Cara Mengisi Picture Style pada Kamera DSLR Canon | Blog Banten Kamera

Cara Mengisi Picture Style pada Kamera DSLR Canon

Picture style
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti
Setiap orang memiliki cara sendiri untuk mendapatkan gambar yang bagus. Baik menggunakan berbagai macam teknik fotografi, mengedit hasil foto atau memilih hal yang lebih mudah dan simpel yaitu dengan menggunakan picture style pada kamera. Meski tidak semua orang menyukai menggunakan picture style, namun saat ini semakin banyak orang - orang yang tertarik menggunakan picture style untuk memotret.

Bagi kalian yang lebih suka mengedit dengan mengubah warna, ketajaman dan lain sebagainya, pasti kalian lebih menggunakan sebuah aplikasi untuk mengedit hasil foto. Namun bagi kalian yang lebih suka hal simpel dan praktis, biasanya lebih memilih menggunakan picture style untuk memotret gambar.

Saat ini picture style banyak macamnya, kalian dapat menggunakan picture style dengan syarat harus mengisinya terlebih dahulu ke fitur picture style yang kosong pada kamera kalian. Jangan khawatir merasa bosan dengan menggunakan satu jenis picture style saja, kalian mendapatkan 3 tempat picture style kosong yang dapat kalian isi sesuai dengan jenis yang kalian inginkan.

Jika kalian ingin mengisi picture style sendiri, penjelasan mengenai tahapannya adalah sebagai berikut :

Install Aplikasi EOS Utility
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang butuhkan ketika akan mengisi picture style pada kamera kalian. Jika belum mempunyai aplikasi ini, kalian dapat mendownload terlebih dahulu lalu dapat mneginstallnya. Untuk mendownload aplikasi ini, kalian bisa mendapatkannya di sini.

Setelah aplikasi terinstall maka langsung dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan kamera DSLR Canon, dari mulai cek shutter count atau mengisi picture style.

Download Picture Style
Untuk mendapatkan picture style, kalian dapat mengunduh secara gratis pada beberapa website penyedia picture style. Kalian akan dapat mudah dalam menemukan website penyedia picture style yang tentunya dapat kalian download secara cuma - cuma. salah satunya kalian dapat mendownload disini.

Jika kalian belum mengetahui seperti apa macam - macam picture style dan contoh hasilnya, kalian dapat melihatnya disini. Picture style memiliki jenis yang bermacam - macam, untuk itu sebelum kalian mendownload atau mengisi picture style pada kamera kalian, pastikan kalian sudah melihat bagaimana hasil gambar yang menggunakan picture style.

Dengan begitu kalian akan lebih mudah memilih manakah picture style yang sesuai dan kalian suka. Namun jika kalian merasa bingung untuk memilih yang maa, kalian dapat mencobanya satu persatu untuk dapat melihat manakah picture style terbaik versi kalian.

Beberapa macam picture style untuk kamera canon diantaranya, aquamarine, beauty shot, flower, indian summer, japanese, autumn hues, emerald dan masih banyak puluhan picture style lainnya.

Siapkan Kabel Data
Ketika membeli sebuah kamera pasti akan mendapatkan beberapa aksesoris wajib. Salah satunya adalah kabel data kamera, kegunaan kabel data ini adalah untuk menghubungkan kamera dengan laptop/komputer. Seperti memindahkan data, mengecek shutter count serta mengisi efek atau picture style dari komputer.

Setelah kabel data siap, kalian dapat langsung mencolokkan sisi yang satu ke laptop dan sisi yang satu ke samping kiri tempat USB kamera DSLR.

Lihat juga : Cara Memasang Flash Ekternal Pada Kamera

Isi Picture Style
Sebelum mengisi picture style, pastikan untuk menyalakan kamera kalian terlebih dahulu. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai kamera dapat terhubung dengan laptop. Tanda kamera sudah terhubung dengan laptop adalah munculnya layar aplikasi canon EOS utility yang  telah kalian pasang pada laptop/komputer kalian.

Ketika Canon EOS Utility muncul, langsung menampilkan control camera sebanyak 4 pilihan. Untuk mengisi picture style kalian harus mengklik pilihan ketiga yaitu camera setting/remote shootir. Setelah itu akan muncul sebuah tampilan denga banyak menu. Kalian dapat memilih shooting menu yang ditandai dengan gambar kamera, setelah itu kalian dapat langsung klik pilihan ketiga yaitu register user defined style.
Picture style
Sumber Gambar : Banten Kamera

Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini yaitu register picture style file, gambar ini adalah 3 pilihan tempat kosong picture style yang dapat kalian isi dengan picture style selain dari bawaan kamera. Setiap tempat ditandai dengan user def 1 sampai dengan user def 3. Kalian dapat mengisi langsung semuanya atau hanya satu.
Picture style
Sumber Gambar : Banten Kamera

Picture style
Sumber gambar : Banten Kamera
Untuk langsung mengisi, kalian dapat mengklik open folder dengan simbol file terbuka di sebelah kanan. Lalu buka picture style yang telah kalian siapkan pada komputer/laptop kalian. Klik pada picture style pilihan kalian, lalu tekan OK.
Picture style
Sumber Gambar : Banten Kamera

Setelah selesai mengisi picture style, matikan kamera dan cabut kabel USB. Picture style sudah siap untuk digunakan. Untuk mengubah picture style pada kamera sesuai dengan yang telah kalian isi, kalian dapat mengubahnya pada menu picture style kamera kalian.
Picture style
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti/picture style BeautyShot

Itulah langkah - langkah mengisi picture style/efek pada kamera kalian, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba memotret menggunakan picture style pilihan kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: