Beberapa Tips Menguasai Fotografi Agar Lebih Mudah | Blog Banten Kamera

Beberapa Tips Menguasai Fotografi Agar Lebih Mudah

Belajara fotografi
Sumber foto : Google
Beberapa orang mempunyai tujuan dan keinginan besar terhadap fotografi, meski awalnya hanya ikut - ikutan teman atau mengenal dunia fotografi karena menjadi salah satu mata kuliah di kampus. Setelah itu, terkadang seseorang mulai menyukai fotografi dan mulai fokus mempelajarinya.

Bagi kalian yang sedang berada ditahap awal dalam dunia fotografi dan berkeinginan fokus mendalami dunia fotografi, ada beberapa hal yang dapat kalian terapkan atau lakukan agar kalian lebih mudah untuk mempelajari fotografi. Pada dasarnya mempelajari fotografi butuh waktu yang lebih banyak agar bisa mengerti secara keseluruhan hal - hal tentang dunia fotografi.

Seperti yang kalian ketahui bahwa fotografi bukan hanya berbicara tentang kamera, tetapi juga banyak hal yang harus dipelajari untuk menuju tahap yang selanjutnya, atau dapat dikatakan menuju tahap menengah hingga profesional. Selain tentang kamera, seseorang juga harus mempelajari hal lain yang berhubungan dengan fotografi, misalnya peralatan fotografi, lensa, teknik fotografi, komposisi dan masih banyak hal lainnya.

Untuk dapat mengerti secara keseluruhan tentang dunia fotografi tentu memerlukan waktu yang tidak cepat, segala sesuatunya membutuhkan proses untuk menuju tingkatan yang lebih tinggi atau pengetahuan yang lebih banyak. Untuk itu, agar kalian tidak terlalu merasa kesulitan, artikel ini akan menjelaskan beberapa tips agar lebih mudah menguasai fotografi, berikut penjelasannya :

Banyak Berlatih
Tentu berlatih merupakan salah satu cara untuk membuat kita menjadi bisa. Hal apapun ketika kita banyak melakukan latihan, maka lambat laun hal tersebut akan membuat kita menjadi orang yang mampu melakukannya. Terlebih dalam dunia fotografi, banyak hal yang harus dimengerti dan dipelajari. Kita memerlukan latihan yang lebih banyak, serta membutuhkan waktu juga yang lebih banyak.

Seorang fotografer melakukan latihan dengan hunting foto, oleh sebab itu sebaiknya kalian membuat sebuah persiapan yang baik untuk dapat melakukan latihan secara rutin. Usahakan membuat jadwal latihan atau hunting foto seminggu sekali selama beberapa jam untuk membuat kalian lebih banyak mempunyai karya.

Ketika seseorang mempunyai karya foto, ia akan terus merasa kurang yang akhirnya membuat seseorang mempunyai semangat yang besar untuk terus belajar fotografi.

Lihat juga : Cara memasang flash eksternal pada kamera

Pantang Menyerah
Ini adalah hal yang harus ditumbuhkan dalam diri seseorang, menjadi seorang fotografer tentunya harus memiliki perbedaan dengan fotografer hebat lainnya. Menjadi unik dan banyak ide akan menjadikan fotografer menjadi hebat dan mampu menciptakan karya yang keren dan orisinil. Oleh karena itu, semangat pantang menyerah harus ditumbuhkan ketika awal memasuki dunia fotografi atau pada saat - saat dimana sedang merasa sulit.

Menonton Tutorial atau materi fotografi
Selain mempelajari teori fotografi kita juga perlu untuk melihat bagaimana orang lain melakukannya, hal ini akan memudahkan kita dalam mempelajari fotografi. Saat ini, dunia daring (dalam jaringan) sedang berkembang pesat, untuk itu kita perlu memanfaatkan hal tersebut untuk hal yang positif.

Salah satunya adalah kalian dapat memanfaatkan internet untuk belajar hal - hal baru tentang fotografi, untuk lebih memudahkan kalian dalam mempelajari fotografi, kalian bisa membaca beberapa artikel yang saat ini banyak disediakan oleh website yang khusus membahas tentang fotografi. Selain itu, jika kalian ingin melihat langsung secara audio visual tentang fotografi, kalian dapat menyaksikan materi atau penjelasan mengenai fotografi di youtube.

Youtube mampu menyajikan berbagai macam video tutorial, termasuk tutorial fotografi atau berbagai materi fotografi dengan penjelasan yang mendetail dan mudah dipahami. Karena selain suara, youtube menampilkan visual yang baik.

Menghadiri Seminar Fotografi
Sesekali datanglah ke seminar fotografi, hal ini dapat membantu kalian untuk memahami fotografi secara lebih jelas. Tentunya jika kalian menghadiri sebuah seminar/workshop fotografi ada banyak keuntungan yang bisa kalian rasakan. Salah satunya adalah kalian dapat bertanya secara langsung kepada pemateri atau narasumber tentang fotografi yang sedang kalian cari jawabannya.

Selain itu, dengan menghadiri seminar atau workshop fotografi tentu kalian akan bertemu dengan orang - orang dari bidang yang sama. Dengan begitu kalian akan mendapatkan relasi dan teman dengan seseorang yang juga menyukai bidang yang sama dengan kalian.

Lihat juga : Cara mengisi picture style pada kamera

Bergabung dengan Komunitas 
Nah ini adalah hal yang juga sangat penting bagi kalian yang ingin memahami fotografi dengan mudah. Suatu komunitas biasanya terdiri dari banyak orang yang memiliki kesukaan, hobi atau bahkan mungkin passion yang sama. Oleh karena itu ketika kalian bergabung dengan sebuah komunitas akan membuat kalian cepat mempelajari suatu hal karena ketika bergabung dengan komunitas, kalian dapat bertukar pikiran dan pendapat mengenai fotografi.

Rekan komunitas juga biasanya akan membuat kita menjadi lebih semangat dalam mempelajari fotografi, terlebih ketika kita melakukan hunting foto kita bisa hunting bersama dengan rekan komunitas. Hal seperti itu akan membuat kalian lebih banyak menerima ilmu serta pengetahuan yang baru. Berbeda jika kalian belajar secara otodidak yang membuat kalian hanya berfikir sendiri tanpa bisa bertanya kepada orang lain.

Selain itu, kalian juga dapat meminta pendapat tentang karya foto yang kalian hasilkan kepada rekan komunitas. Membuat sesi tanya jawab ketika sedang berkumpul atau saling berbagi informasi tentang fotografi melalui sebuah grup dari komunitas fotografi yang kalian ikuti.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian tempuh agar lebih mudah memahami dan mempelajari tentang fotografi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba beberapa tips diatas.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: