Cara Menghindari Timbulnya Jamur pada Lensa Kamera | Blog Banten Kamera

Cara Menghindari Timbulnya Jamur pada Lensa Kamera

Cara Menghindari Timbulnya Jamur pada Lensa Kamera

Cara Menghindari Timbulnya Jamur pada Lensa Kamera. Jamur pada lensa kamera, terkadang memang tidak akan menimbulkan pengaruh apapun pada hasil foto kamu. Namun, ingatlah bahwa hal itu hanya dapat berlaku pada tingkat jamur pada lensa yang masih terbilang ringan.

Lalu, bagaimana dengan lensa yang sudah berjamur cukup parah?

Tentu, umumnya hal ini dapat berpengaruh pada hasil foto kamu nantinya. Dan lagi, di saat kamu akan membersihkannya pun, kamu akan mendapatkan resiko cukup besar, berupa tergoresnya lensa kamera karena jamur yang telah mengerak dalam waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, jamur memang benar-benar dapat dikategorikan sebagai salah satu dari begitu banyaknya musuh lensa serta kamera digital kamu.

Jika membicarakan soal jamur, maka kamu tentu perlu mengetahui apa hal yang dapat menyebabkan datangnya jamur untuk tahu cara-cara yang benar dalam menghindari tumbuhnya jamur pada lensa kamera serta kamera kamu sendiri.

Seperti yang kamu ketahui atau mungkin yang pernah kamu dengar, umumnya jamur hanya dapat tumbuh bila habitat tempat tinggalnya memiliki intensitas kelembapan tinggi. Tentu saja, hal ini dapat mengacu pada air.

Lensa yang terkena cipratan air atau mungkin hingga terendam air, besar kemungkinannya beberapa hari setelah itu, kamu dapat melihat jamur di sekeliling lensa kamera kamu. Sebenarnya, selain air dari luar, tangan kamu sendiri pun bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jamur bila tangan kamu mudah berkeringat.

Jadi, ingatlah sebelum memegang kamera, pastikan terlebih dahulu bahwa tangan kamu sudah dalam keadaan yang kering dan bersih.

Setelah mengetahui beberapa penyebab pastinya, tentu saja kamu pasti menginginkan beberapa tips untuk menghindari timbulnya jamur pada lensa kamera kamu, bukan? Berikut adalah cara mudah menghindari timbulnya jamur pada lensa kamera.

Hindari Air dari Kamera serta Lensa
Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, air merupakan salah satu musuh utama lensa kamera, dimana banyak hal yang akan ditimbulkannya bila lensa kamera kamu bersentuhan dengan elemen tersebut.

Dan salah satu hal yang akan menjadi dampaknya bila kamera kamu terkena air merupakan jamur itu sendiri.

Untuk dapat memeriksa atau mengecek apakah lensa kamera kamu berjamur atau tidak, kamu hanya perlu melepas lensa kamera kamu dari badan kamera, kemudian senteri dari arah bawah lensa supaya dapat terlihat lebih jelas, mana permukaan lensa yang dipenuhi oleh jamur.

Selain memeriksa dengan cara itu, kamu juga bisa melakukannya dengan memotret beberapa foto dengan kamera serta lensa yang kamu curigai berjamur, lalu apabila kamu melihat beberapa bintik putih pada hasil foto kamu, maka bisa jadi memang lensa kamera kamu berjamur.

Gunakan Filter pada Saat Foto di Dekat Sumber Air
Bila kamu memang ingin menggunakan kamera untuk mengabadikan momen-momen indah kamu saat pergi jalan-jalan di pantai, air terjun, ataupun sungai, sebenarnya kamu masih bisa untuk tetap menghindari tumbuhnya jamur pada lensa kamera kamu.

Dengan cara apa?

Bisa dengan filter lensa yang kamu miliki atau kamu bisa menggunakan waterproof, bila memang kamu akan membawa kamera kamu ke dalam air. Tapi tentu saja, filter lensa serta waterproof dijual terpisah dengan kamera yang kamu miliki saat ini.

Hindari Suhu Udara yang Terlalu Panas atau Dingin
Suhu udara di sekitar kamu, juga dapat mempengaruhi pertumbuhan jamur pada lensa kamera.
Hanya saja, bila kamu memang membutuhkan kamera di tempat-tempat dengan tingkat cuaca yang cukup ekstrim, kamu mungkin bisa mengupayakannya dengan sering-sering memeriksa lensa kamera kamu atau dengan rajin membersihkan lensanya.

Simpan Kamera dengan Baik
Terakhir, tak lain dan tak bukan, penempatan kamera dengan baik, pastinya dapat menjadi poin utama dalam hal menghindari timbulnya jamur pada lensa kamera.

Cara penyimpanan lensa serta kamera yang benar adalah dengan menyimpan di tempat yang kering dan aman. Serta ingatlah untuk menghindari penyimpanan lensa serta kameranya di dalam tas saat kondisinya sedang cukup lembap.

Namun, untuk kamu yang mungkin sudah terlanjur menemukan bahwa lensa kamera kamu telah berjamur, kamu bisa langsung membawa lensa kamera kamu ke Banten Kamera, untuk segera dilakukan pembersihan serta perawatan dengan baik.

Banten Kamera akan memberikan pelayanan terbaik untuk kamu, serta biaya perawatan yang cukup ringan dengan kisaran harga mulai dari 200 hingga 300 ribuan saja.

Jadi, jangan tunggu sampai jamur pada lensa kamera kamu semakin parah! Segera lakukan perawatan dengan membawanya hanya ke Banten Kamera.

Lihat juga: Apa itu FOG pada Lensa Kamera?
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: