Aplikasi Membersihkan Noise pada Foto | Blog Banten Kamera

Aplikasi Membersihkan Noise pada Foto

Noise photo
Sumber foto : Google
Sebuah foto dapat dikatakan bagus disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah hasil foto yang jernih tanpa noise. Noise pada foto biasanya menjadi salah satu hal yang menggangu pandangan. Noise biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pencahayaan yang kurang serta penggunaan ISO yang terlalu tinggi.

Oleh karena itu, noise biasanya lebih banyak dialami pada hasil foto yang diambil ketika malam hari, saat cahaya hanya bersumber dari lampu saja. Pada beberapa tempat, lampu yang digunakan juga tidak mampu untuk menerangi keseluruhan area, sehingga terdapat area yang sangat gelap meskipun menggunakan lampu, selain itu memang dari sifat lampu listrik yang memiliki pencahayaan yang terbatas.

Meskipun begitu, kita terkadang harus mengabadikan momen tersebut. Sehingga dengan pencahayaan yang minim kita menghasilkan foto yang memiliki banyak noise atau bintik bintik kecil pada area foto.

Selain itu, pada beberapa kesempatan atau acara tertentu yang dilaksanakan pada malam hari, kita tidak diperkenankan untuk menggunakan flash ketika mengambil gambar, akibatnya untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup kita dituntut untuk menaikkan ISO pada kamera.

Hasil yang didapat ketika ISO yang digunakan terlalu tinggi adalah munculnya noise pada hasil foto, karena pada dasarnya rekomendasi ISO yang sebaiknya digunakan adalah pada angka 100. Jika ISO sangat tinggi, resikonya akan membuat gambar menjadi kurang baik karena banyaknya noise.

Namun, kalian tidak perlu khawatir jika harus memotret foto pada pencahayaan minim dan harus menggunakan ISO yang tinggi, kalian dapat mengedit foto yang memiliki noise agar noise tersebut hilang dan foto bisa menjadi lebih mulus. Artikel berikut akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat membantu kalian untuk menghilangkan noise, diantaranya sebagai berikut :

Noise Remover

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat secara khusus untuk menghilangkan noise pada foto. Aplikasi ini dapat dipasang pada ponsel pintar/android kalian. Jika kalian belum memilikinya, kalian dapat mengunduh di playstore. yang terpenting adalah aplikasi ini tidak banyak tidak berukuran besar, yang akan membuat hemat kuota internet kalian serta tentunya tidak akan mengambil tempat penyimpanan yang besar.

Ukuran dari aplikasi noise remover adalah hanya 6MB. Selain dari ukurannya yang kecil, noise remover sangat mudah digunakan. Kalian hanya perlu membuka aplikasi noise remover yang telah kalian install, lalu memilih foto yang perlu dihilangkan noisenya. Pada aplikasi ini terdapat 3 tingkatan kualitas menghapus noise, dintaranya high, medium dan low.

Untuk hasil yang maksimal, kalian sebaiknya memilih remove noise pada tingkatan yang paling tinggi/high. Hal tersebut juga tergantung dari seberapa parah noise pada foto kalian, kalian dapat mencobanya satu persatu dan tentukan yang menurut kalian adalah hasil terbaik.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur smooth dan exposure, fitur smooth merupakan fitur yang dapat kalian gunakan untuk lebih menghaluskan foto yang kalian miliki.

Photoshop
Photoshop
Sumber foto : Google

Untuk pengguna laptop atau komputer, kalian bisa menggunaka aplikasi photoshop untuk mengurangi atau menghapus noise pada hasil foto kalian. Selain untuk menghapus noise, aplikasi ini cukup bermanfaat untuk digunakan oleh fotografer yang menyukai editing terhadap hasil fotonya. Sehingga, jika kalian menginstall aplikasi ini, kalian dapat memanfaatkan untuk mengedit bagian foto yang lain.

Seperti kecerahan, black and white, mengubah warna dan lain sebagainya. Meskipun menggunakan photoshop, dimana photoshop merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur, tetapi sangat mudah jika kalian hanya ingin menghapus atau mengurangi noise.

Caranya kalian dapat membuka aplikasi photoshop, lalu masukkan foto yang akan kalianhilangkan noisenya, setelah itu kalian dapat memilih menu filter, selanjutnya pilih noise dan terakhir pilihlah reduce noise.

Pada menu reduce noise, terdapat beberapa pilihan menu diantaranya reduce color noise, sharpen details dan lain sebagainya. Untuk hasil yang bagus, kalian dapat memilih menu dan tingkatan sesuai denga yang kalian inginkan.
Lihat juga : 10 tips mengikuti lomba fotografi
Fix Noise
Aplikasi ini juga dapat diinstall pada ponsel pintar kalian, sama dengan noise remover aplikasi ini dapat kalian dapatkan di playstore dengan mudah dan gratis. Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak akan menguras terlalu banyak kuota internet kalian, serta tidak terlalu banyak mengambil tempat penyimpanan kalian.

Fix noise juga cukup mudah untuk digunakan, kalian hanya perlu menginstallnya, lalu membuka aplikasinya. Setelah itu kalian dapat memilih foto yang akan kalian hapus noisenya. Untuk memilih seberapa besar atau banyak noise yang akan kalian hilangkan, kalian dapat memilihnya pada fitur efek yang telah tersedia. Setelah itu kalian dapat memilih fix noise, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian dapat memilih angka besar pada pilhan fitur fix noise.

Namun hal tersebut dapat kalian tentukan, tingkatan fix noise yang mana yang dapat kalian tentukan. Tentunya kalian harus mencoba tingkatan demi tingkatan fix noise tersebut, denga begitu kalian akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan tingkat menghapus noise pada tingkat cukup dan tidak berlebihan, karena jika terlalu berlebihan dalam memilih tingkatan, tentunya akan membuat hasil gambar kalian menjadi blur dan menurunkan kualitas gambar.

Itulah beberapa macam aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk menghapus noise baik aplikasi untuk android maupun aplikasi untuk laptop dan komputer. Kalian dapat memilih sesuai dengan kebutuhan masing - masing atau dapat mencoba untuk menggunakan semuanya, dengan begitu kalian akan dapat menilai manakah aplikasi yang memiliki kualitas terbaik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: