Ciri-ciri Lensa Kamera yang Berjamur | Blog Banten Kamera

Ciri-ciri Lensa Kamera yang Berjamur

Ciri-ciri Lensa Kamera yang Berjamur

Ciri-ciri Lensa Kamera yang Berjamur. Lensa kamera memang merupakan salah satu hal terpenting untuk dapat mendukung kegiatan memotret sehari-hari kamu. Lagipula apa jadinya, bila kamu memotret dengan kamera DSLR atau kamera Mirrorless kesayangan kamu tanpa menggunakan lensa kamera?

Hadirnya sebuah lensa pada kamera digital saat ini, memang sudah merupakan suatu kewajiban. Jadi, apabila tak ada lensa, maka kamu tidak dapat menggunakan kamera digital milik kamu.

Tentu bila kamu dapat memahami kalimat tersebut dengan baik, dapat dikatakan bahwa lensa kamera juga merupakan salah satu barang berharga, yang tentunya akan sangat terasa menyebalkan bila terjadi kerusakan atau hal-hal yang dapat mengganggu kerja lensa kamera kamu.

Ciri Lensa yang Berjamur

Dan salah satu penyebab kerja lensa kamera tidak dapat maksimal merupakan jamur yang mendadak hadir di permukaan layar kaca lensa kamera kamu.

Jamur sendiri, dapat muncul karena beberapa alasan. Dan alasan yang paling umum merupakan karena tingkat kelembapan yang ada di sekitar lensa kamera kamu. Jadi, apabila kamu menyimpan atau meletakkan lensa kamera di tempat yang tidak cukup kering atau lembap, biasanya dalam waktu beberapa hari, kamu bisa langsung menemukan adanya jamur pada lensa.

Selain itu, lensa kamera yang pernah terkena air pun bisa menjadi salah satu alasan mengapa lensa kamera kamu berjamur. Oleh karena itu, bila kamu akan membawa kamera ke tempat yang memiliki sumber air, seperti halnya pantai, sungai, ataupun daerah air terjun, usahakan untuk menggunakan pelindung pada lensa serta kamera bila belum terdapat waterproof.

Lalu, bagaimana cara kamu mencari tahu lensa kamera yang berjamur?

Tentu saja dengan memahami baik-baik bahasan kami kali ini. Berikut adalah ciri-ciri lensa kamera yang berjamur.

Hasil Foto Menjadi Terganggu
Tentu hal yang paling mudah untuk dapat kamu rasakan pada saat terdapat objek asing yang mengganggu pada lensa adalah kala kamu selesai memotret, kamu menemukan bahwa hasil foto kamu nampak berbeda dari sebelumnya.

Konteks kata berbeda disini pula tidak selalu berarti bahwa jamur dapat langsung disalahkan di saat hasil foto kamu nampak buruk. Jadi, kamu perlu mencoba beberapa potretan foto, dan mulai amatilah apakah terdapat bintik-bintik putih pada hasil foto kamu atau biasanya juga jamur dapat membuat hasil foto kamu nampak buram atau berkabut.

Kerja Fokus Lensa Menjadi Lebih Lambat
Kenapa kerja fokus lensa dapat menjadi lebih lambat saat terdapat jamur di dalam lensa?
Hal ini tentu saja dapat terjadi, karena jamur merupakan benda asing yang seharusnya tidak berada di dalam lensa. Sekelompok jamur, bila tumbuh di dekat ring fokus lensa, tentu dapat menghambat kerja fokus lensa sehingga bisa menjadi lebih lambat.

Pandangan Terganggu saat Memotret dengan Jendela Bidik atau Viewfinder
Saat kamu akan memotret dengan menggunakan jendela bidik atau biasa juga disebut sebagai viewfinder, kamu biasanya akan melihat bahwa pandangan kamu saat akan memotret nampak terganggu karena terhalangi oleh objek asing berupa jamur itu sendiri.

Jamur yang masih dikategorikan cukup ringan, mungkin memang dapat dibersihkan dengan cukup mudah, apalagi jika kamu sudah berpengalaman dalam hal membersihkan jamur pada lensa. Namun, akan berbeda ceritanya bila jamur yang ada pada lensa kamera kamu sudah dapat dikatakan parah.

Jamur yang sudah mengerak cukup lama, biasanya jika kamu tidak membersihkannya secara hati-hati, maka kamu akan mendapatkan bahwa lensa kamera kamu baru saja tergores.

Jadi, saat kamu menemukan jamur pada lensa kamera kamu, meski masih dikategorikan jamur ringan, sebaiknya segera bersihkan lensa kamera kamu dan jangan menunggu sampai jamur mulai berkerak dan sulit untuk dibersihkan.

Mungkin bagi kamu yang tidak tahu menahu akan bagaimana cara membersihkan jamur yang benar pada lensa, Banten Kamera akan dengan senang hati menyewakan jasa pembersihan terhadap jamur pada lensa kamera kamu dengan baik.

Untuk biaya pembersihannya sendiri, kamu tidak perlu khawatir, karena Banten Kamera tidak akan memberi harga tinggi untuk kamu. Biaya pembersihan terhadap jamur hanya akan dikenakan biaya sebesar, 200-300 ribu saja tergantung dari seberapa parah jamur yang ada pada lensa kamera kamu.

Jadi, sekali lagi, jangan tunggu sampai jamur menginvasi lensa kamera kamu, ya, Pembaca! Segera bawa kamera serta lensa kamera kamu ke tangan yang berpengalaman, yakni hanya kepada Banten Kamera!

Lihat juga : Tips Agar Kamera dan Lensa Tidak Berjamur
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: