Rekomendasi Komunitas Fotografi Nasional yang Dapat Kalian Ikuti | Blog Banten Kamera

Rekomendasi Komunitas Fotografi Nasional yang Dapat Kalian Ikuti

Photographer community
Sumber foto : Google
Memutuskan untuk memasuki dunia fotografi tentu ada hal yang harus kalian fikirkan, terlebih ketika kalian masih dalam tahap pemula. Kalian tentu perlu belajar banyak hal dan belajar dari beberapa tempat untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi yang mendlam dan lengkap.

Sebenarnya belajar fotografi dapat dilakukan secara otodidak atau belajar sendiri, namun hal tersebut tentu memiliki kekurangan dibanding belajar bersama dengan orang lain atau belajar fotografi dari berbagai tempat. Salah satu cara agar kalian dapat lebih mudah mengerti serta mendapat banyak infromasi tentang fotografi adalah dengan bergabung dengan komunitas.

Apasih untungnya bergabung komunitas atau forum fotografi? Tentu kalian akan mendapatkan banyak keuntungan dari bergabung dengan komunitas fotografi, diantaranya kalian akan mendapatkan banyak teman atau rekan baru yang memiliki hobi yang sama. Ketika bertemu dengan orang baru biasanya kita juga akan mendapatkan informasi atau pelajaran baru, bertukar pendapat hingga memberikan masukan atau saran kepada sesama.

Banyak yang mengatakan, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Oleh karena itu, ketika bergabung dengan komunitas biasanya kita saling berbagi pengalaman antar anggota, pengalaman dari anggota - anggota lain itulah yang dapat kalian petik pelajarannya. Tentu kalian juga dapat bercerita pengalaman pribadi kalian tentang fotografi, dengan begitu kalian juga dapat memberikan pelajaran serta manfaat kepada orang lain.

Biasanya dalam suatu komunitas atau forum, terdiri dari beberapa macam anggota didalamnya, ada yang masih dalam tahap pemula, menengah atau ahli. Dengan begitu kalian yang masih dalam tahap pemula bisa mencari informasi atau pengetahuan yang mungkin belum kalian dapatkan sebelumnya kepada anggota yang sudah ahli dalam fotografi. Begitupun sebaliknya, berbagi pengalaman akan membuat seseorang semakin banyak mendapatkan informasi dan meningkatkan pengetahuan.

Selain itu, ketika kalian sedang mendapatkan masalah dalam hal fotografi, kalian dapat bercerita dengan anggota lain serta meminta bantuan anggota lain untuk menemukan jalan keluarnya. Selain itu, kalian dapat hunting foto bersama ke suatu tempat untuk melatihkemampuan fotografi. Biasanya beberapa orang akan lebih semangat untuk berlatih jika melakukan latihan bersama - sama dengan teman - teman.

Jika kalian merupakan tipe orang yang menyukai latihan atau belajar bersama, bergabung dengan komunitas merupakan hal yang harus kalian lakukan. Hal tersebut demi membuat kalian menjadi seseorang yang lebih banyak memiliki pengalaman serta pengetahuan lebih cepat dan lebih baik.

Artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi komunitas fotografi yang dapat kalian ikuti agar kalian mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran lebih baik, berikut beberapa komunitasnya :

Geonusantara
Sumber gambar : Geonusantara

Geonusantara adalah komunitas fotografi yang bermula dari instagram , namun lambat laun komunitas ini berkembang dan memiliki banyak anggota dari seluruh wilayah Indonesia. Geonusantara merupakan komunitas yang menaungi para penggemar fotografi yang bertujuan untuk membangun solidaritas antar anggota. Anggota dari komunitas ini disebut dengan keluarga geonusantara.

Geonusantara berdiri pada tanggal 1 september 2015 oleh Aditya Agus setyawan.Pembukaan member pertama geonusantara yaitu pada tanggal 8 oktober 2015. Definisi Geonusantara adalah segala sesuatu yang terdapat di bumi Indonesia (nusantara). Tentunya anggota dari komunitas ini harus berwarga negara Indonesia.

Lihat juga : Beberapa tips menguasai fotografi agar lebih mudah

Geonusantara memiliki sebuah persebaran komunitas di beberapa provinsi di Indonesia, diantaranya Provinsi Riau, Sumatera Selatan, Bali, Banten dan lain sebagainya. Geonusantara menawarka beberapa keuntungan serta fasilitas kepada para anggota/membernya. Diantara keuntungan dan fasilitasnya yaitu :

Memiliki lebih banyak koneksi dan relasi di Indonesia, hunting foto bersama, belajar bersama, mengunggah foto bersama yang dinamakan dengan UBER (unggah bersama) serta mendapatkan ID Geonusantara.Untuk menjadi anggota dari geonusantara, kalian harus melewati 8 tahap hingga akhirnya kalian resmi menjadi anggota dan mendapatkan ID Geonusantara.

Selain itu, kalian juga dapat bergabung dengan forum online melalui wesite resmi geonusantara jika sewaktu - waktu ada hal yang harus kalian tanyakan. Untuk informasi yang lebih jelas, seperti mendaftar anggota, visi misi atau jurnal geonusantara, kalian dapat mengunjungi website resmi dari geonusantara disini.

Id Photographer
Id Photographer
Sumber gambar : Id Photographer

Komunitas satu ini juga merupakan salah satu komunitas fotografi besar yang ada di Indonesia. Dibentuk pada bulan Maret 2005 yang diusung oleh Rian Boedi, Jerry Justianto, Albert Juwono dan Azwar Hadi Kusuma. Bermula dari mailing list yahoo, Id Photographer lambat laun menjadi komunitas fotografi yang besar dengan anggota yang semakin banyak.

Komunitas ini menggunakan mailing list Id Photographer dengan jumlah member sebanyak 3500 orang, selain itu komunitas Id fotografer juga sering mengadakan diskusi seputar fotografi secara langsung. Biasanya komunitas ini membahas tentang alat - alat fotografi, teknik fotografi, berbagai macam tips dalam fotografi dan lain sebagainya.

Id Photographer berharap, dengan berdirinya komunitas ini para anggota komunitas akan menambah wawasan serta meningkatkan keahlian fotografi. Dengan keahlian yang semakin meningkat, maka para anggota akan mampu menciptakan karya foto yang lebih baik lagi.

Sebagai bonusnya, Id Photographer sering memberkan informasi mengenai lomba fotografi melalui websitenya, ditambah jika kalian butuh inspirasi fotografi, kalian dapat melihat - lihat galeri fotografi yang telah disediakan oleh Id Photographer.

Jika kalian berminat untuk menjadi anggota resmi dari Id Photographer, kalian dapat langsung mengunjungi website remi Id Photographer disini.

Itulah rekomendasi komunitas fotografi nasional di Indonesia, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian khususnya pecinta fotografi yang sedang ingin bergabung dalam suatu komunitas fotografi. Selamat bergabung dengan komunitas!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: