Beberapa Manfaat Mempelajari Fotografi | Blog Banten Kamera

Beberapa Manfaat Mempelajari Fotografi

Belajar fotografi
Sumber foto : Google
Fotografi merupakan hal yang menarik untuk dipelajari, saat ini banyak orang yang menyukai dunia foto. Hal tersebut didukung karena semakin banyaknya tempat - tempat menarik di Indonesia bahkan dunia yang banyak menyuguhkan tempat wisata yang keren dan sayang untuk diabaikan.

Meskipun begitu, mempelajari fotografi tidak hanya sebatas untuk bisa mengabadikan moment tertentu saja, namun ketika seseorang mempelajari fotografi ia akan mendapatkan banyak manfaat yang akan dirasakan.

Bagi kalian yang masih awam dengan dunia fotografi dan sedang berusaha mencari tahu tentang manfaat mempelajari fotografi, artikel ini aka menjelaskan beberapa manfaat mengapa kalian perlu mempelajari fotografi, berikut penjelasannya :

Menambah Skill Baru
Keterampilan merupakan hal yang sangat penting ketika kalian aka bersiap untuk bersaing di dunia pekerjaan. Selain tentunya harus menguasai bidang ilmu yang kalian dapatkan di dunia pendidikan formal, perusahaan biasanya akan lebih menyukai seseorang yang memiliki skill yang lebih banyak.

Ketika seseorang mampu menguasai skill tambahan, beberapa perusahaan akan memprioritaskan seseorang yang mempunyai skill yang lebih. Hal tersebut mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan nantinya, tentunya kalian juga perusahaan yang kalian tuju masih memiliki hubungan dengan dunia foto.

Meskipun begitu, menguasai fotografi tidak hanya akan menguntungkan kalian serta menjadi nilai tambah ketika kalian sedang bersaing di dunia kerja saja. Namun hal ini membuat kalian memiliki kemampuan dalam banyak hal ketika menjalani kehidupan sehari - hari.

Membuat Lebih Percaya Diri
Percaya diri merupakan hal yang penting dalam menjalani kehidupan sehari - hari. Jika kalian ingin menjadi seseorang yang lebih percaya diri, maka salah satunya kalian dapat mempelajari fotografi. Suatu saat kalian akan berada di situasi yang membuat kalian harus mampu mengabadikan momen, ketika tidak ada lagi orang lain yang mampu melakukannya, maka kalian berbeda, kalian mampu menjadi seseorang yang berbeda dan percaya diri untuk melakukan hal tersebut.

Hal ini juga berhubungan dengan penjelasan mencari pekerjaan, ketika kalian berniat mengajukan diri untuk melamar ke suatu perusahaan yang sedikit berhubungan dengan foto, maka kalian setidaknya memiliki bekal pengetahuan yang dapat kalian berikan untuk perusahaan tersebut. dengan begitu kalian akan menjadi seseorang yang lebih percaya diri dibanding dengan orang lain yang memiliki skill yang lebih sedikit.

Selain itu, apakah kalian pengguna sosial media yang aktif? jika iya, tentu kalian akan banyak mengunggah hasil foto yang kalian miliki pada media sosial. Jika kalian memiliki kemampuan fotografi, tentu hal tersebut akan memberikan tingkat rasa percaya diri yang lebih untuk kalian mengunggah hasil foto yang kalian miliki.

Lihat juga : Tips Memotret Fotografi Makanan Agar Lebih Menarik

Mampu Menghasilkan Foto yang Menarik
Makro fotografi
Sumber foto : Google

Hampir setiap orang menyukai melihat sebuah foto atau gambar yang menarik, bahkan sebagian orang menjadikan melihat foto atau gambar sebagai hiburan dalam hidupnya. Menghasilkan foto yang menarik mampu memberikan keuntungan bagi kalian, seperti kalian akan dipercaya orang lain untuk memotret mereka, menjual hasil karya foto kalian, mampu mengikuti lomba fotografi bahkan menjadi seorang pemenang atau hal lain yang tentunya dapat memberikan keuntungan bagi kalian.

Untuk dapat menguasai fotografi serta mampu menghasilkan foto yang menarik, tentu kalian perlu mempelajari beberapa teknik fotografi, berbeda jika kalian tidak mempelajari fotografi maka hasil yang kalian dapatka tidak maksimal dan kurang bagus.

Mampu Memperlakukan Kamera dengan Baik
Kamera DSLR
Sumber foto : Google

Seseorang yang berniat mempelajari fotografi tentu langkah awal yang harus ditempuh adalah mengenal bagian - bagian kamera. Ketika kalian sudah mengetahui seperti apa bagian - bagian kamera dan bagaimana cara memperlakukan/memakainya, maka kalian akan mampu memperlakukan atau menggunakan kamera dengan baik, serta memperlakukan kamera seperti sebagaimana mestinya.

Hal tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri, yaitu kamera yang kalian miliki/gunakan menjadi terawat dan tidak menjadi cepat rusak. Berbeda jika kalian tidak memahami kamera dengan baik, kalian juga tidak akan terlalu bisa memperlakukan atau menggunakan kamera dengan baik, serta hal tersebut dapat berdampak buruk terhadap kamera yang kalian miliki atau gunakan.

Membuka Peluang Pekerjaan
Tentu setiap orang butuh untuk mendapatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Memahami fotografi menjadi salah satu jalan bagi kalian untuk mendapatkan penghasilan, bagaimana tidak? kalian dapat menjadi seorang fotografer untuk event - event atau bahkan membuka usaha yang berhubungan dengan fotografi. Misalnya membuka studio foto, memberikan kursus fotografi, menjual karya kalian atau hal lainnya.

Ketika kalian sudah mantap untuk melakukan bisnis foto. Selain  kalian dapat membuka peluang pekerjaan untuk diri sendiri, kalian juga akan membuka peluang pekerjaan untuk orang lain juga.

Memiliki Banyak Karya
Kata orang yang mengabadikan kita adalah karya. Oleh karena itu berkarya dan mempunyai karya merupakan hal yang penting dalam hidup. Karya seseorang biasanya menjadi sumber motivasi bagi orang lain, selain itu karya yang kita miliki dapat menjadi portofolio.

Sewaktu - waktu ketika kalian akan mengajukan diri pada suatu perusahaan atau membuka sebuah usaha yang berkaitan dangan foto, hasil karya kita mampu menjadi bukti bahwa kita memiliki kemampuan ini.

Itulah beberapa manfaat dalam mempelajari fotografi, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba mempelajari fotografi!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: