Kenapa Kamera DSLR Tidak Mau Menyala? | Blog Banten Kamera

Kenapa Kamera DSLR Tidak Mau Menyala?

Kenapa Kamera DSLR Tidak Mau Menyala?

Kenapa Kamera DSLR Tidak Mau Menyala ?. Kamera DSLR saat ini telah menjadi salah satu kamera digital yang paling banyak diminati oleh masyarakat dunia, termasuk di Indonesia sendiri. Bukan hanya karena terlihat begitu bergengsi, kamera DSLR memang dapat memberikan kamu hasil foto dengan kualitas gambar cukup baik yang biasanya akan sulit kamu dapatkan bila menggunakan kamera lainnya.

Namun, tentunya perlu kamu tahu, dibalik segala keunggulan yang dimiliki oleh kamera DSLR saat ini, masih belum juga dapat menutupi fakta bahwa kamera DSLR pun bisa mengalami kerusakan.

Kerusakannya sendiri, sebenarnya dapat disebabkan oleh dua hal. Pertama karena kecerobohan kamu sendiri atau kedua karena memang sudah waktunya kamera kamu mengalami kerusakan. Lagipula, memang tidak ada benda atau barang di dunia ini yang dapat hidup secara abadi, bukan?

Mungkin bila kamu menanyakan kecerobohan seperti apa yang biasanya dapat menyebabkan kerusakan pada kamera, maka kami tentunya akan langsung menjawab 'jatuh'. Kamera yang jatuh merupakan salah satu alasan paling umum mengapa kamera kamu dapat mengalami kerusakan.

Membicarakan soal kerusakan, ada beberapa jenis kerusakan yang dapat terjadi pada kamera DSLR kesayangan kamu, yang salah satunya merupakan kamera DSLR kamu mati total alias tidak dapat kembali menyala seperti biasanya.

Kamera DSLR yang mati total tentu pastinya akan memicu rasa panik berlebihan pada diri kamu, karena bila sudah mati, tak ada yang bisa kamu lakukan selain merenungkan diri untuk mencari penyebab mengapa kamera kamu tidak dapat kembali menyala.


Berikut adalah beberapa penyebab kamera DSLR tidak mau menyala atau mati total yang sekiranya dapat membantu menyelesaikan masalah kamu.

Kamera Pernah Terjatuh, Terbentur, dan Tertekan Benda Berat
Memberikan perlakuan yang buruk terhadap fisik sebuah kamera, tentu akan memberikan dampak kerusakan terhadap kamera kamu, meski kamu melakukannya secara sengaja maupun tidak. Salah satu dampak terburuknya merupakan kamera DSLR yang mati total.

Menjatuhkan kamera, memberikan benturan keras pada kamera, bahkan hingga menekan kamera dengan benda lain yang memiliki bobot cukup berat, merupakan beberapa contoh perlakuan yang buruk terhadap kamera.

Oleh karena itu, baik saat kamu menggunakan atau sedang tidak menggunakan kamera, rawatlah kamera kamu dengan baik agar terhindar dari kerusakan parah seperti halnya kamera yang tidak lagi mau menyala.

Baterai Habis
Sebelum kamu panik, ada baiknya untuk memeriksa keadaan baterai kamera DSLR kamu terlebih dahulu.

Periksa apakah masih ada daya pada baterai yang tersisa atau tidak. Namun, bila memang kamu sudah cukup yakin bahwa baterai kamera kamu sedang dalam kondisi full-charge, akan tetapi kamera masih belum mau menyala seperti normal, maka cobalah untuk mengganti baterai kamera yang lainnya.

Karena terkadang, sumber masalah bisa berasal dari baterai kamera yang saat ini tengah kamu gunakan.

Error 99 pada Kamera
Kamera kamu bisa menyala, namun hanya dapat menampilkan kode err 99 pada layar LCD-nya?

Kode error 99, merupakan salah satu kode error yang biasanya muncul pada kamera DSLR, namun tidak dapat diketahui apa penyebab pasti yang bisa membuat kamera kamu tidak lagi bisa digunakan secara normal.

Satu-satunya jalan keluar yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kode error tersebut adalah hanya dengan mengkonsultasikan kamera kamu ke orang yang jauh lebih profesional atau segera dibawakan ke tempat servis kamera terdekat di kota kamu.

Kamera terkena air
Pergi jalan-jalan memang tidak akan terasa lengkap bila tidak membawa serta sebuah kamera DSLR untuk mengabadikan momen indah selama perjalanan.

Namun, seperti yang kamu ketahui, membawa serta kamera saat jalan-jalan akan memberikan resiko kerusakan yang jauh lebih besar dibanding saat kamu hanya menggunakannya di sekitar rumah saja. Terutama bila kamu akan pergi ke tempat wisata air yang merupakan salah satu tempat paling berbahaya bagi kamera bila kamu tidak memberikan pelindung khusus.

Ingatlah bahwa kamera juga merupakan salah satu alat elektronik yang bila terkena air, komponen yang ada di dalamnya dapat mengalami korslet hingga tak dapat lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Apalagi jika air yang masuk ke dalam kamera kamu merupakan air laut.

Kamu hanya perlu menunggu sampai bisa menemukan komponen di dalam kamera kamu mulai mengalami korosi atau berkarat.

Jadi, Pembaca, sebelum kamu terserang panik hebat, ada baiknya untuk kamu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab yang bisa mengakibatkan kamera DSLR kamu menjadi tidak mau menyala. Setelah itu, kamu mungkin baru bisa membawa kamera kamu ke tempat servis kamera kepercayaan kamu untuk segera melakukan perbaikan terhadap kamera.

Karena salah satu alasan mengapa kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab kerusakannya adalah supaya orang yang akan memperbaiki kamera kamu nantinya dapat lebih mudah menyervis kamera milik kamu.

Bagi kamu yang bingung harus membawa ke tempat servis kamera mana, maka tak tanggung-tanggung, kami akan mengatakan Banten Kamera adalah tempatnya. Banten Kamera merupakan tempat servis kamera serta lensa terbaik yang dapat menjadi salah satu tempat kepercayaan kamu.

Banten Kamera sendiri akan memberikan jaminan terbaik berupa garansi selama 30 hari penuh untuk kamera serta lensa yang telah berhasil kami perbaiki. Soal harganya pun, kamu tidak perlu khawatir karena Banten Kamera tidak akan memberikan beban biaya berat untuk kamu.

Lihat juga : 5 Penyebab Kamera Bisa Mati Total
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: