Mengenal Teknik Framing dan Foreground | Blog Banten Kamera

Mengenal Teknik Framing dan Foreground

Memperindah hasil fotografi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan beberapa teknik fotografi atau dengan memberikan beberapa pemanis pada foto. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh fotografer diantaranya teknik framing dan foreground. Apa itu framing dan foreground?

Pada artikel ini, masing - masing akan dijelaskan apa itu framing dan apa itu foreground. Jika dilihat, framing dan foreground terlihat sama, yaitu sama - sama menambahkan benda atau hal - hal lain diluar objek utama yang ditempatkan di depan objek. Meskipun begitu, baik framing maupun foreground memiliki jenis yang berbeda.

Framing
Framing
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Jika dilihat dari namanya, Arti dari framing merupakan membingkai, begitupun dalam dunia fotografi. Framing merupakan membingkai objek utama. Menggunakan apa dan bagaimana caranya membingkai objek foto? Untuk melakukan framing, kita dapat menentukan objek yang akan kita potret terlebih dahulu. Setelah objek utama sudah kita tentukan, maka kita dapat mencari bingkai atau hal - hal di sekitar objek yang dapat dijadikan bingkai.

Hal yang perlu diingat adalah, framing merupakan faktor pendukung dari objek utama saja. Sehingga yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai framing mendominasi objek utama. Atau dengan kata lain, beri porsi lebih bayak untuk objek utama masuk ke dalam frame, sedangkan framing hanya diberi sedikit ruang saja.

Apa saja yang dapat dijadikan framing? yang dapat dijadikan framing adalah benda - benda yang mampu membuat objek utama terlihat lebih menarik. Namun terkadang, beberapa objek sudah terbingkai secara alami, yang perlu kita lakukan adalah aktif mencari tempat dari mana sebaiknya kita akan memotret objek.

Cara agar kita mendapatkan foto dengan framing yang tepat dan menarik, tentu kita harus
banyak mencari tempat foto yang terbaik sebelum memotret objek. Framing dapat berupa tembok yang bolong, sela - sela pagar, kawat atau hal apapun yang dapat membingkai objek utama.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan framing yang bagus, sebaiknya kalian mencoba beberapa benda untuk dijadikan framing foto, dengan begitu kalian dapat memilih foto dengan framing yang menarik.

Untuk membuat framing kalian dapat menggunakan objek framing yang berada di bawah ataupun atas, masing - masing tergantung dari tempat objek framing itu berada. Selain untuk memperindah objek, framing juga membuat agar yang melihat foto tersebut langsung terarah dan langsung fokus kepada objek utama.

Foreground
Foreground
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Foreground juga memberikan kesan indah serta pemanis dalam fotografi. Namun foreground seikit berbeda dengan framing. Foreground merupakan latar depan foto yang biasanya keberadaannya diburamkan oleh kita. Berbeda dengan framing yang terkadang tidak memburamkan latar depannya.

Selain itu, benda yang dijadikan foreground hanya sebagian kecil saja. Lebih kecil dari benda yang digunakan oleh framing. Apa saja benda yang dapat dijadikan objek foreground? Semua benda yang terdapat pada sekeling objek utama. Diantaranya kita dapat menggunakan bunga, pohon atau hal lain yang menarik dan pantas dijadikan foreground. Sama seperti framing, foreground juga hanya memasukkan sedikit objek foreground saja, bahkan lebih kecil dari framing.

Hal tersebut perlu dipertimbangkan agar foreground tidak mengganggu atau menghalangi objek utama. Karena pada dasarnya objek utama merupakan hal yang paling penting. Sama seperti framing, untuk mendapatkan foreground yang menarik dan sesuai dengan objek utama, maka kita perlu untuk mencari beberapa benda yang dapat dijadikan foreground serta mencobanya. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan hasil foto yang lebih indah dan bagus.

Itulah beberapa penjelasan mengenai framing dan foreground dalam fotografi, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang fotografi untuk kalian. Selamat membaca dan jangan lupa untuk mencobanya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: