Aplikasi Edit Foto untuk Android | Blog Banten Kamera

Aplikasi Edit Foto untuk Android

Adobe photoshop lightoom cc
Sumber foto : Google
Hasil foto yang bagus merupakaan dambaan setiap orang, terlebih moment tersebut merupakan moment paling penting dalam hidupnya. Selain karena kamera yang bagus, fotografer yang hebat, moment yang langka. Sebuah foto keren juga didukung oleh sentuhan editing dari sebuah aplikasi.

Biasanya hasil dari sebuah foto memiliki kekurangan pada beberapa hal, diantaranya kurang tajamnya warna, kurangnya pencahayaan atau butuh mengganti background sebuah foto. Hal tersebut tentunya harus ditunjang oleh aplikasi yang dapat merubah foto menjadi seperti yang kita inginkan.

Banyak fotografer yang memang menggunakan aplikasi editing foto untuk membuat fotonya menjadi lebih menarik, begitupun dengan orang - orang biasa yang menghasilkan beberapa foto dalam mengabadikan kegiatan pribadinya.

Hingga saat ini terdapat berbagai macam aplikasi editing foto yang dapat kalian pelajari dan manfaatkan untuk membuat foto kalian menjadi lebih menarik dan keren.

Aplikasi editing foto biasanya dapat diinstall dan digunakan pada laptop atau komputer, namun pada beberapa kesempatan hal tersebut menjadi sedikit rumit dan kurang praktis. Karena pada beberapa kesempatan kita akan merasa kesulitan ketika harus membawa laptop saat bepergian jauh.

Selain itu, aplikasi editing foto yang dipasang dalam laptop membuat sulit seseorang ketika ia tidak memiliki laptop. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena saat ini semakin banyak aplikasi editing foto yang dapat dipasang pada ponsel pintar yang kalian miliki.

Saat ini, tentu hampir semua orang memiliki ponsel pintar yang menemani kesehariannya untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jauh dengan kita. Selain untuk berkomunikasi, mencari informasi atau memenuhi kebutuhan virtual lainnya, ponsel pintar dapat menjadi alat editing foto yang kalian butuhkan. Terlebih kalian adalah seseorang yang rutin memotret untuk kebutuhan sehari - hari, atau kalian yang hanya hobi memotret.

Selain praktis, karena tidak memerlukan alat yang besar seperti laptop atau komputer, biasanya dengan menggunakan ponsel pintar, mengedit foto menjadi lebih praktis dan cepat. Jangan khawatir Jika kalian belum mengetahui aplikasi apa saja yang dapat dipasang untuk editing foto, Artikel ini akan menjelaskan beberapa macam aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk mengedit foto agar foto kalian menjadi lebih menarik, berikut penjelasannya :

Snapsheed
Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi editing foto yang banyak digunakan oleh fotografer, dapat dilihat dari jumlah unduhan pada playstore yang menyentuh angka 50 juta unduhan. Selain itu aplikasi ini tidak butuh banyak ruang penyimpanan dalam ponsel kalian. Snapseed hanya memakai 25MB dari ruang penyimpanan memori kalian.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat kalian pilih, meskipun memiliki banyak fitur, namun setiap fitur yang tersedia mampu merubah foto menjadi foto yang lebih menarik dari sebelumnya atau foto asli.

Selain itu, setelah kalian mengedit foto menggunakan aplikasi ini, hasil foto yang telah kalian edit akan di ekspor sesuai dengan setelan yang telah kalian tetapkan. Dari mulai pengaturan ukuran gambar hingga format dan kualitas foto. Untuk pengaturan foto kalian dapat memilih untuk merubah pengaturan atau tidak, jika kalian berniat untuk merubah pengaturan maka snapseed menyediakan perubahan pengaturan foto hingga 4000px.

Begitupun dengan kualitas foto, kalian dapat merubahnya ataupun tidak. Jika kalian berniat untuk merubah foto, maka terdapat 4 pilihan yang telah snapseed sediakan diantaranya, format JPG 100%, JPG 95%, JPG 80% dan format PNG. Kalian dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian.

Berbeda pengaturan foto dan kualitas foto yang kalian pilih, maka akan mempengaruhi hasil foto yang telah kalian ekspor. Contohnya dengan pengaturan foto ukuran 4000px dan kualitas & format 100% akan menghasilkan foto dengan ukuran 0,98MB.

Berbeda jika kalian memilih untuk tidak merubah peraturan foto asli dan hanya merubah format dan kualitas foto sebesar 80%, maka ukuran foto yang telah di ekspor sebesar 200kb.

Hal tersebut dapat kalian rubah sedemikian rupa untuk menghasilkan hasil foto yang terbaik menurut kalian dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Lightroom
Adobe photoshop lightoom cc
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti/edited by Adobe light room cc

Selanjutnya adalah Adobe Photoshop Lightroom CC, aplikasi ini membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar dari snapsheed, yaitu sebanyak 46MB. Lightroom juga mempunyai bermacam - macam fitur pilihan, dari mulai selective, crop, presets, light, color, effects, optics dan geometry. Dari masing - masing fitur tersebut, didalamnya juga masih terdapat menu pilihan lain. Diantaranya Color, creative, B&W dan components.

Bagi kalian yang memang menyukai pilihan foto berwarna, kalian dapat memilih untuk menggunakan fitur color pada preset lightroom. Dengan fitur tersebut kalian akan mendapatkan hasil warna yang bagus dan cerah seperti natural, bright (lebih cerah), high contrast dan beberapa macam pilihan lainnya.

Tetapi jika klaian sesekali membutuhkan foto Black and white, kalian dapat memilih fitur B&W pada preset lightroom. Namun berbeda dengan snapseed, untuk penyimpanan foto yang telah selesai di edit, lightroom hanya menyediakan 2 kualitas pilihan foto diantaranya highest available quality dan limit to 2048px.

Dari 2 pilihan tersebut, yang membedakan keduanya adalah ukuran foto setelah di export. Namun perbedaan hasil foto highest available quality dan limit to 2048px tidak terlalu jauh.  Untuk highest available quality memiliki ukuran 1,01MB dan limit to 2048px memmiliki ukuran 0,96px. Kalian dapat memilih sesuai dengan yang kebutuhan.

Blur Image
Blur image
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti/edited by blur image

Blur image background editor (blur photo editor) merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang menyediakan fitur blur background pada foto. Bagi kalian yang menyukai foto bokeh, namun tidak terlalu bisa mendapatkan blur yang bagus pada background, kalian dapat memanfaatkan aplikasi ini.

Aplikasi ini diunduh hingga 1 juta pengguna, dengan ukuran aplikasi yang kecil tentu membuat siapa saja dapat menginstall aplikasi ini pada ponsel pintar yang klaian miliki. Blur image hanya memakai ruang penyimpanan sebanyak 8,5MB. Angka tersebut jauh berada dibawah 2 aplikasi diatas, karena fitur yang disediakan juga lebih terfokus, yaitu pada blur background saja.

Untuk mengubah background terdapat beberapa pilihan, yang paling umum digunakan adalah menyeleksi sedikit demi sedikit bagian yang akan diblur, dengan begitu kalian akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghasilkan foto dengan background blur. Tidak hanya mengubah foto background menjadi blur saja, tetapi kalian dapat memilih akan memburamkan di bagian foto yang mana saja, hal tersebut tergantung dari kebutuhan kalian.

Itulah beberapa aplikasi edit foto yang dapat kalian pasang dan gunaka pada ponsel pintar yang kalian miliki, dengan begitu kalian tidak terlalu merasa kesulitan jika ingin mengedit foto. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: