Harga Kamera Nikon D3100 dan Spesifikasi Lengkap | Blog Banten Kamera

Harga Kamera Nikon D3100 dan Spesifikasi Lengkap

Harga Kamera Nikon D3100 dan Spesifikasi Lengkap
Sumber foto: Seth 890603

Nikon merupakan salah satu dari banyaknya brand kamera terkenal yang telah banyak beredar di pasaran, dan kamera DSLR-nya sendiri adalah salah satu tipe kamera yang paling banyak menarik perhatian penggunanya hingga saat ini.

Untuk saat ini, Nikon telah berhasil memproduksi banyak seri kamera DSLR yang pastinya akan selalu membuat kamu terpukau dengan segala kemampuannya. Seperti halnya Kamera DSLR Nikon D3100 yang satu ini. Kamera yang dirilis pada bulan Agustus tahun 2010 lalu ini, seperti kebanyakan seri-seri DSLR lainnya, memang telah memiliki banyak sekali keunggulan yang tentunya tetap dibalut dengan harga yang cukup murah untuk kamu.

   Lihat juga: Daftar Harga Kamera Nikon Dibawah 2 Jutaan

Baik pemula maupun fotografer profesional sekalipun, kamera yang satu ini akan sangat cocok untuk digunakan karena telah didesain sedemikian rupa agar dapat dengan mudah digunakan dari berbagai level pengguna.

Dan bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan kamera Nikon D3100 ini, ada baiknya untuk kamu mengetahui lebih lanjut lagi akan spesifikasi lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Lengkap Nikon D3100
Nikon D3100
Sumber foto: Markuslajer

Nikon merupakan salah satu kamera DSLR yang memiliki resolusi sensor kamera sebesar 14,2 MP tipe CMOS DX-format. Kamera ini bukan hanya dilengkapi dengan fitur live view-nya namun juga resolusi maksimum video Full HD 1080p pada 24fps. Nikon D3100 sendiri merupakan kamera DSLR Nikon pertama yang menawarkan kemampuan merekam video pada 1920x1080p.

Untuk ISO-nya sendiri, Nikon D3100 dipandang memiliki rentang yang cukup panjang untuk ukuran kamera pemula, yaitu 100-3200 yang masih dapat kamu perbesar hingga 12800. Hanya saja, untuk kemampuan noise reduction-nya sendiri, D3100 masih belum bisa meminimalisir noise pada tingkat ISO 3200. Tapi kamu perlu memaklumi, karena kamera ini keluar sejak 8 tahun yang lalu, Pembaca.
Hasil foto Nikon D3100
Sumber foto: Digital Photography Life

Prosesornya pun masih menggunakan Expeed 2 processor, yang sementara untuk saat ini sudah hadir Prosesor Expeed 5 hingga 5A di beberapa kamera Nikon profesional lainnya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kamera dengan kualitas yang jauh lebih baik sekalipun jika digunakan oleh seorang amatiran, hasil fotonya tetap tidak akan semenarik karya para profesional. Ingatlah, semuanya bergantung pada trik!

Hal lain yang membuat kamera ini dapat tampil unggul pada levelnya adalah kehadiran fitur D-Lighting yang akan sangat memudahkan kamu dalam menggunakan kamera yang satu ini. Apa sih D-Lighting itu?

D-Lighting merupakan salah satu fitur kamera Nikon, yang dapat menyesuaikan hasil gambar kamu dengan banyaknya cahaya yang datang. Misalnya seperti saat kamu akan memotret suatu objek yang memiliki intensitas cahaya tinggi, Nikon D3100 akan berusaha meminimalisir intensitas cahayanya agar dapat meningkatkan kualitas foto kamu. Akan berlaku juga pada kondisi sebaliknya.

Hasil foto Nikon D3100
Sumber foto: YouTube
Selain itu, Nikon D3100 juga mampu melakukan autofocus secara kontinu (AF-F) pada mode video, yang pada masa rilisnya, membuat kamera ini menjadi kamera DSLR pertama yang memiliki kemampuan autofocus secara kontinu. Sayangnya, pada saat lensa kamera sedang mempertahankan fokusnya pada objek, suara autofocus-nya masih cukup terdengar mengganggu pada hasil video kamu.

Port microphone-nya sendiri pun masih belum tersedia, sehingga kamu tidak bisa menghindari suara mengganggu dari autofocus lensanya ini, selain melakukan pengeditan.

Namun, untuk ukuran entry-level, kamera ini memang memiliki kemampuan yang sudah sangat mumpuni untuk kamu dapat mempelajari dunia fotografi maupun videografi. Untuk bobotnya sendiri, kamu tidak perlu khawatir karena Nikon D3100 hanya memiliki bobot sebesar 0,5 kg saja yang tentunya tidak akan memberatkan kamu saat membawanya.

Membicarakan soal layar LCD, kamera ini memiliki layar LCD berukuran 3 inchi dengan resolusi 230,000 dots saja. Mungkin memang belum yang secanggih kamera sekarang, ya? Tapi sekali lagi, kamera ini memang disesuaikan dengan kebutuhan kamu, para pemula!
Hasil foto Nikon D3100
Sumber foto: nikonites.com

Kamera ini pun sudah memiliki 11 titik autofocus pada jendela bidiknya yang tentunya sudah lebih unggul 2 titik dengan kamera lain di tingkatnya. Fokus pada kameranya sendiri, dapat kamu kunci disaat kamu memerlukannya.

USB, mini port HDMI, serta daya tahan baterai yang cukup baik juga akan menjadi nilai tambahan dari kamu untuk Nikon D3100 ini.

Harga Terbaru Nikon D3100

Untuk harganya sendiri, kamu bisa mendapatkan kamera ini lengkap dengan lensa kit 18-55mm bawaannya seharga Rp 3,650,000 saja. Sementara untuk harga badan kameranya saja, Nikon D3100 dihargai sebesar Rp 3,000,000 saja, Pembaca!

Jadi, itulah harga serta spesifikasi lengkap Nikon D3100 saat ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: