Fungsi ViewFinder Kamera yang Sebenarnya | Blog Banten Kamera

Fungsi ViewFinder Kamera yang Sebenarnya

Fungsi ViewFinder Kamera
Foto: Photography Stack Exchange
Fungsi ViewFinder Kamera - ViewFinder atau jendela bidik kecil yang ada pada kamera berfungsi untuk melihat objek dan menampilkan pengaturan dari kamera secara langsung.

Bagi pengguna pro, menggunakan viewfinder tentu sudah keharusan karena pengaturan yang ada pada kamera sudah tertampil juga di viewfinder jadi tidak perlu melihat layar lagi.

Bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan viewfinder biasanya akan sedikit membuat mata sakit atau pegal.

Melihat objek secara langsung lewat layar memang membuat mata terasa lega atau luas, tetapi akan ada kekurangan yang membuat kamera membutuhkan kinerja tambahan.

Terlalu banyak menggunakan layar untuk melihat objek secara langsung, baterai pada kamera akan cepat terpakai, jadi sudah pasti baterai kamera cepat habis atau boros.

Selain itu pula shutter unit yang bertugas mengambil gambar di dalam kamera membutuhkan waktu sedikit lama ketika mengambil objek saat menggunakan layar atau mode live view.

Sedangkan menggunakan viewfinder kamera mata ketika akan mudah melihat fokus objek, dikarenakan kita tidak akan melihat objek lain selain objek yang akan dibidik melalui viewfinder.

Pertanyaannya manakah yang lebih bagus? Lebih baik menggunakan viewfinder atau layar lcd saja?


Tidak ada yang mana benar dan salah dalam penggunaannya, hanya saja dimana kamu merasa nyaman ketika menggunakan layar atau viewfinder.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: