Cara Menghilangkan Debu pada Viewfinder DSLR | Blog Banten Kamera

Cara Menghilangkan Debu pada Viewfinder DSLR

Cara Menghilangkan Debu pada Viewfinder DSLR
Sumber foto: Google

Dalam menggunakan sebuah kamera, kamu tentu tidak bisa pergi jauh-jauh dari debu atau kotoran yang akan menempel pada kamera kamu. Bahkan pada saat tidak kamu gunakan pun, debu tetap akan hadir sehingga perlu penanganan yang tepat untuk melakukannya.

Debu bisa menempel pada setiap bagian pada kamera kamu, entah pada badan kameranya atau bahkan hingga sensor kameranya sendiri. Agak menyebalkan memang jika sampai ada debu di tempat yang sulit dijangkau oleh kamu, karena kamu perlu membongkar kamera kamu tanpa harus menggores komponen lainnya.

   Lihat juga: Tips Membersihkan Kamera Agar Terlihat Seperti Baru

Salah satu tempat debu senang berkumpul yang bisa kamu temukan dengan mudah adalah viewfinder di dalam kamera kamu. Untuk memeriksa apakah viewfinder kamu berdebu ataupun tidak, kamu bisa memotret benda dengan warna yang cerah juga bersih, seperti misalnya dinding berwarna putih atau langit biru di atas kamu.

Jika kamu menemukan benda-benda hitam menggaggu, maka kabar baiknya kami akan berbagi pengetahuan kepada kamu dalam cara menghilangkan debu pada viewfinder kamera DSLR kamu.

1. Gunakan Sarung Tangan
Sarung tangan
Sumber foto: falconmedic.com

Sebelum kamu membongkar kamera kamu, akan sangat disarankan untuk kamu menggunakan sarung tangan terlebih dahulu. Hal ini dapat menghindari kamu secara tak sengaja menggores atau memegang kaca pada viewfinder sehingga meninggalkan sidik jari kamu di dalamnya.

Kamu tentu tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

2. Keluarkan Focusing Screen dengan Hati-hati
Focusing screen
Sumber foto: Photography Stack Exchange

Apa itu focusing screen? Focusing screen merupakan bagian dari viewfinder yang dapat kamu bongkar untuk membersihkan debu di dalamnya. Kamu dapat dengan mudah menemukan focusing screen ini setelah melepaskan lensa pada kamera kamu.

Pastikan untuk membuka lensa di dalam ruangan yang bersih, ya, Pembaca.

Lalu bagaimana caranya mengeluarkan focusing screen dari kamera?

Sebelum kamu mengeluarkannya, mungkin di beberapa tipe kamera DSLR kamu akan menemukan pengunci yang perlu kamu buka terlebih dahulu dengan cara menariknya secara perlahan menggunakan pinset bengkok.
Pengunci pada viewfinder
Sumber foto: Uray Zulfikar

Atau mungkin jika DSLR kamu seperti tipe Canon 60D, penguncinya berupa baut kecil di bagian atas dekat ring kamera yang perlu kamu lepaskan dengan menggunakan obeng plus.

Setelah penguncinya selesai kamu lepaskan, kamu bisa langsung mengeluarkan focusing screen kamu dengan pinset. Sekali lagi, diharapkan untuk kamu mengeluarkannya secara perlahan agar tidak merusak komponen lainnya juga.

Sebagai pengingat tambahan, mungkin kamu perlu menghafal sisi dalam dan luar focusing screen kamu agar saat mengembalikannya nanti tidak terbalik.

3. Bersihkan Debu pada Focusing Screen
Focusing screen
Sumber foto: Bukalapak

Membersihkan debu pada focusing screen mungkin akan terdengar cukup sederhana namun penuh ketegangan.

Untuk membersihkannya, kamu hanya perlu menggunakan alat berupa air blower untuk meniup dan menghilangkan debu pada layarnya. Namun jika kamu tidak memiliki alat ini, gunakan saja lap berbahan halus untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.

4. Pasang Kembali Focusing Screen dengan Benar

Setelah kamu merasa bahwa focusing screen kamu sudah benar-benar bersih dari debu maupun kotoran-kotoran lainnya, segera pasang kembali focusing screen kamu dengan benar.

Jangan lupa pula untuk kembali memasang penguncinya dengan tepat pada kamera kamu, ya.

Bila semuanya sudah terpasang dengan baik, kamu bisa kembali memeriksa apakah masih ada debu yang tersisa pada viewfinder kamu dengan memotret benda berwarna cerah dan bersih (langit atau dinding berwarna putih).

Jika kamu masih menemukan bayangan-bayangan hitam saat kamu akan memotret menggunakan viewfinder, ada kemungkinan bahwa debunya bukan hanya bersarang di focusing screen kamera kamu, namun juga di dalam prisma viewfinder.

Sayangnya, jika kamu merasa bahwa masih terdapat debu di dalam prisma viewfinder, kamu tidak bisa membongkarnya dan membersihkannya seperti halnya focusing screen kamu. Mungkin ada baiknya jika kamu segera membawa kamera kamu untuk berkonsultasi dengan yang lebih ahli.

Jadi, itulah cara menghilangkan debu pada viewfinder kamera DSLR kamu, Pembaca. Semoga artikel ini dapat bermanfaat juga semakin membuat kamu jauh lebih rajin merawat kamera DSLR kamu dengan baik, ya! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: