10 Tips Menghemat Baterai Kamera DSLR | Blog Banten Kamera

10 Tips Menghemat Baterai Kamera DSLR

Baterai kamera DSLR
Sumber foto : Google
Ketika menggunakan kamera untuk mengabadikan momen tentu kalian menginginkan semua momen berharga tersebut bisa kalian abadikan. Namun kenyataannya ada yang perlu kalian perhatikan untuk dapat mengabadikan momen secara keseluruan menggunakan kamera DSLR yang kalian gunakan. Ketika kalian hanya menggunakan satu kamera DSLR untuk mengabadikan momen secara terus menerus dengan waktu yang lama, tentu hal tersebut tidak mungkin terjadi.

Bagaimanapun kamera merupakan alat elektronik yang memiliki daya baterai yang terbatas, sehingga kamera yang kalian gunakan tidak akan terus - terusan bisa menyala. Untuk mengantisipasi agar kalia bisa terus menggunakan kamera secara terus menerus adalah dengan menyiapkan baterai kamera cadangan, namun jika kalian tidak memiliki baterai cadangan, hal yang harus kalian lakukan adalah dengan menghemat baterai kamera yang kalian gunakan.

Menghemat baterai juga dapat kalian lakukan ketika kalian memotret foto atau hunting foto di tempat yang tidak tersedia listrik, misalnya gunung, hutan atau tempat lainnya. Jika kalian hanya memiliki satu baterai kamera yang digunakan, tentu kalian harus menghemat baterai dengan beberapa cara/tips sebagai berikut :

Jangan Menggunakan Mode Video
Mungkin bagi kalian videografer, hal ini tidak bisa dihindari karena karya kalian adalah sebuah video yang tentu akan banyak menyalakan atau menggunakan mode video pada kamera DSLR. Namun bagi kalian seorang fotografer yang hanya menghasilkan karya foto, tentu hal ini bukanlah perkara sulit.

Kalian para fotografer tidak akan terhambat jika harus mematikan mode video pada kamera DSLR kalian. Namun jika kalian para fotografer yang juga terbiasa mengambil video meskipun sedikit, sebaiknya jika kalian ingin menghemat baterai kamera hindari mengambil video terlebih dahulu. Dengan menggunakan mode video, baterai kamera kalian dapat berkurang lebih cepat dibandingkan hanya menggunakan kamera untuk memotret.

Hindari menggunakan live view
live view
Sumber foto : Google

Ini menjadi salah satu sebab daya baterai kamera kalian menjadi cepat berkurang, oleh karena itu sebaiknya kalian menghindari menggunakan live view. Bagi kalian yang lebih banyak menggunakan autofokus juga akan lebih memakan waktu menangkap gambar lebih lama jika menggunakan live view dibanding menggunakan view finder.

Sebaiknya jika kalian ingin menghemat baterai kamera, kalian bisa menggunakan view finder untuk membidik objek sasaran.

Lihat juga : Rekomendasi Komunitas Fotografi

Matikan Kamera ketika Tidak Digunakan
Biasanya seseorang menganggap hal ini bukanlah suatu hal yang besar, namun jika kalian sangat menginginkan daya baterai kamera DSLR kalian bisa bertahan lebih lama, maka yang harus kalian lakukan adalah dengan mematikan kamera.

Meskipun kalian menyalakan kamera dengan kondisi tidak digunakan, tetap saja hal tersebut sedikit - demi sedikit akan mengurangi daya baterai kamera kalian. Sehingga, jika kamera kalian sedang tidak digunakan sebaiknya langsung matikan kamera untuk mengurangi konsumsi baterai.

Hindari Penggunaan Flash Internal
flash internal
Sumber foto : Google

Flash memang terkadang sangat dibutuhkan untuk membantu menyediakan cahaya ketika ingin memotret. Kondisi yang bermacam - macam membutuhkan cahaya tambahan untuk membuat hasil foto tetap baik, seperti pada malam hari, kalian pasti akan membutuhkan flash untuk mmebuat foto menjadi terang. Selain itu, pada kondisi siang hari biasanya flash dapat digunakan untuk membuat objek menjadi tidak fill in.

Kondisi ini biasanya dialami ketika memotret objek pada siang hari panas dengan kondisi matahari tepat diatas kepala, akibatnya membuat wajah objek menjadi gelap dibanding area lain, untuk membuat wajah menjadi terlihat terang kalian aka memerlukan flash.

Untuk menghindari penggunaan flash internal, sebaiknya kalian menggunakan flash eksternal yang tetap akan memberikan cahaya bantuan untuk foto kalian tanpa harus mengurangi daya baterai dari kamera, karena flash eksternal menggunakan baterai yang berbeda.

Turunkan Kecerahan LCD
LCD (Liquid Crystal Display) yang terlalu cerah juga akan membuat konsumsi baterai menjadi lebih cepat, sehingga salah satu cara untuk membuat konsumsi baterai tidak terlalu cepat, maka hal yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan dari LCD kamera kalian.

Untuk mengurangi kecerahan LCD pada kamera kalian, langkah yang harus kalian lakuka adalah mencari tombol menu pada kamera DSLR, setelah itu tekan tombol menu. Selanjutnya kalian dapat mencari pilihan LCD brightness dan mengatur kecerahan pada kamera. Pada kamera terdapat pilihan kecerahan satu hingga tujuh, untuk menghemat baterai pastikan kalian menurunkan kecerahan LCD pada angka 4 atau 5.

Aktifkan fitur "Auto Power Off"
auto power off
Sumber foto : Google

Fitur ini merupakan fitur yang mengatur waktu kapan kamera kalian akan mati secara otomatis, sehingga jika kalian adalah seseorang yang sering lupa untuk mematikan kamera, fitur ini merupakan fitur yang sangat berguna untuk kalian gunakan. Terdapat 7 pilihan waktu pada auto power off, diantaranya 1 menit, 2 menit, 4 menit, 8 menit, 15 menit, paling lama 30 menit dan off.

Jika kalian ingin menghemat baterai sedangkan kalian terkadang lupa untuk mematikan kamera, sebaiknya pilih untuk menggunakan fitur ini dan atur pada waktu terpendek yaitu 1 menit. Dengan begitu, jika kalian lupa mematikan kamera, hanya dengan satu menit akan membuat kamera kalian mati dengan sendirinya.

Gunakan Mode Manual
mode manual
Sumber foto : Google

Bagi pemula yang bahkan baru pertama kali menggunakan kamera DSLR, tentu hal ini sulit dilakukan. Karena biasanya seseorang yang baru pertama kali memakai kamera DSLR lebih banyak menggunakan mode auto fokus untuk lebih mudah mendapatkan gambar yang bagus tanpa harus repot mengatur fokus pencahayaan dan lain sebagainya.

Namun bagi kalian yang sudah lama dalam bidang fotografi, hal ini bukanlah suatu yang sulit untuk dilakukan. Sehingga jika kalian ingin menghemat baterai kamera, sebaiknya gunakan mode manual ketika kalian aka memotret pada waktu yang lama. Hal ini dikarenakan, mode auto fokus bagaimanapun akan lebih banyak menguras daya baterai karena kinerja dari kamera yang menggunakan auto fokus juga lebih besar.

Kurangi Penggunaan LCD
LCD kamera
Sumber foto : Google

Ketika sudah banyak memotret, biasanya kalian akan sering melihat hasil dari foto atau video yang kalian ambil. Oleh karena itu, bagi kalian yang sering melakukan hal ini namun menginginkan baterai kamera kalian awet, sebaiknya kurangi. Pemakaian LCD yang terlalu lama, aka membuat baterai kamera menjadi lebih terkuras.

Pilih Momen Terbaik
Pilihlah momen yang terbaik dan terpenting saja, hindari mengambil semua gambar yang memang kurang penting. Pada akhirnya hal kurang penting yang kalian abadikan momennya menjadi tidak terpakai dan terbuang begitu saja, untuk mengurangi penggunaan baterai ketika memotret hal yang kurang penting, sebaiknya kalian hindari. Abadikanlah momen - momen yang memang penting untuk difoto.

Pastikan Daya Baterai Penuh
Terakhir adalah memastikan bahwa baterai kalian sudah diisi dayanya hingga penuh, dengan begitu kalian tidak akan kesulitan jika sewaktu - waktu kamera mati karena baterai yang tidak terisi penuh. Meskipun kalian sudah menghemat baterai menggunakan beberapa cara diatas, namun bertahan menyalanya sebuah kamera akan berbeda dibandingkan dengan baterai yang penuh ketika pertama kali digunakan.

Itulah 10 tips yang dapat kalian lakukan untuk membuat baterai kamera lebih awet dan lama habisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba tips diatas!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: