Tips Membawa Kamera DSLR Ketika Hiking ke Gunung | Blog Banten Kamera

Tips Membawa Kamera DSLR Ketika Hiking ke Gunung

membawa kamera ke gunung
Sumber : Nurkhikmah yuliastuti
Liburan menjadi hal yang dinanti - nanti bagi banyak orang. Setiap orang sudah merencanakan waktu dan tempat liburannya masing - masing tergantung dimanakah tempat yang ia sukai. Ada orang yang lebih menyukai liburan di taman rekreasi, berkemah di hutan, mengunjungi pantai hingga naik gunung.

Ketika berlibur, banyak orang yang tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mengabadikan moment berkesan dan menyenangkan tersebut, oleh karena itu agar moment tersebut dapat terekam dengan baik, tentu setiap orang sudah mempersiapkannya secara baik dan matang.

Apakah yang harus dipersiapkan dan dibawa ketika liburan agar moment membahagiakan dapat abadi? jawabannya adalah membawa kamera.

Ya, kamera saat ini menjadi alat wajib yang mendampingi berbagai perjalanan liburan kalian agar liburan lebih menyenangkan dan setiap momentnya dapat terekam dengan baik. Kamera tidak hanya merekam kejadian yang kita alami sendiri, sebagian orang lebih suka mengabadikan moment atau peristiwa lain yang sedang terjadi di sekelilingnya atau mengabadikan pemandangan atau hal menakjubkan yang terdapat di sekeliling kita.

Berlibur dengan cara naik gunung saat ini menjadi hal yang sangat menarik, banyak orang berbondong - bondong naik gunung dan bermalam diatasnya untuk merasakan sejuknya udara menyegarkan di gunung tersebut.

Indonesia memiliki banyak gunung yang dapat didaki, diantaranya gunung - gunung yang sangat tinggi yang hanya dapat ditempuh dengan waktu yang lama. Misalnya saja gunung merbabu yang dapat ditempuh perjalanan selama 2 hari.

Meskipun menghabiskan waktu perjalanan yang sangat lama, kalian tetap bisa membawa kamera seperti berlibur ke tempat lainnya. Bagi kalian yang berniat naik gunung dan ingin membawa kamera DSLR, pastikan untuk menjaga dan membawa kamera dengan baik. Untuk penjelasan lebih banyak, artikel ini akan memberikan beberapa tips membawa kamera DSLR ke gunung, berikut uraiannya :

Isi Baterai Hingga Penuh
Baterai kamera
Sumber foto : Google

Ini adalah hal penting ketika kalian ingin membawa kamera ke gunung, perjalanan hingga berhari - hari membuat kalian mencari cara bagaimana agar setiap moment perjalanan hingga kembali dapat diabadikan dengan baik. Tentunya agar kamera kalian dapat digunakan beberapa hari, sebelum berangkat kalian harus mengisi daya baterai hingga penuh.

Selain itu, kalian dapat mempersiapkan baterai kamera cadangan untuk dibawa, daya baterai yang hanya dapat bertahan hingga beberapa jam saja tentu akan membuat kalian kesulitan jika sewaktu - waktu kamera mati karena daya baterai habis padahal perjalanan masih panjang.

Berlibur ke alam atau dalam hal ini gunung, membuat kalian tidak bisa menggunakan listrik. Sehingga untuk mengantasipasi kamera dapat menyala dalam waktu yang lama sebaiknya kalian mengisi daya baterai hingga penuh dan membawa baterai cadangan.

Kosongkan Kartu Memori
Memory card
Sumber foto : Google

Moment berlibur tentu bukan moment yang setiap hari terjadi, sehingga pasti kalian akan mengabadikan setiap peristiwa menarik ketika masa liburan. Ketika berlibur hampir semua waktu dan peristiwa menjadi menarik, oleh sebab itu untuk mengabadikan moment tersebut kalian memerlukan ruang penyimpanan foto yang cukup banyak.

Sebaiknya kalian menyiapakan memori kamera dengan baik, diantaranya mengosongkan kartu memori kamera atau kalian menyiapkan memori dengan kapasitas yang lebih besar. Cara lain yang dapat dilakukan yaitu menyiapkan memori cadangan.

Tentunya ketika kalian naik gunung akan terasa sulit jika harus membawa laptop yang digunakan untuk mem-back up data, oleh sebab itu yang sebaiknya kalian lakukan adalah membawa kartu memori cadangan.

Simpan di Tempat Aman
Tas kamera
Sumber foto : Google

Gunung merupakan alam yang kondisinya terkadang tidak dapat di prediksi, terkadang sewaktu - waktu cuacanya cerah, namun di waktu lain cuacanya mendung dan turun hujan. Untuk itu, ketika turun hujan kalian dapat mengamankan kamera di tempat yang aman. Sebaiknya masukkan kamera ke dalam tas khusus kamera dan simpan di dalam tenda, pastikan tenda kalian dalam keadaan normal dan tidak bocor.

Seperti yang kalian tahu, kamera aka cepat terserang jamur jika disimpan pada tempat yang lembab, oleh karena itu jangan sampai menyimpan kamera di tempat yang lembab atau tertindih oleh barang lain.

Selain menyimpan kamera di tempat yang aman, sebaiknya ketika perjalanan bawa kamera kalian dengan tas yang terpisah dengan tas carrier, kalian dapat membawa tas kamera lalu dikalungkan pada leher kalian. Hal ini menjadi lebih aman bagi kamera, kamera tidak akan tertindih oleh barang - barang lain.

Bawa Sedikit Peralatan Kamera
Ketika mendaki gunung, biasanya seseorang akan membawa banyak barang. Terlebih perjalanan yang ditempuh jauh dan memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, untuk meringankan beban pundak kalian sebaiknya jangan terlalu banyak membawa peralatan kamera. Tentukan dengan baik apa saja alat yang sebaiknya kalian bawa.

Karena jika kalian membawa semua peralatan kamera yang kalian punya tentu akan merepotkan diri kalian sendiri karena terlalu banyak barang yang dibawa.

Itulah beberapa tips ketika kalian ingin membawa kamera ketika mendaki gunung, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: