Tips Foto Konser Malam Hari | Blog Banten Kamera

Tips Foto Konser Malam Hari

Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti
Konser menjadi salah hal menarik untuk menjadi sumber hiburan demi guna menghilangkan penat dan jenuh yang sedang melanda. Hampir setiap orang yang menyukai musik pasti menyukai konser musik juga. Terlebih jika artis atau penyanyi yang tampil adalah penyanyi idola. Tidak hanya menikmati alunan musik melalui telinga, kita juga terkadang ingin untuk mengabadikan moment tersebut.

Bagi kalian yang menyukai konser musik dan tidak pernah lupa untuk mengabadikan moment tersebut, tentu kalian menginginkan hasil foto yang bagus kan? Jika konser musik diadakan pada siang hari, cara serta pengaturan kamera kita tidak terlalu berbeda dengan mengambil foto untuk kegiatan lain. Karena pada siang hari cahaya yang tersedia cukup baik meskipun tanpa bantuan cahaya buatan seperti continuous light.

Namun berbeda jika konser musik diadakan pada malam hari, tentu kalian harus menyesuaikan cahaya, kecepatan memotret dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar mendapatkan hasil foto konser yang bagus pada malam hari, berikut penjelasannya :

Dekat dengan Stage
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Hal ini untuk diterapkan untuk kalian yang menggunakan kamera dengan lensa yang standar namun menginginkan hasil foto musisi yang utuh dan jelas. Meskipun kalian hanya menggunakan kamera dengan lensa standar atau kit, anda tetap akan mendapatkan foto musisi favorit anda dengan hasil yang utuh dan bagus.

Berbeda jika kalian berada di tempat yang jauh dari stage, meskipun anda dapat menggunakan lensa tele, konser musik pasti dalam keadaan ramai dan sesak, hal tersebut dapat menyulitkan kalian untuk mendapat gambar yang utuh karena objek utama yang akan dipotret terkadang terhalang oleh penonton atau fotografer lain.

Hindari Penggunaan Flash
Ketika mengadakan suatu kegiatan atau event, ada peraturan yang selalu diterapkan agar event tersebut dapat berjalan dengan lancer, tanpa kendala dan bintang tamu yang perform tetap merasakan kenyamanan ketika berada di atas panggung. Peraturan yang paling sering dihimbau kepada seluruh penonton yaitu tanpa menggunakan flash.

Lampu flash biasanya dapat mengganggu bintang tamu saat perform karena cahaya yang keluar dari flash kamera dapat menghlangi pandangan bintang tamu atau musisi yang berada di atas panggung. Oleh karena itu, agar kalian mengabadikan moment tersebut dengan lancer, sebaiknya patuhi peraturan yang telah ditetapkan

Atur Pencahayaan Kamera dengan Baik
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Berbeda ketika pelaksanaan konser musik diadakan pada siang hari, pada malam hari tentu kita harus mengatur pencahayaan kamera kita dengan baik, terlebih kita biasanya tidak diperkenankan menggunakan flash kamera. Untuk mengantisipasi pencahayaan yang kurang, sebaiknya anda mengatur ISO tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil yaitu sekitar 1600 sampai dengan 6400.
Selain itu kalian harus menyelaraskan bagian segitiga exposure yang lain yaitu shutter speed dan diafragma.

Untuk konser malam hari sebaiknya kalian menggunakan shutter 1/200 dan difragma di angka f/5.6. Dengan begitu hasil foto kalian jernih dan tidak banyak noise. Namun hal tersebut dapat kalian sesuaikan kembali dengan kondisi pencahayaan dan tempatnya, karena setiap konser memiliki pencahayaan dan kondisi yang berbeda – beda

Gerak Cepat
Maksud gerak cepat disini, kalian harus bisa menangkap moment dengan cepat karena posisi dari musisi yang selalu berpindah – pindah dengan cepat maka kalian harus cepat mengabadikan moment yang seru dan posisi yang bagus.

Setiap peristiwa dalam konser biasanya terjadi sekali, artinya tanpa pengulangan, oleh karena itu di sela – sela menikmati alunan musik, kalian juga harus waspada terhadap gerakan – gerakan objek yang akan kalian bidik, agar tidak ketinggalan moment untuk diabadikan.

Minimalisir Guncangan/hand shake
Meskipun harus selalu gerak cepat dalam menangkap moment di atas panggung, tentu kalian harus memperhatikan gerakan tangan kalian agar hasil foto yang kalian dapatkan tidak goyang atau blur. Ketika pelaksanaan konser musik, pasti penonton yang hadir dalam jumlah yang banyak dan pasti akan saling berhimpitan satu sama lain, dengan begitu dapat mengakibatkan gesekan antar penonton yang membuat tangan kalian yang sedang memegang kamera ikut bergerak.

Sebaiknya anda tetap meminimalisir gerakan dengan tetap tenang atau kalian dapat menggunakan stabilizer yang terdapat dalam lensa kalian. Selain itu, tangan kalian yang terlalu kelelahan karena memegang dan mengangkat kamera keatas menjadi salah satu penyebab goncangan terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya kalian sesekali menurunkan kamera kalian untuk meminimalisir kekalahan dalam memegang kamera.

Itulah beberapa tips agar kalian mendapatkan hasil foto konser musik yang bagus meskipun malam hari, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian, khususnya kalian yang menyukai memotret konser pada malam hari.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: