Cara Mudah Membuat Light Painting dengan Kamera DSLR | Blog Banten Kamera

Cara Mudah Membuat Light Painting dengan Kamera DSLR

Cara Mudah Membuat Light Painting dengan Kamera DSLR
Sumber foto: Fiveprime

Untuk menjadi seorang fotografer sejati, kamu tentunya perlu banget untuk dapat mengetahui segala trik yang bisa kamu lakukan dengan kamera kamu. Dengan begitu, kamu akan dapat melaksanakan kegiatan fotografi atau bahkan videografi tanpa harus selalu terpaku dengan menggunakan mode auto pada kamera DSLR kamu.

   Lihat juga: Sebaiknya Menggunakan Mode Otomatis atau Manual pada Kamera?

Tidak mudah memang, untuk bisa menggunakan kamera kamu dengan mode manual bila kamu masih terkategori sebagai fotografer pemula. Namun, seperti yang kamu tahu, segalanya akan terasa berbeda bila kamu mau berusaha. Anggapan bahwa mempelajari dunia fotografi itu terlalu luas dan sulit untuk dipelajari tentunya tidak akan muncul lagi di benak kamu.

Seperti mempelajari teknik pembuatan light painting dengan kamera DSLR ini. Dalam membuat light painting, menggunakan mode auto pada kamera akan terasa sia-sia dilakukan, jadi kamu perlu menggunakan mode manual untuk mengatur setting-an kamera kamu sendiri.

Selain itu, kamu juga perlu banget untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk kamera DSLR kamu, nih, Pembaca!

Atur Shutter Speed Selambat Mungkin
Light painting
Sumber foto: Moselo

Untuk bisa mendapatkan foto kreasi light painting, pengaturan shutter speed merupakan salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan. Tenang saja, mengatur shutter speed tak akan sesulit itu, kok!

Dalam membuat light painting dengan kamera DSLR kamu, pastikan saja kamu telah mengaturnya dengan waktu selambat mungkin. Mungkin untuk kamu yang masih belum memahami konsep shutter speed, kamu bisa menganggapnya sebagai jangka waktu yang diperlukan kamera kamu untuk menimbulkan bunyi 'cekrek' setelah kamu menekan tombol shutter yang mengartikan kamera kamu telah berhasil menangkap gambarnya.

Dan jeda waktu yang terjadi sebelum menimbulkan bunyi 'cekrek' inilah, saat dimana kamera kamu akan merekam gerakan tangan kamu saat melukis dengan cahaya dan menghasilkan foto yang unik serta indah.

Umumnya, shutter speed terlambat yang bisa kamu gunakan dengan kamera DSLR adalah sekitar 15-30 detik. Atur saja sesuai dengan kebutuhan kamu.

Gunakan Angka Aperture yang Besar
Light painting
Sumber foto: ABC Open

Idealnya saat kamu akan membuat sebuah foto dengan kreasi light painting kamu perlu menggunakan aperture antara f/8 hingga f/22, karena konsep kerja aperture sendiri adalah semakin besar angkanya maka akan semakin lebar pula depth of field yang akan dihasilkan.

Tentu saja dalam membuat foto kreasi light painting kamu menginginkan semua yang tertangkap pada foto kamu akan tampak tajam dan tidak buram.

Soal mengatur lebih baik menggunakan aperture yang mana antara f/8 hingga f/22, kamu hanya perlu menyesuaikannyda dengan kondisi dimana kamu memotret. Bila tempat kamu memotret terlalu gelap dan kamu butuh lebih banyak cahaya yang masuk, maka gunakanlah aperture f/8. Berlaku pula sebaliknya.

Gunakan Nilai ISO Rendah
Light painting
Sumber foto: Pictureline

Menggunakan nilai ISO yang rendah merupakan salah satu cara untuk menghindari efek noise atau hasil foto grainy yang akan nampak buruk dan menjengkelkan kamu nantinya. Selain itu, saat kamu akan membuat sebuah foto light painting, kamu tidak begitu memerlukan hasil foto yang terlalu cerah bila kamu hanya ingin menonjolkan objek light painting-nya.

Nilai ISO yang sesuai digunakan untuk membuat kreasi foto light painting adalah mulai dari 100-400. Kamu bisa menggunakan angka 400 bila kondisi tempat kamu memotret terlalu gelap dan kamu tidak memiliki sumber cahaya pendukung lainnya.

Gunakan Tripod
Tripod untuk light painting
Sumber foto: Spiral Light Painting Photography

Saat kamu menggunakan tingkat shutter speed yang lambat pada kamera DSLR kamu, hanya menggunakan tangan kamu untuk memotret bukanlah hal yang tepat dilakukan, karena akan membuat hasil foto kamu nampak buram dengan kualitas yang buruk.

   Lihat juga: Penyebab Hasil Kamera DSLR Buram

Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan tripod untuk selalu menstabilkan kamera kamu kala memotret. Sebenarnya, kamu bisa menggunakan alternatif lain selain tripod bila kamu tidak memiliki satu. Kamu bisa saja memotret dengan hanya menggunakan tangan kamu, asalkan kamu bisa menumpukan tangan kamu pada sebuah kursi atau meja agar kamera kamu dapat tetap stabil.

Setelah kamu berhasil mengatur kamera DSLR kamu dengan baik, maka selanjutnya lukislah beberapa tulisan atau pola-pola unik di udara dengan menggunakan lampu LED dengan intensitas cahaya yang baik. Lampu LED ini sendiri di jual dengan beragam warna unik untuk menghasilkan foto yang cantik, Pembaca.
Lampu LED untuk Light painting
Sumber foto: Awesome Lighting Collection

Selain lampu LED, kamu juga bisa menggunakan kembang api atau senter yang dapat kamu temukan di rumah kamu untuk membuat light painting sederhana namun tetap unik dan tampil indah di foto kamu.

Untuk saat ini kreasi light painting unik ini, sudah cukup banyak bisa kamu temukan dengan beragam bentuk dan teknik yang berbeda-beda. Seperti light orb, steel wool light painting, spiral light paintingatau yang paling sederhana dan mudah dibuat sih melukis beberapa kata, pola, hingga bentuk keren sesuai keinginan kamu.
Light orb photography
Sumber foto: Flickr

Atau yang dapat membuat kamu tampil keren, kamu bisa meminta bantuan teman-teman kamu untuk melukiskan gambar sayap yang indah di belakang tubuh kamu, sementara kamu berpose untuk mendapatkan hasil foto yang menarik.

Namun, perlu diingat bahwa saat kamu akan berpose di depan sebuah kamera yang telah diatur dengan shutter speed yang lambat, pastikan saja kamu tidak berubah posisi atau mengubah pose agar kamu tidak nampak buram pada hasilnya nanti.

Jadi, apa kamu tertarik untuk mulai berkreasi dengan kamera kamu?

Itulah cara mudah untuk kamu membuat light painting dengan kamera DSLR. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kamu, ya, Pembaca! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: