10 Tips Mengikuti Lomba Fotografi | Blog Banten Kamera

10 Tips Mengikuti Lomba Fotografi

Pulitzer prize
Sumber foto : Google
Seorang yang menyukai dunia fotografi pasti memiliki mimpi atau keinginan besar yang akan dicapai. Banyak hal yang bisa menjadi impian seorang fotografer, diantaranya menguasai fotografi secara keseluruhan, mengerti dan menguasai kamera, memiliki kamera yang keren, bisa hunting foto di tempat yang bagus, atau bahkan memenangkan kontes fotografi.

Mengikuti lomba fotografi menjadi salah satu cara yang digunakan fotografer untuk mengukur kemampuan dirinya, selain itu mengikuti lomba fotografi bisa menjadi pelecut semangat jika kalian masih belum diberi kesempatan untuk menang, atau menjadi motivasi diri ketika kalian diberikan kesempatan untuk memenangkan perlombaan tersebut.

Mencoba mengikuti lomba fotografi membuat kalian menjadi seseorang yang lebih berani, jika awalnya kalian adalah seseorang yang kurang berani dalam memotret suatu hal, meremehkan diri sendiri dengan menganggap kalian tidak pantas mengikuti kompetisi tersebut, lambat laun jika kalian bertekad untuk menjadi fotografer yang lebih baik lagi, maka hal tersebut dapat kalian buktikan dengan mencoba mengikuti lomba fotografi.

Untuk memenangkan sebuah perlombaan fotografi, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan agar kalian dapat bersaing dengan peserta lainnya. Namun kalian tidak perlu khawatir, terutama bagi pemula yang belum pernah mengikuti lomba fotografi sebelumnya, artikel ini akan memberikan beberapa tips agar kalian dapat mengikuti lomba fotografi bahkan memenangkan kompetisi tersebut, berikut uraian tipsnya :

Kenali Dewan Juri dan Penyelenggara
Sebelum kalian memutuska untuk mengikuti lomba, sebaiknya hal yang harus kalian kenali adalah dewan juri dan penyelenggara perlombaan tersebut. Dewan juri merupakan seseorang yang akan menilai karya kalian, oleh karena itu mengenali siapa dewan juri yang akan menilai dan bagaimana cara mereka menilai tentu bisa membantu kalian menjadi lebih mudah memenangkan perlombaan tersebut.

Selain itu adalah penyelenggara, penyelenggara juga memiliki wewenang besar dalam memilih para pemenang lomba. Oleh karen itu, kalian juga harus mempelajari dan mencari tahu informasi bagaimana penyelenggara menentukan pemenang pada perlombaan fotografi.

Baca Syarat dan Ketentuan
Setiap perlombaan fotografi biasanya memiliki syarat dan persyarata masing - masing. Sebelum memutuskan untuk mengikuti lomba, hal utama yang harus kalian ketahui adalah seperti apa syarat dan ketentuannya. Jika kalian sudah menaati segala syarat dan ketentuan lomba, setidaknya hal tersebut dapat membantu kalian untuk lebih mudah melewati tahap pertama.

Karena jika kalian tidak mempelajari syarat dan ketentuan dengan baik, maka hal tersebut akan membuat karya kalian tersingkir sejak awal. Biasanya persyaratan lomba merupakan hal yang tidak terlalu sulit untuk diikuti, syarat umum yang biasanya terdapat dalam perlombaan fotografi adalah foto belum pernah dipublikasi atau menang dalam perlombaan lain dan foto tidak mnegandung unsur kekerasan dan SARA.

Tentu hal tersebut harus kalian ikuti untuk mendapatkan kesempatan menang dalam suatu perlombaan foto. Namun yang harus kalian perhatikan juga adalah ketentuan teknis foto, biasanya hal ini lebih mendetail membahas mengenai aturan dari karya foto yang kalian kirim, seperti ukuran foto, format foto, waktu pengambilan foto, banyaknya jumlah foto yang dikirim, resolusi foto, kamera yang digunakan, dan lain sebagainya.

Karena ketentuan umum biasanya lebih mendetail dan banyak, kalian harus memperhatikan dengan baik tanpa melewatkan satu poin pun. Jika kalian mengabaikan satu poin saja padahal sudah memaksimalkan pada poin lainnya, maka hal tersebut akan membuat karya foto kalian tersisih.

Pilih Sub Tema Terbaik
Arsitektur
Sumber foto : Google

Dalam sebuah perombaan fotografi, selain sebuah tema utama biasanya terdapat beberapa sub tema yang dapat kalian pilih. Misalnya dalam sebuah kompetisi fotografi nasional event hunter Indonesia 2018, tema yang diusung adalah abadikan momenmu dalam bentuk visual. Namun dari tema tersebut memiliki beberapa sub tema, diantaranya pendidikan, kuliner, budaya, keindahan alam dan arsitektur.

Dari berbagai sub tema tersebut, kalian dapat memilih beberapa yang menarik. Misalnya kalian memilih hal unik dan yang terlihat jarang dipilih, misalnya arsitektur. Dilihat dari tingkat kesulitannya, memotret arsitektur memerlukan waktu yang lama dan pencarian yang sedikit sulit. Berbeda dengan makanan yang lebih mudah ditemui dibanding arsitektur yang membuat kalian lebih lama mencari dan menentukannya.

Lihat juga : Manfaat Mempelajari Fotografi

Mencari Ide yang Original
Apresiasi lebih akan diberikan kepada seseorang yang memiliki ide yang original dan masing jarang untuk dipilih, terlebih ide tersebut belum ada yang menggunakannya. Untuk itu, sebelum kalian mengikuti sebuah lomba, hal penting yang harus kalian rencanakan adalah ide atau konsepnya. Sebaiknya matangkan dahulu ide dan konsep kalian sebelum memotret gambar, hal tersebut mampu membantu menciptakan karya yang lebih menarik dan bagus.

Untuk mencari ide yang original, tentu kalian harus mencari dan menyiapkan beberapa referensi foto. Jika kalian sudah menemukan sebuah ide, kalian dapat mencari tahu apakah ide kalian sudah pernah ada yang memakai, jika sudah ada dan terlihat sama sebaiknya tinggalkan.

Namun jika ide kalian masih benar - benar jarang digunakan atau belum ada yang menggunakan, kalian harus mencoba untuk menggunakan ide tersebut. Ide yang original dapat membuat kalian menjadi peserta yang diprioritaskan, karena biasanya ide yang original menjadi salah satu poin penilaian.

Percaya Diri
Hal ini yang perlu tertanam pada diri seseorang, terlebih orang tersebut berniat untuk berjuang untuk memenangkan sebuah kompetisi. Terkadang memang seseorang menganggap rendah diri/merasa tidak mampu untuk bersaing untuk mengikuti sebuah kompetisi.

Namun hal tersebut harus kalian buang jauh - jauh, karena tentu saja hal itu dapat merugikan kalian sendiri yang pada akhirnya membuat kalian tidak akan pernah merasa berani untuk mengikuti sebuah kompetisi fotografi.

Sebaiknya tanamkan rasa percaya diri pada diri kalian untuk membuat kalian dapat bersaing da berjuang untuk mengikuti sebuah kompetisi fotografi. Usaha tanpa rasa percaya diri membuat kalian kurang bisa menjadi seorang pemenang, begitupun sebaliknya, rasa percaya diri yang tinggi harus diimbangi dengan usaha yang keras pula.

Kirim foto sebanyak yang diminta
Beberapa lomba fotografi memperbolehkan peserta mengirimkan karya foto sebanyak - banyaknya, hal tersebut dapat kalian manfaatkan untuk lebih memiliki peluang untuk menang. Namun meskipun kalian mengirimkan karya foto yang banyak, jangan sampai kalian mengabaikan ketentuan umum lainnya.

Selain itu, meskipun beberapa lomba foto memperbolehkan kalian mengirim banyak karya, namun biasanya juga mereka membatasi jumlah karya foto yang kalian kirim. Dengan begitu, kalian harus mengikuti peratutan tersebut.

Gunakan Alat yang baik
Peralatan fotografi
Sumber foto : Google

Selain seseorang di belakang kamera menjadi salah satu penentu bagus tidaknya hasil dari sebuah foto, namun alat yang baik dan bagus juga menjadi faktor pendukung terciptanya sebuah foto yang bagus dan menarik. Untuk itu, usahakan menggunakan alat yang baik, dari mulai kamera, perlengkapan dan lain sebagainya.

Selain itu, pastikan peralatan yang kalian gunakan masih dalam kondisi normal. Sehingga tidak merepotkan dan menimbulkan masalah jika pada saat dipakai ternyata alat yang kalian gunakan memiliki kendala yang justru aka menghambat kalian dalam memotret.

Banyak Berlatih
Latihan menjadi hal penting untuk mendapatkan foto yang bagus. Semakin kalian banyak latihan, maka semakin kalian mengetahui bagaimana dan pada bagian apa kekurangan dalam foto yang kalian ambil. Dengan begitu kalian dapat cepat memperbaiki kesalahan atau kekurangan pada hasil foto tersebut.

Latihan memotret juga mampu menghasilkan karya foto yang banyak, dengan begitu kalian akan semakin memiliki banyak karya foto yang dari banyak karya foto yang kalian hasilkan tentu dapat kalian kirim untuk mengikuti sebuah lomba foto. Semakin banyak karya foto yang dikirim, maka semakin banyak kesempatan kalian untuk menang.

Mencari Referensi Foto yang Menang
Ini bisa kalian lakukan untuk mengecek seperti apa foto yang biasa menang dalam lomba fotografi tersebut, kalian dapat melakukan ini ketika perlombaan yang kalian ikuti adalah perlombaan yang rutin dilaksanakan, misalnya setahun sekali. Selain itu, kalian dapat mencari tahu referensi foto yang menang hasil dari penilaian dewan juri yang sama seperti lomba yang akan kalian ikuti.

Dengan begitu, kalian akan mendapatkan sedikit gambaran seperti apa jenis foto yang biasanya bagus atau layak menang menurut dewan juri tersebut.

Perhatikan Tingkat Kesulitan
Tingkat kesulitan merupakan menjadi salah satu poin penting dalam lomba fotografi, biasanya tingkat kesulitan dalam foto yang kalian ambil menjadi salah satu faktor penentu yang penting yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan apakah foto kalian layak menjadi pemenang.

Tentu penilaiannya akan berbeda dibanding dengan foto yang diambil dengan cara mudah. Namun bukan berarti tidak meungkin, namun hal tersebut harus tetap kalian jadikan acuan bahwa kesulitan mempengaruhi penilaian lomba fotografi.

Itulah beberapa tips untuk kalian mengikuti lomba fotografi, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber informasi dan pemacu semangat bagi kalian yang akan mengikuti lomba fotografi.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: