Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menggunakan Kamera Instan | Blog Banten Kamera

Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menggunakan Kamera Instan

Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menggunakan Kamera Instan
Sumber foto: DPReview

Dalam menggunakan sebuah kamera, pastinya akan selalu ada saat dimana kamu mengalami sebuah kegagalan, dan kegagalan ini sendiri bisa jadi merupakan salah satu dari kesalahan yang disebabkan oleh ketidaktahuan kamu akan menggunakan sebuah kamera dengan sebaik-baiknya.

Seperti halnya pada saat kamu menggunakan sebuah kamera instan. Banyak hal yang perlu kamu ketahui serta hindari untuk dapat menjauhi kesalahan saat kamu menggunakan kamera instan atau polaroid.

   Lihat juga: Kamera Instan Terbaik Tahun 2018

Dan berikut adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan kamerainstan atau polaroid!

1. Tidak Membaca Buku Manual
Instax mini 8
Sumber foto: Tentang GoToMalls

Kesalahan pertama yang sering sekali dilakukan oleh kebanyakan dari kamu saat membeli sebuah kamera adalah langsung menyingkirkan Buku Manual dan justru terus mengabaikannya bahkan hingga tanpa sadar kamu telah membuangnya.

Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk, nih, Pembaca!

Menyisihkan waktu untuk membaca buku manual sebelum menggunakannya adalah sebuah keharusan. Akan ada banyak hal yang dapat menjadi pengetahuan tambahan untuk kamu bila kamu mempunyai kemauan untuk membaca buku manual yang sering kamu singkirkan ini.

Di dalamnya pun juga tertulis dengan jelas apa-apa yang harus serta tidak kamu lakukan selama menggunakan kamera yang kamu miliki.

2. Lupa Menyesuaikan Pengaturan Kamera
polaroid picture
Sumber foto: Amino Apps

Lupa menyesuaikan pengaturan yang ada pada kamera instan kamu merupakan salah satu kesalahan fatal yang sering sekali terjadi saat kamu menggunakannya. Kenapa? Karena seperti yang kamu ketahui, kamera instan sangat-sangat berbeda dengan kamera digital kebanyakan.

Bila kamu menggunakan kamera digital, mungkin satu buah kesalahan yang sering kali dapat terjadi bukanlah suatu masalah besar untuk kamu, karena kamu tentu saja dapat mengulanginya berkali-kali tanpa harus membayar uang sepeserpun.

Namun, akan berbeda lagi ceritanya bila kamu menggunakan kamera instan sebagai kamera kamu. Tahu, 'kan, berapa harga satu kotak kertas film yang dijual di pasaran? Satu buah kertas film saja bisa mencapai hingga 14 ribuan.
polaroid picture
Sumber foto: Odyssey

Dengan harga yang setinggi itu, tentunya kamu tidak akan mau menghasilkan sebuah kesalahan atas dasar lupa menyesuaikan pengaturan yang ada pada kamera instan kamu, bukan?

Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu menyesuaikan pengaturan eksposure, lebar aperture, shutter speed, dan pengaturan lainnya pada kamera instan kamu, karena kamu hanya memiliki satu kesempatan memotret berharga 14 ribuan.

3. Mengibas-ngibaskan Kertas Film

Yang satu ini mungkin salah satu kesalahan paling umum yang sering terjadi saat kamu menggunakan kamera instan, ya? Ide ini sebenarnya muncul pada saat sebuah lagu tentang kamera polaroid mulai populer dan ditonton oleh berjuta-juta viewers.

Padahal, mengibas-ngibaskan kertas film hanya berlaku untuk kertas film polaroid kala itu. Perlu kamu ketahui, melakukan hal seperti ini sebenarnya sama sekali tidak akan berpengaruh pada cepatnya proses pemunculan hasil foto kamu, justru hal ini malah akan merusaknya.
Akibat mengibaskan kertas film
Sumber foto: Photogaphy Concentrate

Pada buku manualnya sendiri, sudah sangat jelas tertulis bahwa kamu dilarang melakukan hal demikian, karena dapat mengganggu bahan kimia yang ada pada kertas film kamu dan memperburuk hasil foto kamu.

4. Membuka Penutup Slot Kertas Film disaat Masih Ada Film Tersisa
Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menggunakan Kamera Instan
Sumber foto: Instructables

Kesalahan umum selanjutnya yang perlu banget untuk kamu hindari adalah membuka penutup slot kertas film disaat masih ada film yang tersisa di dalamnya. Kenapa hal ini bisa dijadikan suatu kesalahan?

Sebagai pengingat saja, kertas film yang didesain untuk kamera instan kamu, sangat sensitif terhadap pancaran cahaya. Sehingga jika kamu membuka penutup slot kertas film pada kamera instan kamu, cahaya akan dapat dengan mudah masuk ke dalam yang kemudian akan merusak kertas film yang tersisa di dalamnya.

Lalu bagaimana kita tahu masih ada sisa kertas film di dalamnya? Untuk pertanyaan yang satu ini, kamu tidak perlu khawatir, karena kamera instan modern saat ini telah didesain dengan fitur yang akan mempermudah kamu untuk mengetahui jumlah sisa atau habis/tidaknya kertas film di dalamnya.

5. Meletakkan Hasil Foto dengan Sembarang
Kamera Polaroid
Sumber foto: Cool Hunting

Meletakkan hasil foto di sembarang tempat atau meletakkannya secara bertumpuk dan berserakan juga sebenarnya adalah sebuah kesalahan yang tentunya tidak baik dilakukan untuk hasil foto-foto kamu. Kenapa?

Karena bila kamu melakukan hal yang satu ini, kamu akan menimbulkan banyak goresan pada foto kamu atau bisa saja mengakibatkan hal yang jauh lebih buruk lagi dari hanya sekedar goresan. Tentunya, lagi-lagi kamu perlu mengingat uang yang pelu kamu habiskan untuk bisa mendapatkan foto-foto tersebut.
Album Foto polaroid
Sumber foto: ArraCos

Sebaiknya simpan saja hasil foto-foto kamu ke dalam sebuah album sebagai bentuk perawatan yang baik.

6. Memotret Terlalu Dekat dengan Subjek Foto
Memotret dengan Polaroid
Sumber foto: abc.net.au

Memotret subjek foto terlalu dekat juga dapat menjadi salah satu masalah yang sering sekali dilakukan saat menggunakan kamera instan kamu.

Seperti yang kamu tahu, setiap kamera memiliki fokus minimum-nya sendiri, termasuk kamera instan kamu. Dan bila kamu memotret dengan jarak yang jauh lebih kecil dari fokus minimum kamera kamu, maka hal ini dapat berakibat pada buramnya hasil foto kamu.

Kamu tentu tidak mau, 'kan, harus membuang satu kertas film hanya karena hasil foto yang terlalu nge-blur?

Berlaku juga sebaliknya, bila kamu memotret terlalu jauh, justru objek foto kamu akan tampak tak terlihat, mengingat ukuran frame Film yang tersedia memang didesain tidak sebesar itu. Jadi, usahakan saja untuk bisa memenuhi frame Film kamu dengan objek menarik yang kamu ambil.

7. Memotret Objek yang Terlalu Bercahaya

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, kertas film sangat sensitif terhadap cahaya yang datang. Hal ini juga berlaku pada saat kamu memotret objek yang memiliki intensitas cahaya yang sangat tinggi seperti halnya matahari.
Akibat memotret objek terlalu terang
Sumber foto: Photography Concentrate

Memotret objek yang memiliki intensitas cahaya terlalu tinggi dapat mengakibatkan munculnya objek berwarna hitam yang tentunya akan sangat merusak hasil foto kamu nantinya. Kamu pun perlu berhati-hati pada saat menghadapkan kamera instan kamu pada cermin dengan menyalakan flash, karena hal ini pun akan berakibat sama pada hasil foto kamu.

Jadi, itulah beberapa kesalahan yang memang sering terjadi pada saat menggunakan kamera instan atau polaroid kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, serta sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: