Penyebab Kamera DSLR Tidak Bisa Memotret

Penyebab Kamera DSLR Tidak Bisa Memotret
Sumber foto: BorrowLenses.com

Tidaklah mudah sebenarnya dalam menggunakan kamera DSLR. Banyak yang perlu kamu lakukan juga pelajari dalam menggunakannya. Dan dalam penggunaannya pun bukan hanya sekedar dengan menekan tombol shutter pada kamera dan kamu bisa langsung mendapatkan hasilnya.

Tidak. Tidak semudah itu. Banyak yang perlu kamu atur nantinya dalam mengambil gambar beragam jenis objek. Entah itu jumlah pencahayaan yang kamu butuhkan atau sudut mana yang pas hingga pengaturan segitiga eksposurenya yang baik.

  Lihat juga: Cara Mengatur atau Setting Kamera agar Hasil Bagus

Namun, meskipun kamu sudah mengatur segalanya dengan baik, kamu bisa saja menemukan beragam masalah kala kamu akan memotret. Baik masalah dari luar maupun dalam kamera kamu sendiri.

Sayangnya, jika masalah yang terjadi merupakan masalah dari luar, mungkin kamu perlu menyelesaikan masalah kamu sendiri. Tapi kabar baiknya, jika kamu menemukan masalah pada kamera kamu, kami tentu akan dengan senang hati membantu menyelesaikan masalah kamu.

Untuk itu, kali ini kami akan membagikan kepada kamu beberapa penyebab kamera DSLR tidak bisa memotret.

Tombol Shutter Macet
Tombol shutter
Sumber foto: customslr.com

Pernahkah kamu berada dalam kondisi dimana kamu sedang semangat-semangatnya ingin memotret suatu momen yang indah, mendadak tombol shutter pada kamera kamu mengalami kemacetan? Ternyata bukan hanya jalanan yang dapat macet, tombol shutter pun dapat demikian.

Mengapa dapat terjadi demikian?

Sebelum kamu membeli sebuah kamera DSLR, seharusnya kamu perlu tahu bahwa shutter count pada kamera DSLR memiliki sebuah batasan. Artinya, kamu tidak bisa terus-terusan menggunakan shutter count yang sama selamanya. Umumnya, kamera dengan harga yang tinggi juga akan memiliki jumlah shutter count yang lebih banyak.

   Lihat juga: Cara Cek Shutter Count pada Kamera Canon DSLR

Sebuah kamera DSLR setidaknya memiliki shutter count dengan batasan paling kecil 50.000. Jadi intinya, kamu hanya bisa mengambil kira-kira 50.000 kali jepretan saat menggunakan kamera kamu.

Untuk mengatasi hal ini, jalan satu-satunya yang kamu butuhkan adalah dengan mengganti shutter count pada kamera kamu atau jika kamu butuh pilihan lain yang lebih baik kamu bisa mengganti kamera kamu dengan kamera yang baru.

Memori Kamera Penuh
Kartu memori kamera DSLR
Sumber foto: blog.jeffcable.com

Sebuah kamera DSLR tanpa kartu memori tentu bukan lagi menjadi suatu hal yang bisa kamu banggakan. Apalah artinya DSLR tanpa kartu memori.

Disaat sebuah kartu memori menjadi suatu hal yang sangat penting untuk digunakan dalam melakukan pemotretan, apa jadinya jika kartu memori kamera kamu sudah penuh?

Hal ini sebenarnya umum sekali terjadi, apalagi jika kamu termasuk jenis orang yang akan menggila jika sudah melihat objek-objek unik di mata kamu. Dan bila kamu merupakan salah satunya, ada baiknya setiap kamu pergi travelling untuk membawa kartu memori cadangan di dalam tas kamu.

Atau kalau kamu tidak mau repot-repot membawa kartu memori cadangan yang bahkan beratnya pun tak lebih dari sebutir kacang, sebelum berpergian sebaiknya backup dulu file-file foto dan video kamu yang berada dalam kartu memori ke laptop atau perangkat kamu lainnya. Setelah itu, kamu bisa memformat kartu memori kamu agar cukup untuk digunakan selama perjalanan.

Beberapa Error yang Dapat Terjadi pada Kamera

Dalam menggunakan kamera DSLR, terutama bagi para pemula, kamu tentu bisa saja mendapati bahwa telah terjadi error atau kesalahan pada kamera kamu. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, dan sebagian besar bisa juga menjadi kecerobohan kamu dalam menggunakan kamera.

Berikut adalah beberapa error yang dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan kamera kamu untuk memotret.

Err 01: Communications between the camera and the lens is faulty. Clean the lens contacts
Error 01 pada DSLR
Sumber foto: LensProToGo Blog

Hal ini umumnya terjadi pada saat kamu memegang kamera kamu sementara tangan kamu sedang berminyak atau terdapat kotoran pada kontak mounting lensa dengan kamera kamu.

Solusinya, kamu hanya perlu membersihkan area berwarna emas pada belakang lensa kamera kamu menggunakan lap halus dengan benar.

Err 02: Card cannot be accessed. Reinsert/change card or format card with camera
Error 02 pada DSLR
Sumber foto: YouTube

Hal ini terjadi karena terdapat masalah pada proses pembacaan kartu memori oleh kamera kamu. Entah karena terdapat kerusakan pada slot kartu memori kamu atau pada kartunya sendiri.

Untuk mengatasinya, sebelum kamu menggunakan kamera kamu, sebaiknya periksa terlebih dahulu slot kartu memori dalam kamera kamu. Namun jika tidak terjadi masalah disana, coba ganti kartu memori kamu dengan yang baru.

Err 05: The built-in flash could not be raised. Turn the camera on and off again.
Error 05 pada DSLR
Sumber foto: youtube.com

Untuk masalah yang satu ini dapat terjadi saat kamu ingin memotret dan menyalakan mode flash pada kamera kamu, namun lampu flash nya tak dapat terangkat atau tidak terangkat sepenuhnya.

Cara mengatasinya pun cukup mudah, kamu cukup periksa pada lampu lensa kamu apakah ada yang mengganjalnya untuk keluar ataupun tidak. Namun, mungkin jika memang lampu lensa kamu sudah benar-benar macet, coba tanyakan pada orang yang lebih berpengalaman untuk memperbaikinya.

Err 99: Shooting is not possible. Turn the power switch to <OFF> and <ON> again or re-install the battery.
Error 99 pada DSLR
Sumber foto: YouTube

Untuk masalah yang satu ini, mungkin tak ada salahnya jika kamu merasa panik. Karena satu-satunya jalan untuk menanganinya hanyalah pergi ke tempat servis untuk memperbaiki kamera kamu.

Terjadi Kerusakan pada Lensa atau Badan Kamera
Lensa kamera rusak
Sumber foto: Best Buy

Untuk penyebab yang satu ini, mungkin akan sangat dihindari oleh kamu, 'kan, Pembaca? Kamu tentu tidak akan mau menemukan bahwa kamera kamu mengalami beberapa kerusakan pada lensa atau badan kameranya sendiri.

Kerusakan pada kamera ini dapat disebabkan juga oleh beberapa hal, seperti kamu secara tak sengaja membuat kamera kamu terjatuh dari pegangan tangan kamu atau kamu meletakkan kamera kamu di tempat yang tidak seharusnya sehingga menimbulkan beberapa kerusakan ringan hingga berat.

Terkadang mungkin kamu tidak menyadari bahwa telah terjadi kerusakan pada kamera kamu, dan kemudian secara mendadak kamu jadi tidak bisa menggunakan kamera kamu untuk memotret atau lebih parahnya lagi tidak dapat menyala.

Bila sudah seperti itu, sebaiknya kamu segera membawa kamera kamu ke tempat sevis terdekat di kota kamu. Jangan sampai makin memperparah keadaan kamera kamu dengan tetap membiarkannya.

Itulah beberapa penyebab kamera DSLR tidak bisa memotret. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kamu, Pembaca! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: