Beberapa Alasan Mengupgrade Kamera | Blog Banten Kamera

Beberapa Alasan Mengupgrade Kamera

EOS 5D
Sumber foto : Google
Bagi seseorang yang mencintai dunia fotografi, memiliki kamera merupaka hal yang selalu diperjuangka dengan keras. Fotografi tanpa kamera tentu hanya konsep/ide tanpa aksi, begitupun sebaliknya, kamera tanpa ide merupakan hasil foto yang kurang menarik.

Meskipun awalnya kalian tidak memiliki kamera, namun lambat laun jika kalian mulai menyukai dunia fotografi, kalian akan membeli sebuah kamera untuk mendukung hobi kalian tentunya.

Semakin kalian belajar tentu ilmu yang kalian miliki juga semakin meningkat, oleh karena itu biasanya seseorang yang sudah lama berada di dunia fotografi atau seorang fotografer yang memang secara aktif bekerja pada bidang ini akan semakin mempunyai impian dan keinginan untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus dari sebelumnya.

Menginginkan hasil foto yang terus meningkat baik tentu impian setiap orang yang mencintai dunia fotografi, untuk mewujudkan hal tersebut tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan. Untuk itu, beberapa orang terkadang berniat untuk mengupgrade kamera DSLR nya dan berganti ke kamera DSLR yang lebih baik. Alasan seseorang berniat untuk mengupgrade kamera diantaranya sebagai berikut :

Ingin Menghasilkan Hasil Foto dan Video yang Lebih Bagus
Landscape
Sumber foto : Google

Semakin hari, seseorang yang mempelajari fotografi dengan terus menerus pasti akan menghasilkan gambar yang bagus. Namun hal tersebut didukung oleh peralatan yang baik pula. Hasil foto yang baik merupakan usaha dari dua unsur, yaitu manusia dan kamera.

Jika hal pertama yaitu manusia sudah semakin memiliki pengetahuan dan ilmu fotografi yang tinggi, hal tersebut tentunya perlu diimbangi juga oleh kamera yang bagus atau kamera yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Lihat juga : Beberapa Tips Membeli Kamera Bekas

Namun seperti yang kalian ketahui bahwa kamera DSLR bukan hanya tentang foto, namun juga video. Bagi kalian yang menginginkan hasil video yang lebih bagus tentu membutuhkan kamera yang dapat mendukung juga. Salah satu hal hasil video dapat dikatakan bagus yaitu video diambil dari beberapa angle, oleh karena itu kamera DSLR yang seharusnya kalian gunakan juga harus mendukung hal tersebut.

Contohnya kalian menggunakan kamera DSLR 1300D dengan 600D, tentu hasilnya berbeda. Untuk memudahkan kalian mendapatkan video dengan beberapa angle, tentu layar kamera yang kalian gunakan juga harus bagus dan dapat diubah sedemikian rupa agar kalian dapat melihat video yang direkam dengan sangat baik.

Jika kalian menggunakan kamera 1300D untuk mengambil gambar dari atas atau high angle dan dari bawah atau low angle, biasanya kalian akan merasa kesulitan karena layar pada kamera 1300D tidak dapat diputar.

Namun jika kalian menggunakan kamera 600D untuk mengambil video high angle atau low angle tentu akan jauh lebih mudah. Kamera 600D lebih mudah mengambil video dari beberapa angle karena layarnya yang juga mendukung. Layar putar yang memudahkan kalian untuk mendapatkan gambar yang bagus jauh lebih mudah.

Mempelajari Hal Baru
Biasanya setiap kamera memiliki spesifikasi dan tambahan fitur yang berbeda, terlebih kamera yang kalian miliki merupakan dasar seperti 600D, tentu hal tersebut akan berbeda dengan kamera yang memiliki spefisikasi yang jauh lebih baik seperti 5D. Jika 100D hanya memiliki resolusi 12.2MP berbeda dengan 5D yang memiliki megapiksel sebesar 22.3.

Mengenai fitur lainnya, 5D juga memiliki fitur tambahan yang aka membuat kalian lebih mengenali dan memahami fitur baru yang sebelumnya tidak kalian ketahui.

Atau sebagai contoh lainnya, jika kalian seorang videografer yang hanya memiliki kamera DSLR 1300D dan hanya menggunakan kamera tersebut untuk produksi video, tentu akan berbeda jika kalian memproduksi video menggunakan kamera 600D. Hal ini dapat berpengaruh pada kualitas audio yang dihasilkan oleh kedua kamera tersebut.

Seorang videografer, selain mendapatkan hasil gambar yang bagus, juga menginginkan hasil audio yang bagus pula. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, biasanya seorang videografer membutuhkan bantuan mic eksternal yang dipasang pada kamera. Hal tersebut dilakukan karena kualitas hasil audio dari kamera memang kurang bagus dan kurang bersih.

Bagi pemilik kamera 1300D menggunakan mic eksternal sejenis rode mic pro tentu hal yang sulit, hal tersebut karena ketersediaan konektor mic yang kurang lengkap. Sehingga pemilik atau pemakai 1300D tidapat dapat menggunakan rode mic pro.

Jika kalian menginginkan hasil audio yang baik dengan menggunakan rode mic pro, tentu kalian juga harus mengupgrade kamera kalian menjadi kamera yang memiliki konektor yang pas. Seperti 600D, 700D atau kamera lainnya. Ini menjadi salah satu alasan kamu harus mengupgrade kamera lama kalian.

Kualitas yang Lebih Baik
Landscape
Sumber foto : Google

Kualitas dari hasil foto juga ditentukan oleh kamera yang baik, semakin baik kamera maka semakin baik pula hasilnya. Namun yang tetap menjadi catatan adalah tetap pada penguasaan fotografi sang fotografer. Kamera menjadi pendukung terciptanya sebuah foto yang lebih bagus.

Setiap orang menginginkan hasil foto atau video yang lebih baik, jika pengetahuan dan ilmu mengenai fotografi sudah ke tahap yang lebih tinggi, tentu kalian akan membutuhkan alat yang sesuai dengan pengetahuan yang kalian miliki pula.

Itulah 3 alasan yang membuat kalian mengupgrade kamera saat ini ke kamera yang lebih baik dengan spesifikasi yang lebih baik juga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat menentuka kamera kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: