Beberapa Tempat Kursus Fotografi di Indonesia | Blog Banten Kamera

Beberapa Tempat Kursus Fotografi di Indonesia

Belajar fotografi dapat dilakukan dengan cara apa saja, dimana saja dan dengan siapa saja. Beberapa orang memilih untuk belajar sendiri, belajar bersama teman, belajar bersama dalam komunitas atau mengambil kursus atau pelatihan secara rutin. Tentu masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing.

Bagi kalian yang lebih ingin mendapatkan ilmu atau pengetahuan fotografi secara formal dan berjangka waktu, kalian dapat memilih masuk dalam kelas fotografi atau kursus fotografi. Di Indonesia saat ini sudah terdapat banyak tempat kursus atau sekolah fotografi, dari mulai yang bertarif tinggi hingga yang gratis. Kalian dapat memilih kursus atau kelas fotografi sesuai dengan kemampuan finansial atau waktu kalian.

Dengan mengikuti kelas atau kursus fotografi, kalian akan mendapatkan beberapa manfaat baik untuk kalian kedepannya. Biasanya seseorang yang mengikuti kursus fotografi lebih terarah dalam mempelajari berbagai hal mengenai fotografi, selain itu kalian dapat lebih belajar secara intens karena jadwal sekolah dan kursus yang telah ditentukan. Selain hal tersebut, masih banyak lagi manfaat yang dapat kalian dapatkan ketika kalian mengikuti sekolah atau kursus fotografi.

Jika kalian sedang mencari sekolah fotografi dan masih bingung dalam menentukannya, artikel ini akan menjelaskan beberapa tempat sekolah atau kursus fotografi di Indonesia, berikut beberapa sekolah dan tempat kursus fotografinya :

Darwis Triadi School of Photography
Darwis triadi school of photography
Sumber gambar : Darwis triadi school of photography

Sekolah fotografi satu ini merupakan milik fotografer hebat asal Indonesia yang bernama Darwis Triadi. Darwis Triadi school photography mulai membuka kelasnya pada tahun 2003, Lokasi dari sekolah fotografi ini yaitu berada di jalan pattimura No. 2, kebayoran baru jakarta selatan.

Dalam membentuk sekolah ini, Darwis Triadi mempunyai misi yang sangat baik diantaranya memajukan dunia fotografi secara umum, mengembangkan sumberdaya manusia yang profesional, mewujudkan generasi muda yang creative, dinamis, dan memiliki keahlian (seni fotografi) dan membantu pemerintah mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan informal (seni fotografi).

Sekolah fotografi ini menyediakan beberapa pilihan level kelas fotografi, diataranya basic, intermediate, advance, special class, dan photoshop. Mengenai biaya, kalian harus mengeluarkan budget sekitar 3,5 hingga 4 juta rupiah untuk dapat mnegikuti kelas pada sekolah fotografi ini.

Setiap kelas memiliki tarif yang berbeda - beda, Namun hal tersebut sebanding dengan ilmu yang didapat ditambah dengan instruktur hebat yang akan memberikan materi pada kelas fotografi kalian nantinya.

Beberapa instruktur dalam sekolah ini merupakan fotografer profesional yang namanya sudah tidak asing di telinga fotografer Indonesia, diantaranya Darwis Triadi sendiri, Arbain Rambey, Angga Priady, Dian Mayori dan masih banyak fotografer hebat lainnya.

Sebagai contoh kelas basic weekend, jika kalian mengamil kelas ini biaya yang kalian keluarka yaitu sebanyak 3,5 juta rupiah. Kalian akan mengikuti kelas pada setiap hari sabtu dan minggu dengan periode kelas satu bulan. Kelas dimulai pukul 10 pagi dan berakhir pada pukul 4 sore. Fasilitas yang kalian dapatkan yaitu alat tulis, makan siang serta sertifikat.

Untuk peralatan fotografi, laptop atau lainnya kalian harus membawa masing - masing. Materi yang akan diberikan pada kelas ini yaitu sebanyak 7 materi, diantaranya 1. Pengenalan Dasar fotografi, Teknik Pencahayaan, Praktek (available light), Dasar-dasar Komposisi, Praktek komposisi, Praktek (moving object) dan Quality of Light.

Jakarta School of Photography
Jakarta school of photography
Sumber gambar : Jakarta school of photography

Sekolah fotografi yang kedua ini juga milik salah seorang fotografer Profesional Indonesia yaitu Herry Tjiang. Sekolah yang berdiri pada tahun 2009 ini khusus untuk belajar fotografi dan drone training. Sekolah ini menyajikan kurikulum yang menarik ditambah dengan praktisi yang juga sudah lama menekuni dunia fotografi dan profesional.

Lihat juga : Rekomendasi komunitas fotografi di Indonesia

Sekolah yang biasa disebut Jsp ini telah menghasil sebayak 145 angkatan, baik kelas privat, reguler maupun institusi dan organisasi. Jsp memiliki 10 jenis kelas fotografi diantaranya, Kelas Basic photography Lighting, Intermediate photography, Food photography, photoshop basic, photoshop advance, Advance photography Drone, Drone pemetaan, landscape photography dan Model photography.

Beberapa instruktur yang akan memberikan materi dan pelatihan dalam sekolah ini diantaranya Herry Tjiang, Imam Priambodo, Angkoso Dewantoro dan Rocky Jaya Saputra. Biaya yang harus klaian keluarkan untuk dapat mengikuti kelas pada sekolah ini yaitu berkisar antara 1,9 juta hingga 7 juta rupiah tergantung dari jenis kelas yang kalian ambil.

Ajie Lubis School of Photography
Ajie lubis school of photography
Sumber gambar : Ajie lubis school of photography

Sekolah fotografi ini juga milik dari seorang fotografer profesional lulusan Royale Melbourne Institute of Technology Australia yaitu Ajie Lubis. Dengan motto "Giving the best photography knowledge", sekolah ini mempunyai harapan siswa lulusan sekolah ini mampu memahami, menguasai serta mampu menciptakan karya foto yang berkonsep dan berkualitas tinggi.

Sekolah ini memberikan beberapa jenis kelas pilihan yang dapat kalian tentukan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa kelas di sekolah ini yaitu beginner class, Intermediate class, advance class, special class (product photography, portrait photography, strobist photography dan photography fot business), private at your home dan group class.

Mengenai biaya yang harus kalian keluarkan berkisar antara 2 hingga 3 juta rupiah tergantung jenis kelas apa yang kalian ambil. Dengan biaya tersebut kalian akan mendapatkan fasilitas diantaranya soft copy material, snack, drink, T-shirt, konsultasi foto dan sertifikat.

Kelas Pagi
kelas pagi
Sumber gambar : kelas pagi

Nah yang terakhir adalag kursus fotografi kelas pagi. Kursus ini dinamakan kelas pagi karena memang waktu pelaksanaan kursusnya dimulai pada pagi hari yaitu sejak pukul 6 pagi hingga 11 siang. Kelas pagi merupakan tempat kursus fotografi gratis yang diinisiasi oleh Anton Ismael. Kelas pagi mulai berkembang pada tahun 2006.

Hingga saat ini, kelas pagi telah meluluskan 9 angkatan tahun 2006. Kelas pagi tidak hanya berada di Jakarta, namun berdiri juga di kota lain seperti Yogyakarta dan Papua. Jika kalian berminat untuk mengikuti kursus namun terkendala biaya, kelas pagi merupakan tempat yang cocok untuk menambah pengetahuan fotografi kalian.

Itulah beberapa sekolah dan kursus fotografi di Indonesia, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat menentukan pilihan kalian.

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: