Tips Membersihkan Kamera Agar Terlihat Seperti Baru | Blog Banten Kamera

Tips Membersihkan Kamera Agar Terlihat Seperti Baru

Membersihkan kamera
Sumber foto : Google
Bagi fotografer yang secara rutin menggunakan kameranya, ada hal yang perlu diperhatikan agar kamera kalian tetap dalam keadaan bersih dan seperti baru. Selain kamera membuat enak dilihat, dapat mneghasilkan foto yang bagus tanpa gangguan, juga dapat dijual dengan harga yang tinggi. Artinya tidak terlalu turun harganya dengan harga pertama kali membeli.

Kamera yang sering kalian gunakan biasanya menjadi mudah sekali kotor, baik oleh debu yang masuk atau menempel ketika sedang digunakan di luar ruangan, juga debu yang menempel dan masuk saat kamera diletakkan pada tempat penyimpanan yang kurang baik. Ketika kamera kotor, biasanya kita merasa malas untuk memakainya, terlebih kotoran sudah masuk ke dalam sensor atau lensa. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil foto dan meninggalkan noda hitam pada hasil foto.

Untuk itu, kalian perlu mengantisipasi kebersihan kamera kalian dengan membersihkannya secara rutin dan sesuai dengan yang seharusnya. Artikel berikut akan menjelaskan mengenai bagaimana cara membersihkan kamera agar terlihat seperti baru :

Bersihkan Secara Rutin
Membersihkan kamera
Sumber foto : Google

Fotografer yang sering menggunakan kamera secara rutin, baik untuk hunting saja ataupun digunakan untuk urusan pekerjaan. Sebaiknya rutin membersihkan kamera, membersihkan kamera dapat mencegah lensa berjamur atau sensor kamera kotor. Jika lensa dan kamera sudah mengalami dua hal tersebut, maka hasil dapat foto kalian menjadi tidak fokus dan terhalang oleh debu atau jamur.

Untuk itu, sebaiknya kalian membersihkan kamera pada secara rutin sebanyak 2 kali dalam sebulan. Dengan seringnya kalian membersihkan lensa dan kamera dengan baik, akan membuat kotoran dan debu tidak bayak menumpuk di dalam lensa atau kamera.

Berbeda jika kalian malas membersihkan lensa dan kamera, tentu kotoran akan bayak menumpuk dan hasilnya sulit dibersihkan dan dapat menimbulkan jamur atau masalah lainnya.

Gunakan Alat Pembersih Khusus
Untuk membersihkan kamera dan lensa, baik pada bagian dalam maupun luar, disarankan untuk menggunakan cleaning kit yang didalamnya sudah terdapat berbagai macam alat untuk membersihkan beberapa bagian kamera dan lensa. Jika kalian belum mempunyai alat pembersih kamera, anda bisa mendapatkanya dengan mudah. Baik membeli di toko online ataupun toko kamera biasa.

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, yaitu dimulai dari 50 ribuan, tergantung dari berapa banyak alat yang terdapat dalam satu paket pembersih. Kalian dapat memilih berapa banyak alat yang dibutuhkan untuk membersihkan kamera berikut lensa. Semakin banyak alat yang tersedia, maka semakin mudah dan maksimal bersihnya.

Menggunakan alat pembersih khusus, selain mampu mempercepat waktu pembersihan, juga bermanfaat untuk menjaga kamera dari kerusakan akibat alat sembarangan yang tidak disarankan untuk membersihkan kamera. Terlebih jika kalan ingin membersihkan bagian dalam kamera seperti sensor, lensa dan lain sebagainya.

Paket pembersih kamera yang paling hemat diataranya, kain micro fiber, cairan pembersih dan lens pen. Masing - masing memiliki fungsi yang berbeda. Kain micro fiber merupakan kain khusus yang digunakan untuk mengusah debu yang masih dapat terjangkau oleh jari dan tangan, ketika membersihkan debu dengan kain ini, anda dapat menuangkan cairan ke atas kain micro fiber.

Fungsi dari cairan ini adalah untuk membuat debu dan kotoran mudah menempel pada kain micro fiber dan diangkat. Berbeda jika tidak menggunakan cairan khusus, biasanya debu dan kotoran sulit terangkat atau dibuang. Selanjutnya adalah lens pen, alat satu ini berfungsi untuk membersihkan lensa dari debu. Dengan sisi pertama yang berbentuk kuas, maka memudahkan kalian ketika ingin menyapu debu yang terdapat pada sela - sela lensa atau kamera.

Lalu sisi lainnya yang lebih kecil, berfungsi untuk membersihkan kamera dari noda - noda kotor yang tertinggal pada lensa. Noda tersebut biasanya berupa tetesan air yang mengering, sidik jari atau kotoran lain yang sulit untuk dibersihkan dengan kuas.

Peralatan pembersih kamera lain, diataranya blower. Blower berfungsi untuk membersihkan debu pada tempat yang sulit dijangkau atau untuk membersihkan debu yang sulit untuk diambil. Alat ini berbentuk lonjong ditambah pipa panjang diujungnya, blower terbuat dari karet yang natinya bisa kita tekan - tekan agar mengeluarkan udara melalui pipa dan dapat menghilangkan debu.

Bersihkan Body Kamera Bagian Luar
Membersihkan body kamera
Sumber foto : Google

Agar kamera selalu terlihat baru dan mulus, selain kalian harus hati - hati dalam menggunakan dan menyimpannya, kalian juga harus membersihkan body kamera bagian luarnya. Karena bagaimanapun body lensa bagian luar merupakan hal pertama yang terlihat.

Untuk membersihkan body luar kamera, kalian dapat memanfaatkan alat yang sama ketika kalian membersihkan bagian dalam kamera. Alat yang digunakan yaitu berupa kain micro fiber ditambah dengan cairan pembersih. Kalian dapat mengusap seluruh bagian body kamera dengan alat tersebut.

Dengan begitu, body luar kamera kembali menjadi bersih dan terlihat baru kembali. Perhatikan juga kain micro fiber yang akan kalian gunakan. Patikan kain tersebut dalam keadaan bersih dan masih layak digunakan. Karena jika kain micro fiber kotor, maka akan berdampak pada kamera juga, kotoran akan menempel pada body kamera.

Bersihkan View finder
View finder merupakan jendela yang digunakan untuk melihat objek yang akan kalian potret, dengan begitu kalian harus membersihkan secara rutin dan bersih pada bagian ini. Banyak kasus dari pemilik kamera yang mengeluhkan banyaknya debu dan kotoran di view finder, meskipun kamera jarang digunakan di luar ruangan.

Debu dan kotoran pada view finder biasanya dapat mengganggu penglihatan kita ketika membidik objek, oleh karena itu sebaiknya kalian membersihkan view finder menggunakan lens pen yang telah diberi setetes air. untuk lebih bersih lagi, kalian dapat membersihkan view finder menggunakan lap sebelumnya. Jika view finder sudah bersih, pandangan kalian ketika melihat objek tidak akan terganggu.

Itulah beberapa tips membersihkan kamera agar terlihat seperti baru, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian dalam merawat kamera.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: