir jalan.  

Itulah beberapa hal yang harus kalian agar dapat memotret bulb dengan baik serta menghasilkan foto yang bagus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba menggunakan teknik bulb!

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: