Apa itu FOG pada Lensa Kamera? | Blog Banten Kamera

Apa itu FOG pada Lensa Kamera?

Apa itu FOG pada Lensa Kamera?

Apa itu FOG pada Lensa Kamera. Pernahkah kamu mengalami hal menyebalkan pada saat kamu sedang pergi travelling, dan begitu kamu akan mengeluarkan kamera kamu dari dalam mobil untuk mengambil beberapa jepretan foto saat momennya sedang sangat terlihat begitu istimewa, namun kamu menemukan bahwa lensa kamera kamu nampak berkabut?

Atau pada saat kamu akan memotret foto sunset atau sunrise di luar hotel tempat kamu menginap, kemudian kamu mengeluarkan kamera dan menemukan hal yang sama terjadi pada lensa kamera kamu. Paling menyebalkannya lagi, setelah kamu berhasil menghapusnya dengan menggunakan kain atau tisu, hal tersebut kembali muncul pada lensa.

Lalu, apa kamu tahu apa kiranya hal menyebalkan tersebut?


Tentu, hal yang muncul pada lensa kamera kamu, merupakan Fog yang umum sekali terjadi bagi kamu yang tinggal atau tengah berada di daerah pesisir ataupun daerah tropik. Dan bila kamu menanyakan soal penyebab munculnya Fog ini sendiri, penyebabnya sangatlah sederhana.

Yakni suhu udara yang berubah drastis, dari terlalu panas ke dingin atau bahkan sebaliknya dari suhu udara yang dingin ke panas.

Seperti dua contoh di atas yang telah kami jabarkan, dimana pada saat kamu membawa keluar kamera kamu dari dinginnya suhu dalam kamar hotel atau dalam mobil, ke luar ruangan dengan suhu udara yang tentunya akan jauh terasa berbeda.

Selain dikenal dengan nama Fog hal ini juga biasa disebut sebagai proses kondensasi, yang merupakan salah satu fenomena alam paling umum terjadi pada sebuah kaca.

Bila kamu memang pernah mengalaminya, mungkin kamu akan dengan mudah memahami akan betapa menyebalkannya hal ini bila terjadi pada lensa kamera kamu, karena tentunya munculnya Fog pada lensa kamera, dapat membuat kamu kehilangan momen istimewa yang sedang terjadi di sekitar kamu.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya bila hal ini tengah muncul pada lensa kamera kamu?

Sebenarnya, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah hanya dengan menunggu supaya lensa kamera kamu dapat menyesuaikan diri dengan perubahan suhu yang cukup drastis.

Dan bila kamu bertanya soal berapa lama kamu perlu menunggu, umumnya Fog dapat hilang hanya dalam waktu beberapa menit saja, namun terkadang kamu perlu menunggu hingga setengah jam untuknya dapat menyesuaikan diri. Jadi, mulailah untuk belajar bersabar, Pembaca!

Namun tentunya, daripada memperbaiki, bukankah lebih baik untuk menghindari?

Ada beberapa cara mudah untuk kamu supaya dapat menghindari Fog yang muncul pada lensa kamera kamu. Berikut adalah beberapa cara mudahnya.

Letakkan Kamera Serta Lensa di Luar Ruangan yang Aman

Sebelum menggunakan sebuah kamera, tentu kamu perlu melakukan beberapa persiapan. Dan salah satu persiapan yang perlu kamu lakukan adalah dengan meletakkan atau menyimpan kamera serta lensa kamera kamu di luar ruangan yang cukup aman bila dirasa suhu di dalam ruangan dan di luar berbeda jauh.

Dengan melakukan hal tersebut tentunya, kamu dapat membiarkan kamera serta lensa kamera kamu menyesuaikan diri terlebih dahulu di tempat yang memiliki perbedaan suhu cukup jauh, sehingga kamu tidak lagi perlu menunggu lama untuk menggunakannya.

Namun, ingatlah, hal ini hanya berlaku bila kamu benar-benar yakin tempat kamu akan menyimpan kamera serta lensa di luar ruangan cukup aman.

Letakkan Kamera dalam Bagasi
Meletakkan kamera dalam bagasi, merupakan salah satu cara untuk kamu dapat menyesuaikan perubahan suhu pada kamera serta lensa, untuk menghindari udara dingin dalam mobil.

Namun, bila kamu memang membutuhkan sebuah kamera untuk memotret segala momen yang terjadi selama perjalanan kamu, kamu masih boleh menggunakannya di dalam mobil. Hanya saja dengan catatan, kamu perlu meminimalisir suhu AC dalam mobil, serta dengan membuka jendela mobil di dekat kamu.

Hal ini tentunya dapat menghindari lensa kamera kamu mengalami Fog yang akan mengganggu kegiatan memotret kamu.

Jangan Letakkan di Dalam Tas saat Sedang Menyesuaikan Suhu
Mungkin sedikitnya kamu sudah cukup paham dengan poin yang satu ini dimana dengan tidak meletakkan kamera serta lensa di dalam tas pada saat mereka sedang melakukan penyesuaian diri terhadap suhu, merupakan salah satu cara untuk kamu dapat mempercepat proses penyesuaian dirinya.

Akan tetapi, mengapa hal ini dapat menjadi salah satu hal yang dapat mempercepat proses penyesuaian diri?

Tentu hal ini dikarenakan, tas yang kamu gunakan untuk meletakkan lensa serta kamera, akan menghalangi suhu udara di luar yang jauh lebih tinggi dengan kamera serta lensa kamu untuk melakukan penyesuaian diri.

Jadi, bila kamu ingin mempercepat proses penyesuaian terhadap suhu, kamu perlu mengeluarkan kamera serta lensa kamera kamu dari dalam tas.

Selalu Bersihkan Fog yang Muncul dengan Kain Microfiber
Dalam proses penyesuaian terhadap suhu, tentunya kamu pun perlu untuk selalu membersihkan Fog yang muncul pada layar kaca lensa kamera kamu secara berkala. Dengan begitu, kamu akan mengetahui apakah proses penyesuaian suhu lensa serta kamera kamu sudah berakhir ataukah belum.

Untuk membersihkan Fog ini pun tentunya, kamu perlu menggunakan kain khusus seperti kain microfiber supaya dapat menghindari goresan yang dapat muncul pada lensa kamera kamu.

Jadi, itulah pengertian serta cara mudah untuk menghindari Fog pada lensa kamera kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!

Lihat juga : Cara Merawat Lensa Kamera dengan Baik
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: