Tips Memotret Fotografi Makanan Agar Lebih Menarik | Blog Banten Kamera

Tips Memotret Fotografi Makanan Agar Lebih Menarik

Food photography
Sumber foto : Google
Makanan merupakan menjadi salah satu objek menarik dalam fotografi. Bahkan saat ini banyak fotografer yang hanya fokus memotret makanan saja. Berbagai macam tujuan ketika memotret makanan, diantaranya hanya mengabadikan makanan saja, mempromosikan makanan/iklan atau memang memotret makanan dengan tampilan yang berbeda dan unik.

Banyak fotografer Indonesia yang menggeluti dunia fotografi makanan, salah satunya adalah Herry Tjiang. Ia merupakan lulusan ekonomi dari universitas tri sakti. Sebuah kontes fotografi yang ia menangkan pada tahun 1998 membuat Harry Tjiang semakin mantap dan percaya diri untuk menjadi seorang fotografer. Hingga sampai saat ini, ia menjadi seorang fotografer profesional dan fotografi makanan terkenal.

Harry banyak mempunyai klien perusahaan makanan yang terkenal di Indonesia, beberapa diataranya sari roti, KFC, yuraku shabu shabu dan lain sebagainya.

Dalam memotret makanan, tentu tidak semudah yang difikirkan. Banyak pertimbangan atau beberapa persiapan sebelum memotret makanan agar dapat menghasilkan foto yang unik dan menggugah selera. Salah satu hal yang utama dalam fotografi makanan adalah foto yang unik dan menggugah selera.

Jika kalian menyukai dunia fotografi dan berniat untuk mengabadikan sebuah makanan menjadi foto, maka ada beberapa tips yang sebaiknya kalian perhatikan agar hasil dari foto makanan yang kalian potret menjadi keren dan menarik. Berikut beberapa tipsnya :

Pencahayaan
Pencahayaan merupakan salah satu hal penting dalam fotografi, terlebih memotret makanan biasanya dilakukan di tempat tertutup atau di dalam ruangan. Namun hal tersebut bukanlah aturan mutlak yang harus dilaksanakan, sehingga kalian dapat memotret dimana saja.

Tergantung dari jenis makanan apa yang kalian jadika objek. Agar menghasilkan gambar keren dengan pencahayaan yang bagus, tentu kita akan membutuhkan flash eksternal atau continuous flash. Pada beberapa kesempatan, fotografer makanan memotret makanan di dalam studio, hal tersebut dilakukan agar makanan terlihat secara detail dan cerah.

Warna yang Cerah
Food photography
Sumber foto : Google

Warna yang cerah merupakan salah satu faktor yang membuat makanan menjadi menggugah selera, oleh karena itu, salah satu cara agar makanan agar terlihat lebih menarik adalah dengan menampilkan warna - warna cerah dalam makanan tersebut.

Jika kalian ingin memotret kumpulan, usahakan memilih sayuran yang memiliki warna cerah. Meskipun tidak semua warna sayuran cerah, namun kalian dapat mencampur beberapa sayur yang berwarna pucat dengan dominasi warna cerah yang lebih banyak dan beragam.

Posisi
Food photography
Sumber foto : Google

Ketika memotret makanan, biasanya kalian perlu memikirkan bagaimana posisi makanan yang pas, agar ketika makanan dipotret akan terlihat keseluruhan bahan makanan yang digunakan. Posisi yang pas untuk memotret makanan biasanya dari samping atau dari atas.

Hal tersebut tergantung dari makanan seperti apa yang akan difoto, karena terdapat makanan yang tidak terlihat mecam - macam isinya jika dilihat dari atas. Begitupun sebaliknya, beberapa makanan tidak dapat terlihat macam - macam isinya jika dilihat dari samping.

Contohnya memotret sebuah burger yang akan lebih terasa bagus jika difoto dari samping. Jika kita memotret dari samping, maka aka terlihat seluruh isi atau bahan yang ada dalam burger, seperti tomat, mentimun, daging, keju dan lain sebagainya. Akan berbeda jika burger di foto dari atas. Maka seluruh bahan tidak akan terlihat dengan baik karena tertutup oleh roti.

Atau contoh lain, jika kalian memotret makanan dengan isi tidak terlihat maka kalian dapat memotong makanan tersebut menjadi 2 atau beberapa bagian, tujuannya agar terlihat apa isi dari makanan tersebut.

Contohnya memotret roti isi, karena kita tidak mengetahui apa isi dari roti tersebut maka untuk memberikan informasi secara jelas melalui foto kita dapat memotong roti tersebut hingga isi roti dapat terlihat.

Properti Tambahan
Untuk mempercantik hasil foto, sebaiknya gunakan property atau bahan tambahan yang ditempatkan di sekitar makanan. Contoh bahan tambahan tersebut adalah bawang putih, kopi, beberapa biji merica, daun kemangi atau hal - hal lain yang memang digunakan untuk memasak makanan tersebut.

Sebagai contoh, kalian dapat menempatkan beberapa iris jeruk nipis diatas soto atau menaburkan bubuk kopi ketika memotret kopi.

Wadah yang Unik
Agar foto makanan lebih menarik dan sedap dipandang, kalian dapat menggunakan wadah makanan yang unik. Biasanya tempat makanan hanya berupa mangkok atau piring putih polos tanpa corak, agar hasil lebih menarik kalian dapat mengganti wadah makanan dengan yang lainnya. Misalnya dengan mangkok atau piring yang memiliki corak atau menggunakan wadah yang memiliki bentuk yang berbeda dari biasanya.

Penataan Makanan
Sebelum melakukan pemotretan, langkah yang harus dilakukan adalah menyusun makanan sedemikian rupa agar makanan terlihat menarik dan tidak acak - acakan. Pada beberapa tempat, makanan memang sudah melalui proses plating yang tentunya disusun dengan baik dan bagus oleh chef dari makanan tersebut.

Tetapi bagi beberapa tempat, makanan disajikan apa adanya tanpa mengindahkan unsur estetika dalam makanan. Oleh sebab itu, kita perlu menyusunnya kembali agar gambar makanan tersebut dapat terlihat menarik dan tersusun.

Foto Saat Pembuatan
Foto makanan terlihat menarik tidak hanya ketika makanan tersebut disajikan, namun makanan yang sedang dibuat juga dapat menghasilkan foto yang menarik. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya memotret makanan ketika makanan sedang dibuat, namun objek utama harus tetap pada makanan yang akan dipotret.

Sesekali cobalah memotret makanan ketika sedang dibuat atau diambil dari wadahnya. Hal ini dilakukan agar foto makanan tidak terlalu monoton dan mempunyai beberapa pilihan yang berbeda.

Ide Menarik
Tidak hanya kamera bagus yang dapat menghasilkan foto yang luar biasa keren, tetapi seseorang dibalik kamera juga memiliki peran yang penting. Ide dari fotografer juga menjadi salah satu penentu menariknya sebuah hasil foto makanan. Untuk itu fotografer dituntut untuk mempunyai dan menerapkan ide kerennya terhadap makanan yang akan difoto.

Terus Mencoba
Hal apapun jika kita ingin mendapatka hasil yang bagus, unik dan berbeda tentu kita membutuhkan yang namanya latihan. Latihan mampu membuat kita semakin baik dalam menciptakan sebuah karya yang bagus.

Bagi kalian yang masih gagal dalam menghasilkan foto makanan yang keren, sebaiknya jangan menyerah dan terus mencoba memotret makanan. Perlahan - lahan jika kita terus mencoba, maka akan membuat kita terlatih dan mampu menghasilkan karya yang bagus dan menarik

Itulah beberapa tips food photography atau fotografi makanan yang perlu kalian terapkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah pengetahua fotografi kalian khususnya makanan. Selamat mencoba dan selamat berkarya
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: